Kronologi Taufik Hidayat 'Diserang' Warganet Malaysia usai Senggol Lee Chong Wei

Katanya 'adu mekanik' nih, Kawula Muda!

Kronologi Taufik Hidayat diserang warganet Malaysia (YOUTUBE)
Mon, 05 Jun 2023


Media sosial tengah diramaikan dengan mantan atlet bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat, yang diserbu warganet Malaysia akibat komentarnya terhadap Lee Chong Wei yang masuk ke dalam BWF Hall of Fame 2023.

Pada awalnya, Taufik yang diundang ke tayangan YouTube Valentino Simanjuntak pada 14 Mei 2023 berdiskusi mengenai penting atau tidaknya seorang atlet bulu tangkis masuk ke dalam Hall of Fame.

Taufik kemudian menjawab bahwa Hall of Fame sendiri bukanlah hal yang terlalu penting. Menurutnya, prestasi melalui kompetisi dan prestasi yang lainnya adalah hal yang terpenting.

Taufik Hidayat dan Lee Chong Wei (AFP/TOSHIFUMI KITAMUR)

"Ini pasti semua netizen apa semua pasti ada pro kontra. Dalam arti, gua sama Lee Chong Wei diaduin lagi. Kenapa sih gak TH (Taufik Hidayat)? Kenapa Lee Chong Wei, kalau Lin Dan ya enggak masalah."

Dalam percakapan tersebut, Taufik menyebut nama Lin Dan, salah satu mantan atlet bulu tangkis asal China yang juga masuk Hall of Fame BWF 2023.

"Maksudnya, gua juga selalu mengakui Lin Dan Olympic dua kali, world championship, Asian Games, bla.. bla.. gua yang 'oh ya wajar dia'. Kalau pun Lin Dan tak ada, misalnya gua ditunjuk. Gua bilang, 'eh ada yang lebih pantas, si A misalkan'. Gitu lo," Taufik menjelaskan.

Kemudian, Taufik mengatakan jika, "Kalau sekarang orang membandingkan gua dengan Lee Chong Wei, gua bilang, ya enggak apa-apa, mungkin dia lebih pantas menurut BWF. Karena dia yang ngasih kan? Kebetulan BWF berkantor di Malaysia, ya monggo, gitu lo. Gua gak penting amat cuma tulisan. Memang mau ngapain?" 

Dalam kesempatan tersebut Taufik juga menekankan bahwa bukan berarti dirinya lebih baik dari Lee Chong Wei, Kawula Muda. 

Rupanya, perkataan Taufik Hidayat tersebut mengundang amarah dari warganet Malaysia, Kawula Muda.

Dengan serempak, mereka menyerbu Instagram pribadi Taufik Hidayat dan melontarkan berbagai kalimat yang tidak pantas.

Tidak hanya itu, hal tersebut diperparah dengan media asal Malaysia, Berita Harian dan Metro Malaysia, yang menulis jika Taufik Hidayat mempertanyakan penganugerahan BWF terhadap Lee Chong Wei karena seolah-olah terdapat unsur pilih kasih karena markas BWF terletak di Malaysia dan tidak dapat menerima keputusan tersebut, melansir Tempo.

Meski begitu, Taufik mengaku tidak ambil pusing dengan komentar dari warganet Malaysia. 

"Begini lo, orang berani bersosial media, lu gak usah baper juga sama pertanyaan-pertanyaan orang, karena kita gak tahu juga," ujar Taufik melansir Detik, Senin (05/06/2023).

BWF Angkat Bicara

Pernyataan resmi BWF soal BWF Hall of Fame 2023. (INSTAGRAM/BWF OFFICIAL)

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) kemudian menanggapi pembicaraan yang tengah ramai di media sosial tersebut.

Pada Minggu, (04/06/2023) BWF merilis pernyataan soal putusan untuk memasukkan Lee Chong Wei ke dalam BWF Hall of Fame 2023.

"Keduanya adalah penerima penghargaan yang layak atas kontribusi luar biasa mereka untuk bulu tangkis selama periode waktu yang signifikan,” tulis BWF melalui laman Instagram resmi mereka.

"BWF mengakui pencapaian dan kontribusi dari banyak legenda olahraga ini dan berharap dapat memasukkan lebih banyak juara ke dalam Hall of Fame BWF di tahun-tahun mendatang," lanjut BWF.

Diketahui, Lee Chong Wei, mantan pemain bulu tangkis Malaysia terpilih ke dalam Hall of Fame 2023 pada 2 Mei 2023 lalu.

Lee Chong Wei bersama dengan Lin Dan, mantan pemain bulu tangkis asal China masuk ke dalam daftar tersebut.

Berita Lainnya