Momen-momen Java Jazz 2023: Meriahnya Panggung Musisi Nasional dan Internasional

Siapa yang nonton Java Jazz kemarin, nih?

Stacey Ryan saat konser di Java Jazz 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat (PRAMBORS/Fajrina Nadya)
Mon, 05 Jun 2023

Salah satu festival terbesar di Indonesia, Java Jazz 2023 telah berlangsung selama tiga hari dari 2, 3, dan 4 Juni 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Java Jazz menghadirkan sederet musisi baik dari internasional ataupun nasional.

Tahun ini, Java Jazz menghadirkan Stephen Sanchez, The Chicago Experience, Cory Wong, serta Max.

Sedangkan untuk musisi Tanah Air ada dari Ardhito Pramono, Gangga, Teza Sumendra, Dere, Andien, Ariel NOAH, sampai Rizky Febian. Ada pula musisi Yovie Widianto, Vina Panduwinata, sampai Titi DJ, Kawula Muda.

Berikut adalah beberapa momen-momen seru di Java Jazz 2023 versi Prambors. Check this out!

Laufey Terharu, Full House untuk Show Pertama di Jakarta

Laufey (Instagram/laufey)

Kawula Muda, sebelum pintu dibuka untuk penampilan Laufey, para penonton sudah memadati area dengan tidak sabar. Penampilan perdana Laufey di Jakarta sukses mengumpulkan 5000 penonton yang membuat Laufey terharu.

“The sweetest and most respectful crowd. My biggest show ever. Again. I love you,” tulis Laufey sambil menyematkan video dirinya yang tidak bisa menahan tangis melihat para penggemar berkumpul untuk menyaksikan penampilannya.

Special Show yang Memukau

Salah satu konsep baru yang diusung oleh Java Jazz 2023 adalah Special Show, Kawula Muda. Diketahui, para pengunjung harus membeli tiket tambahan untuk menikmati Special Show. Prambors berkesempatan untuk menyaksikan dua Special Show pada hari Sabtu (03/06/2023), yaitu Cory Wong dan MAX.

Penampilan Cory Wong bersama bassnya sukses membuat para penonton melongo tanpa henti, Kawula Muda. Tidak hanya dipenuhi oleh penonton Tanah Air, para penonton lintas negara juga diketahui antusias menikmati suguhan penampilan Cory Wong.

Cory Wong saat konser di Java Jazz 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat (PRAMBORS/Fajrina Nadya)

Pada penampilan malam itu, Cory berfokus untuk memainkan instrumen dibandingkan menyanyikan lagu-lagunya, Kawula Muda.

Namun, hal tersebut justru membuat penonton sangat puas. Kapan lagi melihat Cory Wong sampai terduduk di lantai memainkan alat musik dengan sangat syahdu?

MAX menjadi penutup special show Java Jazz 2023. Sebagai salah satu nominasi Grammy, MAX tampil dengan lincah dan penuh energi menyapa para penggemar di Jakarta, Kawula Muda!

MAX saat konser di Java Jazz 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat (PRAMBORS/Fajrina Nadya)

Membawakan lagu-lagu populer, seperti "Savage", "Acid Dreams", "Wasabi", "Strings", "Satisfied", dan "One More Weekend", MAX sukses menyihir para penonton.

Salah satu yang paling menarik adalah momen di mana MAX melakukan rap dengan bahasa Korea untuk lagu “Blueberry Eyes”. Diketahui, lagu tersebut memiliki bagian rap yang seharusnya dinyanyikan oleh Suga BTS. 

Kolaborator yang Meriah

Kawula Muda, melalui banyaknya pertunjukan yang disuguhkan selama 3 hari, Java Jazz menyusun kolaborator untuk beberapa pertunjukan menjadi lebih spesial.

Sebut saja MLD Jazz Project bersama Teddy Adhitia, Yovie Widianto, dan Mario Ginanjar. Permainan piano sang maestro melengkapi lagu-lagu ciptaannya yang dibawa dengan berbagai gaya.

Tidak hanya itu, beberapa penampil seperti Adhitia Sofyan dan Warner Music yang melakukan reinterpretasi terhadap karya-karya Maliq & D’Essentials juga membawa kolaborator kejutan untuk beberapa lagu!

Kehadiran kolaborator yang menemani musisi utama ini menjadi salah satu hal spesial yang bisa dirasakan oleh para pengunjung Java Jazz. Pasalnya, para penonton bisa menjadi saksi penampilan yang tidak mungkin terulang dua kali!

Java Jazz 2023, Reinterpretasi Jazz yang Tak Lekang oleh Waktu

Kawula Muda, tahun ini Java Jazz memberikan banyak konsep segar dan terus berinovasi bagi para penggemar Jazz.

