6 Cara Gampang Biar Akun Instagram Enggak Kena Hack

Kawula Muda, ada yang sudah pernah di-hack Instagram-nya?

Ilustrasi Instagram (UNPLASH)
Sun, 28 Aug 2022

Akhir-akhir ini sering banget akun Instagram kena hack. Seperti yang dialami oleh aktor Korea Selatan, Lee Do Hyun beberapa waktu lalu.

Instagram lee Do Hyun menjadi sasaran hacker yang melakukan peretasan pada 24 Agustus 2022. Para followers-nya dikejutkan dengan unggahan foto-foto random dengan caption aneh.

Saat diretas, hacker tersebut mengunggah foto tikus dengan keterangan yang artinya,”dimiliki oleh ratobot”.

Hacker tersebut juga menghapus seluruh unggahan Lee Do Hyun di akun Instagram-nya dan mengganti dengan sejumlah foto yaitu bendera Brasil, sampai foto YouTuber pemilik kanal Manikomio. Semua unggahan itu disertai dengan tagar #ratobot.

Salah satu yang membuat netizen geram adalah sang hacker akhirnya mengakui perbuatannya tersebut dan melakukan hacking hanya karena iseng dan bosan. Saat ini, akun Instagram Lee Dong Hyun sudah kembali seperti semula.

Nah, belajar dari pengalaman Lee Dong Hyun, ada beberapa cara gampang supaya akun Instagram Kawula Muda enggak kena hack, simak di bawah ini ya!

1. Aktifkan Two-factor authentication

Fitur pencegahan peretasan sebenarnya sudah disediakan oleh Instagram. Salah satunya adalah dengan mengaktifkan Two-factor authentication atau autentifikasi dua faktor. Dengan sistem ini, siapa pun yang mencoba masuk akun IG dengan perangkat baru harus memasukkan password dua kali.

Cara mengaktifkannya: klik bagian profil, cari pengaturan, pilih keamanan, tekan ‘autentifikasi dua faktor’, klik mulai. Setelah itu akan diberi pilihan metode keamanan, mulai dari Whatsapp atau SMS.

2. Perbarui nomor telepon dan email

Dengan memperbarui nomor telepon dan email, jika terjadi upaya peretasan maka pihak Instagram dapat memberi tahu dengan cepat. Akun Instagram yang diretas hacker pun akan lebih cepat diambil alih kembali.

3. Instagram tidak pernah kirim Direct Message

Ini salah satu cara yang paling sering digunakan hacker untuk melakukan peretasan pada akun IG seseorang. Instagram tidak pernah mengirim Direct Message (DM) kepada penggunanya. Pihak Instagram hanya melakukan kontak dengan pengguna melalui kotak ‘Email dari Instagram’. Segera lakukan pelaporan jika ada DM yang mengatasnamakan IG.

Ilustrasi beranda pada aplikasi Instagram. (CNET)

 

4. . Aktifkan permintaan akses Instagram

Agar bisa lebih mudah mengetahui siapa saja yang berusaha masuk ke akun IG, aktifkan permintaan masuk. Pemilik akun bisa menolak ataupun memberikan izin jika ada yang mengambil alih.

Cara mengaktifkannya gampang banget, yaitu dengan masuk ke profil, cari pengaturan, pilih keamanan, klik aktivitas masuk.

5. Laporkan konten dan akun yang mencurigakan

Hacker biasanya menggunakan spam atau phising untuk menarik perhatian pengguna. Laporkan pada pihak Instagram jika ada konten ataupun akun yang mencurigakan.

Instagram juga telah menyediakan fitur untuk mengecek sampai mana laporan diselesaikan. Kotak Masuk Dukungan ini juga bisa digunakan untuk memberikan update tentang unggahan yang melanggar kebijakan sampai cara mengajukan banding jika dirasa keputusan Instagram melalukan pemblokiran postingan kurang tepat.

6. Ganti password secara berkala dan tidak unggah informasi pribadi

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan sering mengganti password Instagram dan tidak mengunggah informasi pribadi di media sosial. Hal ini bisa mengurangi risiko Instagram terkena hack.

Berita Lainnya