Song Kang Ho Cetak Sejarah Baru di Cannes 2022, Menangi Aktor Terbaik Berkat Film “Broker”

Kawula Muda, sutradara Korea Park Chan Wook juga mendulang prestasi dengan meraih Sutradara Terbaik!

Song Kang Ho, aktor Korea raih penghargaan Aktor Terbaik dalam Festival Film Cannes. (TWITTER/CANNES)
Sun, 29 May 2022

Aktor Korea Selatan Song Kang Ho berhasil membuat sejarah baru dalam industri perfilman Korea di kancah internasional.

Aktor yang bermain dalam film Broker ini berhasil memenangi kategori Aktor Terbaik dalam ajang penghargaan bergengsi Festival Film Cannes 2022 yang digelar pada Sabtu (2805/2022).

Dengan kemenangan yang diraihnya, Song Kang Ho sukses mencetak sejarah sebagai aktor Korea pertama yang berhasil memenangi penghargaan dalam Festival Film Cannes.

Sebelumnya, aktris Jeon Do Yeon telah tercatat sebagai bintang Korea Selatan pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan di Festival Film Cannes 2007.

Saati itu, Jeon Do Yeon membawa pulang piala sebagai Aktris Terbaik berkat penampilan emosionalnya di film berjudul Secret Sunshine. Sayang, Song Kang Ho yang juga membintangi film tersebut tidak mendapatkan penghargaan.

Aktor veteran dengan sederet prestasi

Kesuksesan Song Kang Ho di dunia seni film memang tidak main-main. Ia diketahui telah enam kali menghadiri Festival Film Cannes untuk sejumlah karya film yang dibintanginya antara lain The Host, Secret Sunshine, The Good, The Bad, The Weird, Thirst, dan juga Parasite.

Pada 2019 lalu, ia berhasil menjadi bagian dari kemenangan film Parasite yang meraih penghargaan utama dalam Festival Film Cannes yaitu piala Palme d’Or.

Song Kang Ho bersama dengan pemeran Parasite lainnya termasuk sang sutradara, Bong Joon Ho menyambut gembira kemenangan mereka di hari itu. Bahkan saat naik ke atas panggung, sutradara Bong Joon Ho juga memberikan pujian terhadap kemampuan akting Song Kang Ho.

“Saya tidak dapat merekam adegan tanpa aktor terhebat, Song Kang Ho,” kata sang sutradara saat itu.

Pada Festival Film Cannes 2019, ketua juri saat itu, Alejandro Gonzales, sebenarnya memilih Song Kang Ho sebagai kandidat kuat untuk aktor terbaik untuk penampilannya di film Parasite. Tapi, karena Parasite telah memenangi kategori Palme d’Or, Song Kang Ho tidak dapat dipilih.

Ini karena berkaitan dengan aturan dari festival film tersebut yang melarang untuk memberikan penghargaan Palme d’Or dan Aktor Terbaik untuk satu film yang sama.

Tahun lalu, aktor berusia 55 tahun itu juga mencetak sejarah lain dengan menjadi aktor pria Korea pertama yang menjadi juri Festival Film Cannes ke-74.

Sutradara Korea, Park Chan Wook menang Sutradara Terbaik

Sementara itu, selain Song Kang Ho, sineas asal Korea lainnya yang juga berhasil membawa pulang piala dari ajang penghargaan Cannes 2022 adalah sutradara Park Chan Wook. Dia berhasil memenangi Sutradara Terbaik berkat filmnya yang berjudul Decision to Leave.

Park Chan Wook menjadi sutradara kedua asal Korea dalam sejarah Cannes yang sukses memenangi penghargaan tersebut. Sutradara asal Korea yang pertama kali menang di ajang Festival Film Cannes adalah Im Kwon Taek, yang membawa pulang penghargaan itu 20 tahun lalu untuk filmnya yang berjudul Chihwaseon.  

Bagi Park Chan Wook, ini juga bukan pertama kali karyanya bisa menembus festival film bergengsi tersebut. Ia pernah memenangi sejumlah penghargaan Cannes antara lain berkat film Oldboy yang menang piala Grand Prix pada Festival Film Cannes 2003, dan juga film Thirst yang berhasil mendapatkan piala Jury Prize pada 2009.

Berita Lainnya