3 Pekerjaan Sosial Media, Cocok untuk Orang yang Suka Main Sosmed

Kawula Muda lo bakal coba pekerjaan apa?

Ilustrasi pekerjaan digital (UNSPLASH/theregisti)
Fri, 07 Jul 2023

Saat ini perkembangan teknologi dan sosial media semakin beragam dengan fitur-fiturnya yang membuat orang tertarik dan terhibur. 

Semakin banyak juga perusahaan besar dari berbagai produk hingga layanan informasi dan komunikasi harus menambahkan divisi-divisi pekerjaan yang membantu untuk bisa menyesuaikan dengan zaman yang mana sosial media sudah berkembang agar tidak tertinggal dengan kompetitornya.

Maka dari itu, terdapat banyak pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada. Salah satunya adalah orang di balik layar sosial media.

Kali ini Tim Prambors akan merekomendasikan pekerjaan di bidang media informasi dan komunikasi digital untuk lo yang suka bermain sosial media. 

1. Content Creator

Content Creator merupakan orang-orang yang bekerja di belakang layar yang memproduksi sebuah konten baik bentuk video, gambar dan suara.

Seorang Content Creator pada umumnya memiliki tugas dan tanggung jawab utama untuk membuat konten. Mereka bekerja untuk melakukan riset tren di sosial media, menulis konsep konten, melakukan pengeditan konten, hingga meninjau dan mengevaluasi konten sebelum dipublikasi ke publik luas.

Untuk lo yang ingin menjadi Content Creator, pekerjaan ini memiliki gaji di kisaran Rp 4 juta hingga Rp 6 Juta untuk entry level, tergantung dari posisi dan perusahaan apa lo lamar untuk bekerja.

2. Content Writer

Ilustrasi Content Writer (UNSPLAS/malte helmhold)

 

Pekerjaan sebagai Content Writer atau penulis konten, saat ini sangat banyak dicari oleh berbagai perusahaan baik di dalam maupun di luar negeri.

Content Writer merupakan pekerjaan yang bertugas membuat penulisan atau memproduksi tulisan-tulisan yang menarik untuk dipublikasikan di media artikel atau penunjang promosi suatu brand.

Biasanya juga, penulis konten ini memiliki tugas umum untuk menganalisis dan melakukan riset konten, menulis konten sesuai pesan dan tujuan ya relevan, mengoptimasi SEO, hingga evaluasi konten.

Content Writer memiliki gaji yang bervariasi tergantung dari beberapa faktor yang mempengaruhi seperti tempat bekerja dan sebagainya. Kisaran gaji untuk pekerjaan ini sebesar Rp 4.500.000 hingga Rp 7.500.000 per bulan.

3. Social Media Specialist

Ilustrasi Social Media Specialist (UNPLASH/convertkit)

 

Tidak jauh berbeda dengan Content Writer, Social Media Specialist menjadi pekerjaan yang juga dibutuhkan dalam media dan komunikasi digital.

Semakin canggihnya teknologi digital, diperlukan pula orang-orang yang mampu mengelola media sosial perusahaan ataupun klien. 

Selain itu, tugas Social Media Specialist bisa dengan membangun koneksi dengan pelanggan, membuat perencanaan konten sesuai tujuan dan identitas brand, memproduksi konten yang menarik dan kreatif, hingga mengevaluasi efektivitas konten yang dibuatnya.

Dilansir dari Salaryexplorer, untuk kisaran gaji Social Media Specialist di Indonesia bisa mencapai rata-rata di sekitar Rp 6.000.000 hingga Rp 12.000.000 per bulannya.

Itulah Kawula Muda, 3 pekerjaan sosial media yang cocok untuk orang yang suka bermain sosmed. Bisa lo lamar secepatnya ya!

Berita Lainnya