5 Rekomendasi Skincare untuk Melindungi Wajah dari Polusi Udara

Lumayan bisa tetep rawat kulit lo, nih.

5 rekomendasi skincare untuk cegah polusi udara buruk (ISTOCK)
Mon, 14 Aug 2023

Polusi udara saat ini tercatat kian semakin memburuk, Kawula Muda. Bahkan menurut IQAir, Jakarta pun tercatat sebagai kota terpolusi di dunia, loh. Maka dari itu, pentingnya skincare untuk merawat kulit kita.

Kondisi lingkungan tersebut bisa berdampak buruk pada tubuh manusia sampai kulit.

Memakai skincare dapat melindungi kulit kita dari polusi yang buruk. Apalagi kulit wajah adalah bagian tubuh yang sangat sensitif dan penting untuk dijaga.

Skincare untuk polusi di bawah ini mengandung bahan untuk mencegah efek buruk polusi udara pada kulit.

Berikut adalah produk skincare untuk cegah polusi udara.

Produk Skincare untuk Cegah Polusi Udara

5 rekomendasi skincare untuk cegah polusi udara buruk (ISTOCK)

 

Perlindungan wajah dari polusi bisa menggunakan produk skincare secara berlapis. Menggunakan produk seperti ini tidak masalah asalkan sesuai dengan kebutuhan kulit.

1. Sabun Cuci Muka

Pertama adalah sabun cuci muka, nih Kawula Muda. Sabun cuci muka sangat diperlukan untuk membersihkan wajah dari debu dan kotoran.

Apalagi untuk yang menggunakan riasan, disarankan untuk menggunakan pembersih ganda yakni double cleansing dan susu pembersih wajah.

Polusi dan riasan wajah yang tidak dibersihkan bisa membuat pori-pori dan jerawat.

Sabun cuci muda bisa dipilih dengan kondisi kulit, apakah normal, berminyak, atau kering.

2. Tabir Surya atau Sunscreen

Tidak cukup dengan sabun cuci muka, penggunaan tabir surya juga penting. Tabir surya atau sunscreen bisa mencegah paparan sinar UV A dan IV B yang bisa merusak kulit.

Kawula Muda bisa memakai sunscreen dengan SPF 30, atau lebih, karena tingkat SPF tinggi bisa melindungi lebih dari paparan sinar. Namun, SPF 30 saja juga cukup, kok.

Lo bisa pakai sunscreen Biore UV Aqua Rich, Emina Sun Protection, Innisfree Intensive, atau Skintific Spray Set SPF 50+ PA++++.

3. Pelembab atau Moisturizer

Selanjutnya adalah moisturizer yang bisa menangkal lo dari polusi udara buruk. Pelembab perlu digunakan untuk mempertahankan hidrasi kulit.

Selain itu, moisturizer juga menutrisi kulit, melindungi kulit dari polusi, dan mencegah penuaan dini, dan sehat.

Moisturizer yang cocok untuk menangkal polusi adalah Avoskin Day Cream, Pixy Glowssentials Daily UV Cut Moisturizer, atau Emina Natura Pal Gel Moisturizer.

4. Setting Spray

Indonesia yang terkenal dengan negara tropisnya, kulit wajah perlu untuk tetap terhidrasi misalnya dengan face mist.

Produk face mist yang cocok misalnya seperti COSRX Low pH PHA Barrier Mist dengan range pH di angka 4.0, face mist ini tidak hanya sebatas menghidrasi kulit namun juga untuk mempertahankan level pH kulit dan juga menguatkan skin barrier.

Jangan lupa pakai setting spray juga ya, Kawula Muda.

5. Masker Clay Mask/Sheet Mask

Bukan hanya saat keluar rumah saja untuk melindungi diri dari polusi. Perawatan kulit wajah juga dilakukan saat di rumah, contohnya dengan penggunaan masker.

Ada beberapa jenis masker misalnya masker clay mask atau sheet mask. Masker clay mask cocok untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Masker ini menyerap minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori.

Rekomendasi clay mask untuk cegah polusi adalah Laneige Mini Pore Waterclay Mask, Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask, atau SKINTIFIC Mugwort Acne Clay Stick.

Untuk jenis sheet mask, lo bisa pakai untuk menyerap ke kulit, sehingga bisa menghidrasi wajah kamu. Jenis sheet mask yang bisa lo pakai adalah Mediheal, The Face Shop Real Nature Mask, Bioaqua Sheet Mas, atau Innisfree It's Real Squeeze Mask.

Itu dia rekomendasi 5 rekomendasi skincare untuk cegah polusi udara dan membuat kulit tetap sehat, Kawula Muda. Melihat polusi yang masih memburuk, sebaiknya jangan keluar rumah jika tidak memiliki kepentingan yang mendesak, ya.

Berita Lainnya