Tim Prambors berkesempatan berbincang dengan salah satu pengunjung yang tidak pernah absen Java Jazz selama 10 tahun, Anita.

“Meski punya pola setiap tahun, sayang untuk melewatkan Java Jazz setiap tahunnya,” tutur Anita, wanita berumur 50 tahun pada Sabtu, (03/06/2023).

“Tahun ini segar ya, banyak musisi dengan konsep baru. Senangnya tetap ada berbagai musisi yang bisa dinikmati banyak generasi kayak Patti Austin.”

Konsep segar ini juga bisa dilihat melalui penampilan Stacey Ryan pada hari kedua Java Jazz 2023. 

Stacey Ryan saat konser di Java Jazz 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat (PRAMBORS/Fajrina Nadya)

Stacey yang selalu bercerita tentang lagu yang akan dibawakan bahkan berani bereksperimen membawakan lagu “Power” dengan sentuhan rock dan jazz. Stacey yang tampil ceria malam itu juga membawakan lagu “Somebody Good”, “Over Tonight”, dan tentu saja, “Fall in Love Alone”! 

Tampilan Lagu Ariel NOAH dengan Nuansa Jazz

Ariel NOAH saat konser di Java Jazz 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat (PRAMBORS/Aqilah Ananda Purwanti)

Pada hari terakhir Java Jazz 2023, Ariel Noah mengisinya dengan lantunan musik yang indah, Kawula Muda. Pasalnya, lagu Peterpan dan NOAH yang dia bawakan berbeda dengan biasanya yakni dengan jazz.

Dibuka dengan lagu "Topeng". Penyanyi yang bernama asli Nazriel Irham itu bernyanyi dengan aransemen jazz dari Tyo Alibasha. Merasa asing dengan lantunan lagu, Ariel mengaku bingung apa yang harus dilakukan saat menunggu intro.

"Beda banget ya. Gue sempet bingung ini mereka intro gue ngapain yaa," tanya Ariel dengan candaan.

Sekitar 50 menit penampilan, Ariel sukses membuat penonton bernyanyi lagu-lagu ternama miliknya dari "Yang Terdalam", "Kupu-Kupu Malam", "Tak Ada Yang Abadi", dan "Menghapus Jejakmu".

Duet Romantis Ariel NOAH dan BCL

Bunga Citra Lestari (BCL) saat konser di Java Jazz 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat (PRAMBORS/Aqilah Ananda Purwanti)

Tidak sendiri, Ariel NOAH berkolaborasi dengan Bunga Citra Lestari (BCL) yang juga menjadi salah satu penampil yang paling ditunggu di Java Jazz 2023.

Ariel memanggil BCL untuk duet bersamanya dengan menyanyikan lagu "Somethin's Stupid" dari Nicole Kidman dan Robbie Williams

Sebelum tampil, Ariel mengatakan lagu tersebut adalah lagu pertama kalinya ia nyanyikan dan sekaligus berduet dengan BCL

"Gue enggak pernah berpikir lagu ini bakal dinyanyikan di sini ya, paling si mobil. Tapi kali ini gua nyanyiin di sini," kata Ariel NOAH.

BCL terlihat sangat romantis bernyanyi dengan Ariel, bahkan mereka berdansa dan disambut tepuk tangan penonton.

Arditho Pramono Tampil dengan Lagu-Lagu Baru

Penyanyi sekaligus penulis lagu Ardhito Pramono membawakan lagu baru yang belum pernah dibawakan sebelumnya. Lagu yang berjudul "Waking Up Together"

"Saya akan memainkan lagu paling baru yang belum pernah dimainkan di mana-mana," tutur Arditho.

Lagu-lagu yang dibawakan Arditho berhasil membuat para penonton melantunkan nyanyian mulai seperti "cigarettes of ours", "I Just Couldn't Save You Tonight (Story of Kale)", "Dancing in September", dan ditutup dengan "Wijaya Kusuma".

Enerjik nan Cantik, Andien Bawa Penonton Syahdu Bareng

Andien saat konser di Java Jazz 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat (PRAMBORS/Aqilah Ananda Purwanti)

Andien Aisyah juga turut hadir dalam Java Jazz 2023, nih Kawula Muda! Dengan memakai gaun putih, dirinya tampil dengan cantik.

Wanita kelahiran 1985 ini membawakan lagu hits di antaranya "Gemilang", "Indahnya Dunia", sampai ditutup dengan "Moving On". Pastinya para penonton menjadi bernyanyi bersama ditambah dengan lantunan lagu jazz yang membuat penonton bergoyang.

"Aku pengen banget bawain lagu ini. So this song is for you," kata Andien sebelum bernyanyi "Let It Be My Way".

Berita Lainnya