Fakta-Fakta Monyet Salju Jepang yang Suka Berendam Air Panas

Nyaman banget berendamnya kayak manusia!

Monyet Jepang atau monyet salju yang suka berendam air panas di Jigokudani Monkey Park, Jepang (SHUTTER STOCK/Jigokudani Monkey Park)
Thu, 16 Feb 2023


Monyet Jepang atau disebut dengan "monyet salju" tinggal di bagian utara Jepang yang sering tertutup salju jika musim dingin. Makanya, para monyet salju jepang ini dikenal sering berendam air panas dengan santai.

Biasanya, mereka beramai-ramai mandi dan berendam dalam waktu yang cukup lama, dua hingga tiga jam. Selain menghangatkan diri, binatang mamalia ini memanjakan dirinya dengan bermandi air panas serta untuk menurunkan tingkat stres biologisnya.

"Selayaknya manusia, monyet-monyet itu tahu bahwa dengan berendam di air panas, tingkat kejenuhannya mereka berkurang," kata peneliti Rafaela Takeshita, dari Kyoto University di Jepang, melansir laman Liputan6, Kamis (16/02/2023).

Monyet Jepang atau monyet salju yang suka berendam air panas di Jigokudani Monkey Park, Jepang (SHUTTER STOCK/Jigokudani Monkey Park)

Monyet Jepang atau disebut dengan kata lain Macaca Fuscata adalah hewan siang (diurnal) yang hidup di hutan subtropis hingga hutan sub alpin yang memiliki ketinggian di atas 2400 mdpl.

Perilaku unik monyet ini pertama kali diketahui sejak 1963, loh. Mulanya, ada monyet betina yang terlihat sedang berendam di sebuah pemandian air panas.

Masih ada sejumlah fakta-fakta lain tentang monyet Jepang yang suka berendam air panas yang melansir dari beberapa sumber. Kita intip yuk Kawula Muda!

1. Berendam di Jigokudani Monkey Park

Monyet Jepang atau monyet salju yang suka berendam air panas di Jigokudani Monkey Park, Jepang (SHUTTER STOCK/Jigokudani Monkey Park)

Monyet-monyet Jepang biasanya banyak ditemukan berendam di Taman Monyet Jigokudani. Saat musim salju tiba, mereka akan turun dari hutam untuk berendam bersama.

2. Bisa beradaptasi dengan lingkungan luar

Bukan karena monyet Jepang dapat bertahan hidup di lingkungan bersuhu sangat dingin sehingga mereka tidak bisa keluar dari tempatnya, monyet ini justru bisa beradaptasi di lingkungan luar.

Selain di Jepang, populasi mereka ditemukan di Laredo, Texas.

3. Punya ukuran tubuh berbeda-beda

Monyet salju yang tinggal di daerah utara berukuran lebih berat dari populasi yang tinggal di daerah selatan untuk bertahan pada iklim dingin.

4. Hewan dengan populasi stabil

Menurut Animal Diversity Web, monyet Jepang termasuk jenis hewan yang populasinya stabil, Kawula Muda. Namun sayang, hewan ini masih sering diburu karena dianggap sebagai hama pertanian.

5. Monyet betina lebih lama berendam

Monyet salju betina ternyata lebih sering berendam saat musim dingin. Mereka juga cenderung menghabiskan waktu paling lama untuk berendam.

6. Dilarang beri makan dan sentuh monyet

Para monyet dibiarkan secara bebas untuk berendam di pemandian air panas Jigokudani Monkey Park di tengah-tengah para wisatawan. Tapi, wisatawan tidak boleh memberi makan sedikit pun dan menyentuh para monyet di sana.

7. Suka bermain dengan batu

Fakta lain dari si monyet Jepang ini adalah kebiasaannya yang suka bermain dengan batu. Jika mereka tidak sibuk mencari makan, mereka menghibur diri bersama teman dengan main salju dan bebatuan.

Itu dia beberapa fakta tentang monyet salju Jepang yang suka berendam air panas. Jadi ingin ke Jepang buat lihat langsung hewan ini ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya