Timeline Negosiasi Alot Kontrak BLACKPINK dan YG Entertainment

Sudah aman kok kontraknya.

Kontrak BLACKPINK akan habis, bagaimana jika idol K-pop tidak melanjutkan kontrak? (BLACKPINK)
Thu, 07 Dec 2023

BLACKPINK sudah menandatangani kontrak baru dengan YG Entertainment yang diumumkan secara resmi oleh pihak agensi pada Rabu (6/12/2023).

Menurut laporan dari Naver, media berita asal Korea Selatan, keempat member tersebut akan tetap bersama dalam sebuah grup di bawah label rekaman dan agensi YG Entertainment walaupun belum akan comeback dalam waktu dekat.

“Kami telah menyelesaikan resolusi dewan mengenai penandatanganan kontrak eksklusif grup keempat member dari artis kami, BLACKPINK,” tulis YG Entertainment dalam sebuah pertanyaan konfirmasi perpanjangan kontrak BLACKPINK yang dilaporkan melalui Naver.

Jisoo, Jennie, Lisa dan Rose akhirnya sepakat untuk tetap bersama untuk tahun-tahun berikutnya sejak awal debut mereka di tahun 2016.

Sebelum YG Entertainment mengumumkan kontrak eksklusif terbaru BLACKPINK, banyak isu-isu tentang girl group tersebut karena negosiasi kontrak yang cukup alot sejak Agustus 2023. 

Berikut timeline negosiasi kontrak BLACKPINK dengan YG Entertainment sampai akhirnya tetap akan bersama dalam satu agensi.

Agustus 2023, Kontrak BLACKPINK Berakhir 

Kontrak 7 tahun pertama BLACKPINK dengan YG berakhir di bulan Agustus dan kala itu masih belum tersiar kabar girl group ini akan menandatangani kontrak terbaru.

Meski begitu, pihak agensi sangat ingin keempat member masih berada di bawah label mereka karena Hampir 80 persen pendapatan YG Entertainment dikontribusi oleh BLACKPINK.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa belum ada kesepakatan negosiasi yang tercapai antara kedua belah pihak, meski YG Entertainment mengaku penundaan negosiasi karena jadwal tur BORN PINK yang padat.

Namun, dari yang dituliskan oleh Daily Mail, salah satu polemik dalam perpanjangan kontrak ini adalah negosiasi YG Entertainment dengan Lisa.

Beberapa laporan menyebutkan jika Lisa menjadi salah satu anggota yang mempertimbangkan keluar dari YG Entertainment.

Hal ini tentu membuat spekulasi jika salah satu kontrak member BLACKPINK tidak diperpanjang, grup tersebut dapat dibubarkan.

Diberitakan sebelumnya, Lisa BLACKPINK mendapatkan tawaran sebesar 100 miliar Won atau sebesar Rp 1,2 triliun untuk pindah dari YG Entertainment. Sehingga, dibutuhkan penawaran yang lebih tinggi jika YG ingin mempertahankannya.

September 2023, Lisa Dikabarkan Dapat Tawaran dari Label Lain 

Media Korea Star News menuliskan laporan tentang negosiasi kontrak Lisa. Katanya, ia telah menerima beberapa tawaran kontrak dari label lain di berbagai negara dengan nilai yang tak kala fantastis.

"Lisa diduga menolak tawaran pertama YG dan baru-baru ini menolak tawaran kedua. Besarnya kontrak dikabarkan bernilai 50 miliar Won (Rp 578 miliar lebih)," tulis Star News dalam Koreaboo, Jumat (15/09/2023).

"Ada rumor yang menyebutkan bahwa Lisa telah menerima tawaran dari label luar negeri, termasuk Thailand dengan nilai puluhan juta dolar," terang Star News lagi.

September 2023, YG Yakinkan Penggemar Bahwa Masih Mengupayakan Perpanjangan Kontrak BLACKPINK

YG Entertainment membuka suara mengenai kabar perpanjangan kontrak Lisa BLACKPINK dan YG Entertainment disebut alot setelah sudah dua kali menolak tawaran perpanjangan kontrak dari agensi tersebut. 

"Kami sedang mendiskusikan pembaruan kontrak Lisa. Rumor tersebut belum terkonfirmasi secara resmi," katanya, melansir dari Naver.

Oktober 2023, Saham YG Entertainment Anjlok karena Kontrak BLACKPINK yang ‘menggantung’

Melansir dari CNBC, semenjak kabar simpang siur ini beredar, saham YG Entertainment sempat jatuh di bulan September ke Oktober 2023 lalu sebesar 13,28 persen.

Saham YG ditutup di angka 69.200 won per saham, nilai ini jadi yang terendah dalam hampir lima bulan.

November 2023, YG Entertainment Masih Berupaya Mempertahankan BLACKPINK

YG Entertainment mengungkap bahwa mereka akan memberikan informasi terkait perpanjangan kontrak dari para member grup K-Pop tersebut setelah tersiar kabar simpang siur tentang kontrak Lisa, Jennie, rose dan Jisoo yang habis di tahun ini.

"Pada tanggal pengungkapan (hari ini), negosiasi untuk kontrak eksklusif baru dengan para artis sedang dalam proses. Hasil akhirnya akan diumumkan melalui pengungkapan selanjutnya mengenai hal-hal manajemen utama yang terkait dengan keputusan investasi," tutur pihak YG Entertainment, dilansir Allkpop.

Menurut laporan triwulanan perusahaan bidang industri musik tersebut, mereka saat ini sedang dalam negosiasi kontrak eksklusif baru dengan keempat anggota BLACKPINK. Hasil akhir dari negosiasi ini akan diungkapkan dalam laporan berikutnya, khususnya yang berkaitan dengan permasalahan manajemen utama dan keputusan investasi.

November 2023, Muncul Kabar Member BLACKPINK akan Pindah Agensi namun Grup Masih di Bawah YG Entertainment

Menurut beberapa kabar media asal Korea Selatan Grup K-Pop, BLACKPINK resmi memperbarui status kontrak grup dengan YG Entertainment secara kolektif pada Senin (20/11/2023) tetapi Jisoo, Rose, Jennie dan Lisa kemungkinan akan berada di agensi yang berbeda. 

Munhwa Ilbo (Culture Daily) melaporkan informasi eksklusif bahwa keempat member BLACKPINK tidak akan memperbarui kontrak eksklusif mereka dengan agensi lamanya secara individu. Di samping itu, kabar menambahkan bahwa dua member telah menandatangani perpanjangan kontrak baru di YG Entertainment.

Dari spekulasi yang beredar, salah satu member yang masih akan di bawah agensi YG Entertainment adalah Rose yang sudah lebih dulu menandatangani kontrak.

6 Desember 2023, BLACKPINK Tanda Tangan Kontrak Baru dengan YG Entertainment 

YG Entertainment telah memperbarui kontrak eksklusif dengan keempat anggota BLACKPINK. 

Pembaruan kontrak ini mengantarkan YG sebagai saham raksasa K-pop dengan nilai yang melonjak.

Dilansir dari Billboard, pada pembukaan pasar, harga saham YG meroket dari 48,000 won, terendah sejak Januari, menjadi 61,900 won, meningkat 29 persen. 

Sementara itu ketentuan kesepakatan baru dari kontrak BLACKPINK bersama YG belum diungkapkan kepada publik, Kawula Muda. Setidaknya penggemar bisa bernapas lega mengetahui girl group idola mereka tetap akan bersama dalam satu agensi.

Berita Lainnya