Twitter Rilis Daftar Negara Paling Banyak Tweet Tentang K-Pop, Indonesia Posisi Berapa?

Kawula Muda, kalian suka tweet tentang K-Pop juga?

BLACKPINK, girlgroup yang ada di bawah naungan YG Entertainment. (TWITTER)
Mon, 02 Aug 2021

Beberapa tahun terakhir, K-Pop mulai mendunia. Bahkan percakapan ‘berbau’ K-pop telah mendominasi media sosial Twitter selama satu tahun terakhir.

Berdasarkan laporan terbaru yang dirilis oleh Twitter, dari 1 Juli 2020 hingga 30 Juni 2021 ada lebih dari 7 miliar tweet yang mengandung kata kunci K-Pop. Menurut laporan tersebut, terlihat pula negara mana saja yang paling banyak tweet tentang K-Pop.

Ternyata, dari banyak negara di dunia, Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara dengan jumlah tweet dan unique authors paling banyak tentang K-Pop di Twitter. Di posisi kedua terdapat negara Filipina, sedangkan di peringkat ketiga ditempati oleh Thailand.

Sementara itu, negara asal K-Pop sendiri yaitu Korea Selatan justru menempati posisi ke-4. Negara adidaya, Amerika Serikat, berada di bawahnya dengan menduduki peringkat ke-5.

Negara lain yang masuk dalam daftar tersebut adalah Brazil (6), Malaysia (7), Meksiko (8), Jepang (9), India (10), Argentina (11), Peru (12), Britania Raya (13), Vietnam (14), Turki (15), Prancis (16), Chile (17), Kanada (18), Arab Saudi (19), Singapura (20).

Dari laporan yang dibagikan oleh Twitter, Indonesia juga tercatat sebagai pemegang peringkat pertama dalam jajaran 20 negara sebagai jumlah fans K-Pop terbanyak di Twitter.

Selama 1 Juli 2020 hingga 30 Juni 2021, cuitan yang berhubungan dengan K-Pop terus mengalami kenaikan. Pada semester 1 tahun lalu, tweet yang berhubungan dengan K-Pop hanya sekitar 6,1 miliar tweet.

Sedangkan per 30 Juni 2021, jumlah tersebut bertambah hingga mencapai angka 7,5 miliar tweet tentang K-Pop di seluruh dunia. Ini menjadi rekor percakapan tertinggi tentang K-Pop selama setahun terakhir.

Sementara itu, Twitter juga merilis daftar artis K-Pop yang paling populer di media sosial berlambang burung tersebut. BTS menjadi artis K-Pop paling sering dibicarakan di Twitter. Kemudian disusul oleh NCT, BLACKPINK, EXO, dan TREASURE yang berhasil menempati peringkat kedua hingga kelima. 

Selain itu terdapat pula nama TXT, ENYHPEN, GOT7, TWICE, ATEEZ, Stray Kids, THE BOYZ, Red Velvet, iKON, IZ*ONE, DAY6, dan ASTRO.

Selain untuk membicarakan tentang idola mereka bersama dengan komunitas K-Pop di seluruh dunia, para penggemar juga mendatangi Twitter agar dapat terhubung secara langsung dengan idola mereka tersebut.

Twitter memang telah menyediakan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh penggemar agar dapat menghadirkan konten real-time seperti melalui Twitter Spaces ataupun Twitter Blueroom.

Berita Lainnya