10 Hal yang Dilarang Dilakukan di Jepang, Wajib Tahu sebelum Liburan

Simak hal di bawah ini sebelum pergi ke Jepang!

Ini hal yang dilarang dilakukan di Jepang (UNSPLASH)
Thu, 04 May 2023

Jepang menjadi salah satu destinasi populer untuk wisata dan liburan. Jepang juga dikenal sebagai negara yang rapi, bersih, aman, dan disiplin. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus lo perhatikan jika ingin berkunjung ke Jepang, Kawula Muda!

Pasalnya, saat mengunjungi tempat baru, ada beberapa budaya dan kebiasaan yang berbeda. Hal tersebut juga berlaku di Jepang.

Simak hal yang tidak boleh dilakukan atau dilarang di Jepang di bawah ini ya, Kawula Muda. Salah-salah, lo bisa dianggap tidak sopan, bahkan ditangkap pihak berwajib!

1. Memetik Bunga Sakura

Dilarang memetik bunga sakura di Jepang (UNSPLASH)

Jika lo datang saat bunga sakura mekar, jangan sampai lo memetik bunga sakura, ya. Sebab, bunga sakura memiliki umur yang pendek dan mekar selama dua minggu saja. Hal ini yang membuat orang Jepang sangat menghargai bunga sakura.

2. Memberi Tip di Restoran

Ini hal yang dilarang dilakukan di Jepang (UNSPLASH)

Berbeda dengan budaya Barat, Jepang menganggap pemberian tip oleh pelanggan adalah penghinaan. Sebab, memberikan pelayanan terbaik adalah kewajiban. Jadi, pemberian tip akan menimbulkan situasi seolah-olah lo tidak menghargai pekerjaan mereka, Kawula Muda.

3. Sembarangan Mengambil Foto

Hal yang dilarang di Jepang, mengambil foto sembarangan (UNSPLASH)

Jepang dikenal dengan negara penuh privasi. Beberapa perangkat di Jepang bahkan dilengkapi dengan bunyi kamera jika seseorang tengah memotret sesuatu. Untuk itu, jangan sembarangan memotret apapun ya, Kawula Muda. Bahkan, jika lo sedang memotret tempat umum, usahakan tidak terdapat orang di dalam foto lo, ya! Aturan ini sangat diterapkan ketat di Jepang, loh. 

4. Tidak Membungkuk

Membungkuk ketika bertemu orang lain menjadi kewajiban di Jepang. Hal ini mencerminkan penghormatan dan rasa segan. Lo bisa dianggap tidak sopan dan sombong jika tidak membungkuk saat bertegur sapa, Kawula Muda!

5. Harus Mengantre dengan Tertib

Jangan sampai membawa kebiasaan untuk menyerobot antrean di Jepang ya, Kawula Muda. Kebiasaan buruk yang satu ini akan sangat fatal jika lo lakukan di Jepang.

6. Menyeberang Sembarangan

Pastikan lo selalu menyeberang di zebra cross ya, Kawula Muda. Budaya Jepang yang tertib mengharuskan lo untuk tidak menyeberang sembarangan, meski jalanan sepi.

7. Membuang Ingus Sembarangan

Kawula Muda, tidak hanya dilarang membuang sampah sembarangan, lo juga dilarang mengeluarkan ingus sembarangan. Lo harus menahannya dan mengeluarkannya di toilet.

8. Diam di Sisi Kanan Eskalator

Sisi kanan eskalator digunakan untuk orang yang ingin berjalan dan sedang terburu-buru. Tidak hanya di stasiun, hal ini juga berlaku di setiap eskalator Jepang.

9. Mengobrol dan Menerima Telepon di Dalam Kereta

Mengobrol dan menerima telepon akan menimbulkan suara yang mengganggu kenyamanan bersama. Hal tersebut dianggap melanggar etika, Kawula Muda.

10.  Menggunakan Sumpit Sembarangan

Kawula Muda, sumpit menjadi salah satu alat makan utama bagi orang Jepang. Jangan sampai lo menusukkan sumpit secara vertikal ke nasi, sebab hal tersebut dilakukan saat upacara pemakaman. Tidak hanya itu, jangan menyilangkan sumpit di atas mangkok juga ya, Kawula Muda.

Satu lagi, jangan bawa kebiasaan untuk menggosok sumpit sebelum digunakan, mengetuk sumpit, dan menunjuk seseorang dengan sumpit.

Kawula muda, itulah beberapa hal yang dilarang dan harus lo perhatikan baik-baik ketika berada di Jepang. Jangan sampai lupa, ya!

Berita Lainnya