Pekerjaan Digital dengan Peminat Tinggi di Indonesia! (Bagian 2)

Lo paling minat sama yang mana, Kawula Muda?

Ilustrasi pekerja (UNSPLASH/Jason Goodman)
Tue, 07 Jun 2022

Kawula Muda, seiring dengan perkembangan teknologi di Indonesia, kini semakin banyak pekerjaan yang mengandalkan teknologi digital.

Laporan World Economic Forum (WFE) pun menunjukkan akan semakin banyak pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi di masa mendatang. 

Dikutip dari unggahan resmi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), berikut sepuluh pekerjaan berbasis digital yang tinggi peminatnya di Indonesia (bagian 2)! Bagi kalian yang belum baca bagian pertama, bisa cek di sini!

Ilustrasi dua pekerja. (FREEPIK)

 

Process Automation Specialist

Dengan menggunakan teknologi, seorang spesialis process automation bertugas menciptakan suatu sistem. Sistem tersebut diharapkan dapat menjalankan berbagai pekerjaan berulang yang menggantikan pekerja manual. Misalnya saja robot yang dapat menggantikan seorang kasir di supermarket.

Internet of Things (IoT) Specialist

Seorang spesialis Internet of Things bertugas untuk mengembangkan suatu proyek maupun platform inovatif dengan memanfaatkan perangkat yang terhubung dengan teknologi. Profesi yang satu ini juga bertugas untuk mengidentifikasi hingga memberikan pertimbangan peluang akan proyek baru yang berhubungan dengan internet. 

Digital Transformation Specialist

Profesi yang satu ini berfokus pada peluang digitalisasi suatu bisnis. Seorang spesialis transformasi digital juga harus menguasai berbagai hal, mulai dari ilmu, pengalaman, hingga keterampilan. Dengan begitu, mereka dapat memberi inovasi agar produk yang dihasilkan mampu bertransformasi dengan maksimal. 

Business Services and Administration Manager

Profesi ini bertugas untuk mengawasi layanan administrasi dari suatu organisasi secara digital. Hal tersebut termasuk mengawasi staf administrasi, mengoordinasikan distribusi, hingga memantau fasilitas yang ada.

Business Development Professional

Profesi yang satu ini bertugas untuk menciptakan nilai jangka panjang untuk perusahaan lewat pelanggan, pasar, dan relasi bisnis. Keahlian teknologi juga diperlukan pada profesi ini. Hal itu dikarenakan seorang business development harus mampu menganalisis big data yang dimiliki sehingga dapat mengembangkan model bisnis suatu perusahaan.  

Berita Lainnya