Serial "Jurnal Risa" Horor Seru yang Ramah Anak Siap Tayang di Disney+ Hotstar

Penasaran, Kawula Muda?

Serial Jurnal Risa: Teror Liburan Sekolah akan hadir di Disney+ pada 27 Mei 2023 mendatang (PRAMBORS/HELEN)
Sun, 14 May 2023

Serial Jurnal Risa: Teror Liburan Sekolah akan tayang di Disney+ Hotstar pada 27 Mei 2023 mendatang. Adapun serial ini digarap oleh sutradara Awi Suryadi serta produser Manoj Punjabi (MD Entertainment) yang menjadi sosok di balik kesuksesan film KKN Desa Penari.

Horor menjadi genre utama serial ini karena menceritakan tokoh Risa yang dapat melihat hantu. Saat liburan sekolah, ia pun datang ke rumah kakeknya dan tinggal bersama para sepupu. Bersama sahabat dan sepupunya, Risa melakukan aksi petualangan yang penuh teror horor mencengkam. 

Masih merupakan bagian Danur Universe, serial ini akan memiliki 10 episode loh, Kawula Muda! Adapun beberapa karakter dari serial Jurnal Risa adalah Risa (Shofia Shireen), Angga (Ali Fikry), Nicko (Yusuf Ozkan), Kakang (Keanu Azka), Indy (Alesha Fadillah), Dewi (Sheryl Drissana), Agus (Dimas Putra), Kulon (Quentin Stanislavski), serta Riri (Alleyra Fakhira).

Premiere serial Jurnal Risa: Teror Liburan Sekolah pada Jumat (12/05/2023) (PRAMBORS/HELEN)

 

Tim redaksi Prambors pun berkesempatan untuk datang ke premiere serial Jurnal Risa terbaru ini pada Jumat (12/05/2023) di Grand Indonesia. Pada kesempatan itu juga, tim redaksi menyaksikan dua episode pertama dari serial tersebut.

Menurut pendapat pribadi tim reporter, serial tersebut memiliki alur cerita yang rapi. Setiap karakter mendapat sorotan tersendiri sehingga melekat dalam ingatan. Hal ini tentu sangat membantu tim reporter mengingat banyaknya karakter anak-anak dalam serial terbaru Jurnal Risa tersebut.

Secara spesifik, tim reporter ingin memuji akting dari aktris cilik Alleyra Fakhira yang berperan sebagai Riri. Aksinya yang menggemaskan kerap mengundang gelak tawa dari penonton. 

Di sisi lain, karakter Risa yang diperankan oleh Shofia Shireen juga patut dipuji. Walau karakter Risa lekat diasosiasikan dengan aktris Prilly Latuconsina yang memerankan ketiga seri film Danur, Risa memberikan kesan tersendiri. 

Sinematografi ciamik yang dihadirkan oleh serial Jurnal Risa: Teror Liburan Sekolah juga tak luput menghadirkan instrumen teror horor yang memikat. Banyak perpindahan adegan yang terasa halus serta teknik sinematografi yang membuat mata nyaman selama menonton serial ini.

Sayangnya, terdapat beberapa perubahan warna yang dihadirkan secara signifikan. Misalnya, salah satu adegan menggunakan tone warna cool (seperti biru) lalu tiba-tiba saja berubah menjadi tone warna yang hangat (seperti kuning dan oranye). Hal itu, menurut pendapat pribadi tim reporter, cukup dapat disadari. 


Musik adalah hal yang tidak terlupakan dalam sebuah tayangan, baik film maupun serial. Musik teror yang dihadirkan oleh serial ini dikemas dengan rapi. Hal itu pun membantu untuk membangun atmosfer horor nan mencekam. Di tambah lagi, salah satu soundtrack dalam serial ini adalah “Takut”, lagu yang dinyanyikan oleh Risa Saraswati, penulis novel Jurnal Risa: Teror Liburan Sekolah (2020) sendiri loh, Kawula Muda!

Rasa-rasanya, tidak salah apabila serial ini dikatakan ramah keluarga. Walau bertema horor dan penuh teror, munculnya adegan horor masih dibuat dengan halus. Ditambah lagu, terdapat unsur petualangan dan nilai persahabatan yang menjadi daya tarik serial Jurnal Risa: Teror Liburan Sekolah tersebut. 

Secara keseluruhan, tim reporter memberikan empat dari lima bintang sebagai apresiasi bagi serial ini. Horor keluarga yang seru, lucu, kaya nilai persahabatan, dan penuh petualangan menjadi kalimat yang cocok untuk menggambarkan serial yang bakal tayang di Disney+ ini.

Pengalaman yang menyenangkan tidak hanya dirasakan oleh tim reporter. Banyak pula penonton yang memuji dua episode pertama dari serial tersebut. 

Dua di antaranya yakni Mimi dan Wulan, dua penggemar Jurnal Risa yang datang dari Bogor ke Grand Indonesia. Keduanya pun mengaku serial tersebut sangat seru terutama terdapat beberapa adegan yang mengagetkan. 

Apresiasi positif juga disebut oleh Citra Marcelinus, penonton yang hadir bersama salah satu co-writer serial Jurnal Risa: Teror Liburan Sekolah, Jodry Joshua. 

“Menurutku keren banget, dialog-nya nggak cringe, dan horornya dapet. Banyak banget momen-momen yang ngagetin kalo buat aku ya karena sebagai penonton awam. Jadi it’s great experience,” tutur Citra Marcelinus, salah satu penonton awal serial Jurnal Risa di CGV Grand Indonesia, Jumat (12/05/2023). 

“Ada satu dan beberapa adegan yang walaupun kita udah baca ya script-nya, kita tetap merasa surprise sih, dengan adegan-adegan yang udah di-direct,” tutur Jodry Joshua.

Terakhir, ada pula review dari aktris Putri Ayundya, pemeran karakter ibu dalam serial tersebut. Ia pun mendeskripsikan serial ini dengan tiga kata, yakni menyeramkan, penasaran, dan lucu. 

“Aku nonton meskipun main, deg-degan dan kaget-kagetan. Karena banyak gak ikut syutingnya kan sebenarnya, karena 80% anak-anak," tuturnya.

Jadi penasaran kelengkapan serialnya, nih. Kita tunggu 27 Mei di Disney+ Hotstar ya, Kawula Muda.

Berita Lainnya