10 Daftar Negara Terkaya di Dunia, Ada Negara Tetangga!

Menurut lo, Indonesia masuk enggak, Kawula Muda?

Daftar negara terkaya di dunia (UNSPLASH)
Wed, 24 May 2023

Kawula Muda, ada beberapa faktor yang bisa menjadikan suatu negara sebagai negara kaya atau miskin.

Melansir Global Finance Magazine dan Forbes, salah satu cara untuk mengukur kekayaan suatu negara adalah melalui Produk Domestik Bruto (PDB).

Tidak hanya PDB, indikator yang digunakan adalah daya beli masyarakat dan ketahanan ekonomi kuat di tengah pandemi Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina.

Diketahui, di tengah ketidakpastian ekonomi dunia saat ini, beberapa negara mampu menjadi negara terkaya di dunia tahun 2023.

Ilustrasi salah satu negara terkaya di dunia, Luksemburg (UNSPLASH)

Menariknya, ada beberapa negara di Asia yang masuk ke dalam daftar negara terkaya di dunia.

Untuk daftar lengkap 10 negara terkaya di dunia, lo bisa cek di bawah ini ya, Kawula Muda!

1. Irlandia

Irlandia menempati posisi pertama sebagai negara terkaya di dunia memiliki PDB mencapai 145.196 Dolar AS per kapita.

2. Luksemburg

Turun di posisi kedua, Luksemburg sempat menjadi negara terkaya di dunia pada tahun 2022

Kesuksesan Luksemburg masuk ke dalam daftar negara terkaya di dunia adalah karena penanganan terhadap pandemi Covid-19 cukup baik dibandingkan negara-negara lain di Eropa.

PDB Luksemburg sendiri mencapai 142.490 Dolar AS per kapita.

Luksemburg memiliki standar hidup tinggi di Eropa, hal ini dikarenakan Luksemburg menggunakan sebagian besar kekayaannya untuk menyediakan perumahan, layanan kesehatan, dan pendidikan yang layak bagi negaranya. Keren banget!

3. Singapura

Singapura menjadi salah satu negara yang paling cepat pertumbuhannya. Ketika merdeka pada tahun 1965, setengah penduduk Singapura diketahui buta huruf. Kini, negara di Asia Tenggara tersebut masuk ke tiga besar negara terkaya di dunia.

Hampir tidak memiliki sumber daya alam, Singapura kini memiliki PDB 133.895 Dolar AS per kapita.

4. Qatar 

Meski harga minyak dunia sempat turun, negara yang kaya akan cadangan minyak, gas, dan petrokimia ini sukses masuk ke dalam negara terkaya di dunia selama 20 tahun berturut-turut.

Tahun ini, PDB Qatar mencapai 124.848 Dolar AS per kapita.

5. Makau

Makau memiliki PDB 89.558 Dolar AS per kapita. Hal ini sejalan dengan populasi lebih dari 600.000 dan lebih dari 40 kasino sebagai mesin penghasil uang di wilayah seluas kurang lebih 300 kilometer persegi tersebut.

6. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab sukses mengembangkan sumber ekonomi mereka dan menjadikan Uni Emirat Arab sebagai salah satu negara terkaya di dunia.

PDB Uni Emirat Arab mencapai 88.221 Dolar AS per kapita.

7. Swiss

Negara Swiss unggul di bidang layanan perbankan, asuransi, pariwisata, serta ekspor produk farmasi, permata, logam mulia, dan mesin persisi.

Tahun ini, Swiss sukses mencetak angka 87.963 Dolar AS per kapita.

8. Norwegia

Sejak penemuan cadangan minyak di lepas pantai yang besar pada tahun 1960-an, Norwegia menggerakkan ekonomi mereka dengan minyak. Kini, Norwegia memiliki 82.655 Dolar AS per kapita.

9. Amerika Serikat

Dengan jumlah penduduk yang sangat besar, Amerika Serikat sukses masuk ke dalam daftar negara terkaya di dunia. PDB Amerika Serikat Sendiri menyentuh 80.035 Dolar AS per kapita.

10. San Marino

San Mario sebagai republik tertua di Eropa dan negara terkecil kelima di peta memiliki 78.926 Dolar AS per kapita.

Kawula Muda, itulah daftar negara terkaya di dunia terbaru tahun 2023. Kira-kira, kapan Indonesia bisa masuk ke daftar, ya?

Berita Lainnya