Jokowi Sahkan Logo IKN Nusantara, Bergambar Pohon Hayat

Pemenang pembuat logo dapat ratusan juta, loh!

Jokowi telah meresmikan logo IKN Nusantara bertema pohon hayat yang di gambar oleh Aulia Akbar (YOUTUBE/Sekretariat Negara)
Wed, 31 May 2023


Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengumumkan logo Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terpilih dari 500 pendaftar di Istana Negara, Selasa, 30 Mei 2023.

Logo IKN Nusantara yang terpilih adalah pohon hayat yang merupakan hasil seleksi dari para peserta yang telah mengikuti sayembara.

Pemilihan itu dinilai oleh Jokowi bahwa Pohon Hayat merupakan pohon kehidupan yang diharapkan bisa menginspirasi, bahkan IKN Nusantara yang dibangun di Kalimantan Timur sebagai tempat hidupan baru bagi kita semua.

Jokowi telah meresmikan logo IKN Nusantara bertema pohon hayat yang di gambar oleh Aulia Akbar (CNBC INDONESIA)

Pohon Hayat juga menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat Indonesia.

“Sejalan dengan semangat pembangunan IKN Nusantara, yakni menumbuhkan kebanggaan Indonesia sebagai negara besar, dan menggugah masyarakat tetap menjaga kelestarian lingkungan,” kata Presiden Jokowi.

Kepala Otorita IKN lantas menyampaikan laporan mengenai proses seleksi logo IKN. Kemudian dilanjutkan dengan penayangan video proses seleksi logo IKN Nusantara.

Arti Pohon Hayat dalam Logo IKN Nusantara

Dalam peluncuran di Istana Negara, Jakarta, Pohon Hayat dipresentasikan terbagi dalam tiga bagian. Bagian bawah berupa lima akar pohon yang melambangkan lima sila Pancasila.

Bagian tengah dengan tujuh batang yang melambangkan tujuh pulau besar di Indonesia. Bagian atas adalah 17 kembang mekar yang menjadi simbol tanggal kemerdekaan.

Sang desainer, Aulia Akbar juga menjelaskan desain tersebut mencerminkan falsafah Indonesia, dengan harapan logo ini melambangkan kemajuan Indonesia di masa depan.

"Inspirasinya itu dari penelusuran kita tentang kebudayaan kita sendiri, dari Sabang sampai Merauke," kata Aulia, dikutip dari CNN Indonesia. "Bisa jadi suatu penanda bahwa di atas keberagamaan kita pasti kita bisa bersatu,” lanjutnya.

Hadiah Pemenang Pembuat Logo IKN Nusantara

Jokowi telah meresmikan logo IKN Nusantara bertema pohon hayat yang di gambar oleh Aulia Akbar (TRIBUN NEWS)

Aulia Akbar telah ditunjuk Jokowi sebagai pemenang dalam pembuay logo IKN Nusantara. Atas keberhasilannya itu, pemenang sayembara dengan hadiah Rp 185 juta.

"Logo yang terpilih bertema pohon hayat yang didesain oleh Mas Aulia Akbar," ujar Jokowi.

Sementara itu, lima desainer yang terlibat dalam pembuatan logo IKN Nusantara dipanggil ke atas panggung. Mereka mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing Rp 15 juta.

Pemerintah ajak masyarakat untuk voting logo IKN Nusantara dengan hadiah motor listrik (IKN NUSANTARA)

 

Berikut nama desainer dari lima logo yang telah dipilih Presiden Jokowi untuk selanjutnya diserahkan kepada masyarakat untuk dipilih:

1. Agra Satria. Pendiri dan direktur kreatif MATA Studio. Agra adalah alumni DKV ITB dan Master in Visual Branding Design Domus Academy Italy.


2. Aulia Akbar. Desainer grafis yang berdomisili di Bandung. Aulia Akbar merupakan lulusan ITENAS yang menjadi co-founder POT Branding House. 


3. Dimas Fakhruddin. Desainer grafis profesional asal Malang, Jawa Timur. Dimas merupakan pendiri Yumakiso Studio, studio desain grafis yang berfokus pada branding, packaging, dan tipografi. 


4. Ismiaji Cahyono. Kepala Studio desain SUNvisual dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Ismiaji merupakan lulusan DKV ITB ini mengawali kariernya di Leboye Design sebelum melanjutkan program master ke The School of the art Chicago melalui beasiswa fulbright. 


5. Wildan Ilham. Co-founder workbyw, konsultan brand di Jakarta. Karyanya telah dipublikasikan di berbagai media internasional seperti The Dieline dan Brand Magazine Hong Kong.

Keren ya logonya, Kawula Muda.

Berita Lainnya