10 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan untuk Pelajar, Bisa Ikut Lomba Cerdas Cermat

Kawula Muda, simak tips di bawah ini, ya!

PRAMBORS "MANGKAL ON SKUL BATTLE OF PUTIH ABU-ABU SEASON 2"
Fri, 10 Feb 2023

Sebagai pelajar, ada kalanya lo membutuhkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan lo. Di zaman serba internet ini, ada beberapa pilihan cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk pelajar yang bisa dicoba, loh. 

Cara yang termudah bisa lo lakukan dengan mencari penghasilan tambahan melalui internet. Internet akan menjadi positif tergantung dengan pemakaiannya, Kawula Muda. Dengan Internet, lo bisa menambah daftar portofolio melalui lomba cerdas cermat online juga, loh!

Simak yuk, cara mendapatkan uang atau penghasilan tambahan untuk pelajar lewat internet yang sudah dirangkum dari berbagai sumber!

Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pelajar

1. YouTube

Ilustrasi Youtube shorts sebagai media penghasilan tambahan bagi pelajar (YOUTUBE)

Selanjutnya, cara mendapatkan penghasilan tambahan dari internet untuk pelajar lewat Youtube dapat menjadi kesempatan untuk mengasah kreativitas dengan bermodal kamera smartphone dan koneksi internet, loh.

Kawula Muda bisa membuat konten video yang menarik dan mengunggahnya di kanal YouTube. Misalnya, tips belajar, review alat tulis yang lucu untuk sekolah, atau bahkan membahas film dan lagu yang tengah populer. 

Jika video lo dikemas dengan baik, lo akan mendapatkan iklan dan penonton. Nantinya, uang akan mengalir dengan sendirinya. Psst, faktanya, mencari penghasilan lewat Youtube termasuk salah satu bisnis online tanpa modal besar, loh!

2. Afiliasi

Shopee menyediakan program afiliasi untuk mendapat penghasilan tambahan bagi pelajar (SHOPEE)

Cara ini merupakan cara yang sedang populer saat ini, Kawula Muda. Afiliasi adalah program penawaran produk atau jasa orang lain dengan cara membagikan link kepada orang-orang. Jika konsumen mengeklik atau membeli barang melalui link, seseorang yang menyebarkan link tersebut akan mendapatkan uang. 

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar yang satu ini wajib dicoba, Kawula Muda. Beberapa platform yang sudah menyediakan program afiliasi adalah Shopee dan Tokopedia. Lo bisa langsung mencari tahu dan mengikuti syarat-syaratnya. Mudah, kok!

3. Drop Shipping

Jangan lupa untuk mencoba drop shipping sebagai penghasilan tambahan untuk pelajar (UNSPLASH)

Cara penghasilan tambahan dari internet untuk pelajar bisa lo coba dengan drop shipping. Familiar dengan istilah ini ketika berbelanja di marketplace? Drop shipping adalah istilah untuk membantu menjual barang milik orang lain. Pengguna bisa melakukan drop shipping dengan mempromosikan barang milik toko lain dalam media sosial.

Nantinya, jika ada pembeli yang tertarik, yang harus lo lakukan agar mendapatkan uang adalah dengan menghubungi penjual agar mereka dapat mengirimkan barang ke konsumen tersebut. Dari setiap barang yang berhasil dijual, maka seseorang akan mendapatkan komisi. Beberapa marketplace juga sudah menyediakan fitur drop shipping sehingga akan memudahkan lo untuk mendapat penghasilan tambahan, Kawula Muda.

4. Freelance

Ilustrasi menjadi freelance untuk penghasilan tambahan bagi pelajar (UNSPLASH)

Freelance atau pekerja lepas adalah salah satu cara yang bisa lo lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet untuk pelajar, Kawula Muda. Freelance sendiri memang banyak macamnya. Hal pertama yang bisa lo lakukan adalah membuat akun LinkedIn dan mencari lowongan yang tersedia. Salah satu freelance yang menguntungkan dan banyak dicari adalah menjadi penulis lepas. Lo bisa menjadi kontributor penulis yang menjual artikel per tulisan atau membuat copywriting untuk produk-produk di sosial media.

5. Menjual Foto

Menjual hasil foto-foto Kawula Muda bisa menjadi alternatif penghasilan tambahan bagi pelajar (UNSPLASH)

Sudah saatnya memiliki hobi yang dapat dibayar, Kawula Muda. Salah satu cara mendapat penghasilan tambahan bagi pelajar adalah dengan cara menjual foto hasil jepretan lo. Tidak perlu menggunakan kamera yang mahal, cukup gunakan smartphone lo saja sudah cukup.

Salah satu hal yang penting dan harus diingat dari cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar adalah foto yang dijual adalah foto yang dibutuhkan oleh para pengguna foto tersebut. Nantinya, foto lo akan dibeli.

