5 Daftar Urban Legend Paling Terkenal dan Terseram di Indonesia

Jangan dibaca tengah malam ya...

Ilustrasi trowongan. Foto: Pixabay/Pexels
Tue, 25 Jul 2023

Urban Legend atau legenda rakyat yang sering kali mengandung unsur kisah mistis karena sangat akrab dengan hal-hal berbau horor dan misteri. 

Berawal dari kisah misteri yang berkembang dari cerita turun-temurun di kalangan masyarakat, tak jarang beberapa urban legend jadi dipercayai sebagian rakyat walau masih abu-abu terkait keasliannya. 

Dalam cerita, urban legend biasanya terjadi di tempat-tempat yang cukup menyeramkan seperti, rumah sakit, terowongan, gedung kosong, dan jembatan. 

Di Indonesia sendiri ada banyak urban legend yang terkenal. Berikut adalah daftar lima urban legend terseram di Indonesia.

1. Terowongan Casablanca 

Ilustrasi terowongan/Pixabay/alexman89

Terowongan Casablanca yang berada di daerah Kuningan, Jakarta Selatan ini memiliki cerita yang beredar di masyarakat sebagai lokasi bunuh diri seorang pria paruh baya dengan cara menggantung diri dengan kain bekas spanduk. 

Selain cerita ini ada juga masyarakat yang percaya dengan adanya kuntilanak merah yang kerap mengganggu aktivitas masyarakat. Bahkan, sebagian masyarakat percaya dengan mitos membunyikan klakson sebanyak tiga kali yang bertujuan agar pengemudi tidak mengalami kecelakaan karena dilihatkan penampakan dari makhluk halus di wilayah tersebut.

Dengan adanya urban legend di terowongan Casablanca yang hampir tidak pernah sepi ini, terowongan tersebut dianggap sebagai salah satu lokasi penuh dengan misteri dan jadi urban legend paling populer.

2. Hantu Jeruk Purut

Ilustrasi-Hantu-Jeruk-Purut-(Youtube Sony Ryder/www.youtube.com/watch?v=_GVThrsIBjk)

Pemakaman Jeruk Purut adalah salah satu cerita yang sangat sering didengar. Terletak di kawasan Jakarta Selatan, meski sudah jadi cerita lama tetapi sampai saat ini, jalanan menikung dan sepi tersebut masih terasa hawa mistisnya. 

Cerita ini pernah dijadikan film pada tahun 2006. Menurut masyarakat, hantu yang bergentayangan adalah hantu tanpa kepala, hantu ini sering kali menampakkan diri dengan menenteng kepalanya sendiri.

Menurut cerita yang berkembang, hantu ini dulunya bekerja sebagai pastor pada jaman kolonial Belanda yang sedang mencari kuburannya. 

3. Kolor Ijo

Cerita kolor ijo tidak kalah populernya dibandingkan dengan urban legend lainnya. 

Cerita ini bermula pada tahun 2003 ketika ada kasus pemerkosaan di Kampung Cijengkol, Bekasi, Jawa Barat.

Menurut korban, dia telah diperkosa oleh seorang pria yang memiliki tubuh yang besar dan bulu yang lebat, pria tersebut hanya menggunakan celana dalam atau kolor berwarna hijau. 

Tidak hanya satu korban tetapi ada juga korban di desa lain yang ikut angkat bicara. Sebagian besar masyarakat mempercayai bahwa laki-laki yang menggunakan celana hijau itu adalah hantu dari pria yang sedang mencari ilmu hitam.

4. Suster Ngesot

Ilustrasi-suster-ngesot/Tribun-Bali/Irma Yudistriani

Nama Suster Ngesot sudah tidak asing lagi sebagai sosok hantu dan urban legend di beberapa rumah sakit. 

Kepopuleran dari urban legend yang satu ini sampai dijadikan film yang berjudul Suster Ngesot (2007). Film produksi Manoj Punjbi ini diperankan oleh Nia Ramadhani, Donita dan Mike Lewis. 

Suster Ngesot adalah hantu yang dianggap berasal dari salah satu rumah sakit di daerah Jakarta, yang bercerita tentang seorang suster meninggal secara tidak wajar dan kabar yang beredar suster tersebut telah diperkosa oleh seorang dokter dengan kondisi kaki yang dimutilasi dan dikuburkan secara tidak layak di ruang laboratorium.

5. Nenek Gayung 

Nenek-Gayung/IMDb

Nenek Gayung salah satu cerita urban legend yang cukup menarik sampai dijadikan film pada tahun 2011. Nenek gayung digambarkan sebagai sosok nenek-nenek tua dengan pakaian kebaya hitam kotor yang sering muncul di jalanan. 

Menurut cerita, Nenek Gayung selalu membawa tikar dari anyaman pandan dan gayung yang terbuat dari batok kelapa. Dengan cerita yang ada, konon katanya peralatan yang dibawa tersebut akan digunakan untuk nenek gayung memandikan jenazah orang yang bertemu dengannya.

Seram-seram ya, Kawula Muda. Menurut lo, apa urban legend yang paling seram? Apakah di wilayah lo tinggal ada urban legendnya tersendiri? 

Berita Lainnya