Review Film Jakarta Vs Everybody: Realitas Lika-liku Perjalanan Mengejar Mimpi di Jakarta

Spoiler alert ya, Kawula Muda!

Jefri Nichol dalam Jakarta Vs Everybody (BioskopOnline)
Sun, 27 Mar 2022

Sejak tayang di platform Bioskop Online sejak 19 Maret 2022 lalu, Jakarta Vs Everybody menjadi salah satu film yang menarik atensi masyarakat. Buktinya, judul film tersebut kerap menjadi salah satu trending di media sosial. 

Diarahkan oleh sutradara Ertanto Robby Soediskam, film tersebut mengisahkan perjuangan Dom (Jefri Nichol) yang datang ke ibu kota Jakarta untuk meraih mimpi menjadi seorang aktor. Sayangnya, perjalanan untuk mencapai mimpi tersebut tidak mudah dilalui. 


Sedikit peringatan, film ini dilabeli 21+ ya, Kawula Muda! Hal itu mengingat terdapat berbagai adegan vulgar dan kata-kata kasar sehingga cocok untuk penonton dari kalangan dewasa muda. 

Pada awal film tersebut, Dom diceritakan mengikuti suatu casting. Ia pun diminta membuka pakaiannya kemudian difoto oleh sang fotografer dengan alasan ‘permintaan klien’. Merasa dibohongi dan dilecehkan, Dom pun mengambil kamera dan menghapus foto-fotonya tersebut. 

Hal itu menjadi salah satu realitas sosial yang kerap terjadi di Jakarta. Karena itu, hati-hati dengan modus foto asusila berkedok casting ya, Kawula Muda! 

Selanjutnya diceritakan Dom bertemu dengan pasangan muda Pinkan (Wulan Guritno) dan Radit (Ganindra Bimo). Ia diketahui tinggal di kamar sebelah pasangan muda tersebut. Dari interaksi ketiganya, terlihat dinamika pergaulan yang marak terjadi di Jakarta masa kini, mulai dari hubungan seksual di luar ikatan pernikahan hingga penjualan narkotika. 

Pinkan dan Radit memang diceritakan sebagai pengedar narkoba. Dari film tersebut, diperlihatkan secara jelas beberapa modus cara mengedarkan narkoba, seperti diselipkan ke barang biasa yang tak terduga. 

Dom yang membutuhkan uang karena tidak kunjung mendapat casting pun bergabung sebagai salah satu pengedar narkoba tersebut. Ia seakan memanfaatkan kemampuannya dalam berakting untuk menjadi kurir narkotika.

Walaupun begitu, Dom diceritakan tetap masih memiliki mimpi sebagai aktor. Pertemuannya dengan karakter Khanza (Dea Panendra) pun seakan mengingatkannya untuk terus meraih mimpinya. 

Secara keseluruhan, Jakarta Vs Everybody mungkin merupakan salah satu film yang menawarkan perspektif baru mengenai kehidupan sosial anak muda di Jakarta. 

Untuk Cerita lengkapnya Kawula Muda bisa nonton Jakarta Vs Everybody di Bioskop Online ya!

Berita Lainnya