Ada beberapa situs web yang bisa dimanfaatkan untuk menjual stok foto, seperti iStockphoto, Shutterstock, Pixabay, dan lain-lain. 

Sedikit tips, Indonesia memiliki alam yang indah, loh. Akan ada banyak pembeli yang membeli foto lo jika hasil jepretan lo bagus. Lo juga bisa mencoba untuk memotret street photography, Kawula Muda.

6. Blogger

Menjadi seorang blogger dapat membantu mendapat penghasilan tambahan bagi pelajar (UNSPLASH)

Siapa bilang menjadi seorang blogger sudah ketinggalan zaman? Faktanya, menjadi seorang blogger masih menjadi salah satu pilihan untuk mendapat penghasilan tambahan dari internet untuk pelajar, Kawula Muda. 

Dalam prosesnya, cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar ini diperlukan keterampilan dalam ilmu SEO (Search Engine Optimization). Jika berhasil menguasai SEO, traffic blog lo akan tinggi dan keuntungan yang didapatkan tidak akan terbatas. Blogging sendiri memiliki kelebihan yang menggiurkan, yakni tidak memiliki risiko apa pun. Jadi jangan takut untuk mencoba menjadi blogger ya, Kawula Muda!

7. Survei Berbayar

Jangan remehkan mengisi survei, beberapa perusahaan menyediakan survei berbayar untuk penghasilan tambahan bagi pelajar (UNSPLASH)

Beberapa perusahaan membutuhkan opini tentang suatu produk yang mereka hasilkan, dalam prosesnya mereka akan menyediakan survei berbayar dalam laman yang mereka miliki.

Mengikuti survei berbayar merupakan salah satu cara untuk mendapat penghasilan tambahan dari internet yang wajib lo coba. Dalam survei yang dilakukan, nantinya lo akan mendapat poin yang dapat ditukar dengan voucher belanja, uang tunai, dan pulsa.

Lo bisa mulai mencari survei berbayar lewat Twitter, Kawula Muda!

8. Jual Pulsa Elektrik

Menjual pulsa bisa menjadi pilihan untuk mendapat penghasilan tambahan bagi pelajar (UNSPLASH)

Meski membutuhkan modal, menjual pulsa elektrik menjadi salah satu hal yang dapat lo coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi pelajar di internet. Menjual pulsa elektrik biasanya perlu modal satu juta rupiah.  

Namun, keuntungannya, waktu yang diperlukan untuk menjual pulsa juga cukup fleksibel, yakni hanya perlu melakukan deposito pulsa sesuai nominal modal. Menariknya lagi, pulsa elektrik juga tidak akan kedaluwarsa. Meski harus terjual lebih lama, penjual tidak akan mengalami kerugian.

9. Menjual Desain

Cobalah untuk menjual design yang lo punya untuk mendapat penghasilan tambahan bagi pelajar (UNSPLASH)

Sama halnya dengan menulis artikel, cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar bisa dengan cara menjual desain. Bagi lo yang punya keahlian di bidang desain dapat manfaatkan kemampuan ini.

Cobalah menawarkan jasa atau hasil karya di situs jual beli desain semacam Freepik dan Shutterstock. Jika memang ahli di bidang ini, ada baiknya lo bergabung ke grup-grup desain yang ada di Facebook, Telegram atau platform lain.

Sedikit tambahan, beberapa laman luar negeri biasanya membutuhkan jasa mendesain logo yang dihargai Rp 4-6 juta untuk satu buah logo, loh!

10. Ikut Lomba Cerdas Cermat "Mangkal On Skul - Battle of Putih Abu-abu Season 2" di Prambors

Cara cepat dapat penghasilan tambahan untuk pelajar dan mau mengasah kepintaran otak lo, ikutan cerdas cermat "Mangkal on Skul - Battle of Putih Abu-abu" season 2 di Prambors, Kawula Muda!

Kalau lo bersama dua teman lo merasa bisa jadi perwakilan sekolah untuk bertarung melawan SMA sederajat se-Indonesia, daftarkan tim kalian ke Mangkal On Skul. Caranya gampang banget, loh!

1. Cari banner "Mangkal on Skul - Battle of Putih Abu-abu" di Prambors Radio Apps atau klik di link ini! 

2. Isi form pendaftaran yang sudah disediakan

3. Sekolah yang beruntung bakalan dihubungi oleh Tim Prambors untuk ikutan Battle of Putih Abu-Abu!

Kalau berhasil jadi pemenang, lo dan tim bisa dapat total hadiah puluhan juta Rupiah hanya dengan ikut lomba secara online. 

Menarik banget kan, Kawula Muda?! 

Yuk, daftarkan diri lo di link berikut ini sekarang juga, soalnya periode pendaftaran hanya dibuka dari tanggal 10-17 Februari 2023. So, jangan sampai ketinggalan, Kawula Muda!

Good luck, ya!

Berita Lainnya