Tak Diizinkan Keluar, SM akan Berikan Transparansi Dana ke Member EXO-CBX?

Masih terus berlanjut, nih sepertinya.

Agensi SM Entertainment akan berikan dana transparasi kepada EXO-CBX karena tidak diizinkan keluar dari agensi (ALLKPOP)
Mon, 05 Jun 2023

Kontrak EXO-CBX memilih meninggalkan agensi juga mendapat respons. SM Entertainment mengungkap jika keputusan keluar secara sepihak artis ternyata tidak bisa diizinkan dan menyebut akan memberikan dana transparansi.

Hal tersebut disampaikan oleh SM Entertainment dengan mengatakan "Dalam situasi di mana keadaan keterlibatan pihak ketiga dilaporkan dari berbagai saluran, perwakilan ketiga artis bisa mengunjungi kami kapan saja untuk meninjau data penyelesaian dan meminta salinannya meskipun ada kesempatan untuk menyampaikan pendapatannya," lanjut SM Entertainment.

Selain itu, SM Entertainment juga mengatakan bahwa keputusan EXO-CBX yang terdiri dari Chen, Baekhyun, dan Xiumin untuk meninggalkan agensi secara sepihak adalah tidak boleh. 

Agensi SM Entertainment akan berikan dana transparasi kepada EXO-CBX karena tidak diizinkan keluar dari agensi (KEPOPER)

"Kami akan memperjelas bahwa kontrak itu tidak dapat diakhiri dengan pemberitahuan sepihak tanpa memiliki alasan," terang agensi.

"Setelah mempertimbangkan dengan seksama, kami akan memberikan salinan data penyelesaian pada tiga member dan perwakilan mereka, dengan syarat mereka tidak akan menggunakan data tersebut untuk tujuan tidak adil lainya," tambah mereka.

Baru-baru ini, pihak Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO telah mengklarifikasi bahwa tidak ada keterlibatan pihak ketiga dalam tindakan ketiga anggota tersebut, atau bahwa permintaan untuk mendapatkan salinan data penyelesaian hanyalah hak sah ketiganya.

SM juga menyinggung soal kegiatan grup EXO yang akan segera comeback album. Mereka menekankan jika masalah ini seharusnya tidak menjadi penghalang grup EXO dan kegiatan yang sudah direncanakan.

"Kami akan melakukan yang terbaik agar tidak ada halangan untuk kegiatan EXO yang sudah dinanti-nantikan penggemar," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan lewat kuasa hukum EXO CBX, Lee Jae-hak mengatakan bahwa mereka sudah memberikan surat keputusan mengakhiri kontrak dengan SM Entertainment sejak 21 Maret lalu.

"Sejak 21 Maret hingga saat ini, kami mengirim sertifikasi konten hingga tujuh kali, dan melalui ini, kami kembali meminta salinan laporan penyelesaian yang transparan dan dasar penyelesaian," kata Lee.

Pihak dari EXO CBX juga mengklaim bahwa SM telah memperpanjang periode kontrak selama belasan tahun untuk idol mereka.

"SM mencoba mengklaim periode kontrak masing-masing setidaknya 17 atau 18 tahun, dengan meminta para artis ini menandatangani kontrak eksklusif berikutnya," katanya.

"Tampaknya kontrak selama 12 atau 13 (tahun) tidaklah cukup. Ini sungguh tirani yang tidak adil dan terjadi berulang kali," lanjut Lee Jae-hak.

Berita Lainnya