5 Cara Mudah Membedakan Parfum Asli dan Parfum Palsu

Cek parfum lo sekarang, Kawula Muda!

Cara membedakan parfum asli atau parfum palsu (ISTOCK)
Tue, 06 Jun 2023

Saat ini, terdapat banyak parfum yang beredar di masyarakat. Faktanya, parfum dengan merek yang terkenal sering dipalsukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Caranya pun sangat halus, oknum tidak bertanggung jawab tersebut akan berdalih jika parfum palsu yang mereka jual merupakan defect pabrik atau sisa ekspor. Tidak hanya itu, mulai dari botol, label, hingga aroma pun sangat identik dengan produk aslinya, Kawula Muda.

Tidak hanya merugikan karena tidak menghargai sang pembuat parfum yang asli, membeli parfum palsu pun tidak tahan lama dan biasanya mengandung komposisi yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Untuk itu, jadilah pecinta parfum yang pintar dengan mengetahui bagaimana cara membedakan parfum asli dan parfum palsu.

Simak cara mudahnya di bawah ini, Kawula Muda!

Cara membedakan parfum asli atau palsu (UNSPLASH)

1. Cek Kardus Kemasan

Pertama-tama, lo bisa mengecek kemasan parfum yang lo beli, Kawula Muda. Melansir Brightside, parfum asli biasanya dikemas di dalam kardus yang dilapisi oleh cellophane yang berkualitas bagus dan tidak mudah lepas.

Parfum asli juga berbungkus plastik yang rapat tanpa kerutan atau lipatan yang mengganggu. 

Lo juga harus memeriksa kardus parfum bagian dalam. Sebab, botol parfum asli akan diletakkan dalam kardus yang memiliki lubang dan konstruksi yang kokoh agar tidak goyang.

Salah satu yang perlu lo perhatikan adalah mengecek nomor seri yang terdapat di kardus kemasan. Parfum asli akan memiliki nomor seri yang melekat di kardus kemasan dan di bagian bawah botol kemasan.

Parfum asli memiliki nomor seri yang tidak sama, Kawula Muda. Biasanya, parfum palsu akan dilekatkan dengan cara manual.

2. Perhatikan Warna Cairan Parfum

Parfum asli memiliki harga yang mahal karena dibuat dengan banyak standar keamanan yang tidak berbahaya bagi tubuh. Hal ini juga menyebabkan parfum asli tidak menggunakan zat pewarna atau zat yang tidak perlu.

Parfum asli memiliki cairan yang pucat atau tanpa warna. Jika lo menemukan parfum dengan warna yang sangat pekat dan mencurigakan, bisa saja parfum tersebut palsu!

3. Kenali Bau Parfum

Parfum palsu mungkin bisa saja meniru aroma parfum asli. Namun, semakin lama, kualitas dan bau parfum palsu akan melemah dan sangat berbeda dengan parfum asli.

Sebagai pecinta parfum, lo pasti tahu jika parfum memiliki beberapa lapisan bau yang dinamakan top note, base note, dan middle note atau nada atas, tengah, dan dasar. 

Melansir Beauty Heaven, kompleksitas ini memastikan bahwa aroma parfum asli terbawa dan multidimensi, yakni aromanya berubah dari aplikasi awal hingga penyerapan kulit sepenuhnya. 

Parfum palsu hanya akan terdiri dari lapisan atas, loh. Hal ini membuat wangi parfum palsu terkesan rata dan baunya cepat hilang.

Lo juga bisa mengecek lapisan bau parfum di laman resmi merek parfum ya, Kawula Muda!

4. Tes Gelembung

Cobalah kocok atau menggerakkan botol parfum milik lo. Jika asli, gelembung akan bertahan 10-15 detik. Sedangkan, jika parfum palsu, gelembung yang dihasilkan langsung hilang, Kawula Muda!

5. Tes dengan Kertas

Terakhir, lo bisa melakukan pengecekan dengan kertas. Faktanya, saat parfum asli dengan label Eau de Perfume disemprotkan ke selembar kertas, wanginya akan bertahan hingga lebih 24 jam. Sedangkan, wangi dari parfum palsu akan hilang hanya dalam waktu satu jam saja baik di kertas atau di kulit lo, Kawula Muda.

Tidak hanya 5 cara membedakan parfum asli dan parfum palsu di atas, lo juga harus pintar untuk mencari tahu harga parfum asli di laman resmi merek yang ingin lo beli, Kawula Muda.

Pasalnya, parfum palsu dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan parfum asli.

Meski berdalih diskon, harga parfum palsu tetap memiliki harga sangat murah yang patut dicurigai.

Kawula Muda, be smart buyer, ya!

Berita Lainnya