10 Arti Singkatan yang Sering Disebut, Ada Kepanjangan OK sampai P

Siapa yang suka pakai singkatan ini tapi belum tahu artinya?

Arti singkatan bahasa gaul yang harus lo ketahui (UNSPLASH)
Fri, 12 May 2023

Saat berkomunikasi sehari-hari, beberapa orang kerap menggunakan singkatan yang tidak biasa. Tak jarang, jika salah satu tidak mengetahuinya, bisa saja terjadi salah paham.

Padahal, beberapa bahasa singkatan rupanya merupakan bahasa umum yang dijadikan singkatan. Tak jarang beberapa singkatan juga masuk ke dalam bahasa gaul yang kerap digunakan saat chatting.

Kawula Muda wajib tahu! Ini arti bahasa singkatan gaul (UNSPLASH)

Supaya lo tidak ketinggalan zaman, simak arti singkatan umum yang sering disebut di bawah ini! Jangan sampai lo enggak tahu, ya.

Arti Kata Singkatan yang Sering Diucapkan

1. Ok

Beberapa sejarawan mengungkapkan jika OK merupakan singkatan dari ‘oll korrect’ atau ‘all correct’. Saat ini, kata OK sering digunakan untuk mengungkapkan rasa setuju atau mengganti kata ‘ya’.

2. HVS

Sering diartikan sebagai kertas, HVS ternyata singkatan dari HourVrij Schrijfpapier. Dalam bahasa Belanda, HVS berarti kertas bebas serat kayu, Kawula Muda.

3. GPS

GPS adalah singkatan dari Global Positioning System atau dalam bahasa Indonesia berarti sistem pemosisian global. Sering diucapkan ketika hendak membuka aplikasi peta, ternyata ini arti GPS ya, Kawula Muda!

4. WC

Faktanya, masih banyak orang yang belum mengetahui singkatan dari WC. Orang-orang kerap mengartikan WC sebagai toilet. Faktanya, WC merupakan singkatan dari ‘Water Closet’ yang artinya tempat khusus untuk buang air besar.

5. PIN

Personal Identification Number atau PIN adalah angka sandi rahasia yang digunakan oleh seseorang ketika hendak mengakses atau menggunakan sesuatu yang bersifat pribadi, seperti kartu kredit.

6. P 

Siapa yang suka kesal dengan seseorang yang memulai chat dengan huruf ‘P’? Melansir berbagai sumber, chat yang diawali oleh P berawal dari era Blackberry Messenger yang memiliki fitur PING!!!, loh.

Namun, banyak orang berspekulasi jika obrolan yang diawali oleh huruf P berarti setiap orang ingin mempersingkat kata dengan hanya mengirim huruf P, Kawula Muda.

7. BT

Sering diucapkan ketika bosan atau kesal, BT atau 'bete' ternyata singkatan dari 'Bad Time' atau 'Boring Time' yang berarti waktu membosankan, Kawula Muda.

8. Kijang

Identik dengan merk mobil, Kijang ternyata merupakan singkatan loh, Kawula Muda! Kijang berarti ‘Kerjasama Indonesia-Jepang’ yang dicetuskan oleh Wakil Presiden Indonesia terdahulu, yakni Jusuf Kalla yang saat memberikan istilah Kijang pada era 70an masih menjabat sebagai Direktur Utama Grup Usaha PT Hadji Kalla.

9. ATM

ATM adalah mesin penarik uang tunai yang mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi tertentu dan enggak perlu datang ke Bank, Kawula Muda. Dalam bahasa Inggris, ATM adalah singkatan dari Automatic Teller Machine. Di Indonesia sendiri ATM adalah kependekan dari Anjungan Tunai Mandiri. 

Meski memang sering jadi perdebatan apa kepanjangan dari ATM yang sebenarnya, jawaban dari debat tersebut, keduanya adalah benar, kawula Muda.

10. Wi-Fi

Jika lo sering berselancar di dunia maya, pasti sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Wi-Fi adalah singkatan dari Wireless Fidelity yang merupakan teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan frekuensi tinggi.

Kawula Muda, itulah beberapa singkatan yang kerap digunakan saat berinteraksi sehari-hari. Mana singkatan yang baru lo tahu kepanjangannya?

Berita Lainnya