6 Cara Mudah Menabung saat Bulan Ramadan, Hasilkan Jutaan Rupiah!

Caranya juga enggak sulit kok, Kawula Muda!

Ilustrasi menabung di bulan puasa, cara mudah dapatkan uang jutaan rupiah! (UNSPLASH)
Tue, 07 Mar 2023

Kawula Muda, bulan Ramadan menjadi salah satu bulan yang ditunggu umat Islam, nih. Selain penuh berkah dan ampunan, bulan Ramadan juga bisa menjadi titik awal perubahan gaya hidup lo menjadi lebih baik lagi.

Salah satunya dalam urusan menabung, Kawula Muda. Bulan Ramadan tidak hanya membawa banyak berkah, namun juga bisa membuat lo mudah menabung di bulan puasa ini. Bahkan, lo bisa menabung jutaan Rupiah hanya dalam 30 hari, loh! 

Ilustrasi menabung (UNSPLASH)

Melansir Detik Finance, Perencana keuangan dari Finansia Consulting, Eko Endarto mengatakan pada bulan puasa masyarakat harus bisa mengatur keuangannya agar bisa menabung lebih banyak dari bulan-bulan biasa. 

"Karena kan kita keperluan rumah, makan, tak sebanyak biasanya harusnya. Jadi bisa dibatasi,” ucapnya.

Kawula Muda pasti penasaran kan bagaimana caranya? Simak cara mudah menabung di bulan Ramadan a la Prambors di bawah ini!

1. Bulatkan Tekad dan Alokasikan Anggaran di Awal Bulan

Bagi Kawula Muda yang belum terbiasa menabung, membulatkan tekad menjadi kunci utama untuk bisa mudah menabung dengan lancar. 

Pasalnya, jika tekad yang Kawula Muda miliki hanya setengah, bisa-bisa di tengah jalan, uang tabungan Kawula Muda malah digunakan, loh! Tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Kawula Muda bisa memulai dengan membuat alokasi anggaran di awal bulan. Misalnya, kebutuhan untuk membeli makanan atau kebutuhan pokok, jajan, hingga hiburan. Dengan membuat alokasi anggaran terutama di bulan Ramadan, pengeluaran Kawula Muda akan jauh lebih terkontrol dan dapat disisihkan untuk menabung.

2. Biasakan Menyisihkan Uang

Salah satu prinsip dalam menabung nih, Kawula Muda. Biasakan untuk menyisihkan uang, bukan menyisakan uang, ya! Ada perbedaan dari keduanya, loh. Jika Kawula Muda menyisihkan uang yang Kawula Muda punya, tabungan Kawula Muda akan aman sejak awal. Berbeda jika menyisakan uang yang Kawula Muda. Pasalnya, jika menunggu sisa uang yang ada, bisa-bisa uang tersebut terpakai, loh. Parahnya lagi, bisa saja tidak ada sisa uang sehingga gagal menabung. Enggak mau hal tersebut terjadi, bukan? Jadi, pastikan sisihkan uang lo di bulan Ramadan agar bisa menabung.

3. Prioritaskan Kebutuhan, Termasuk Undangan Bukber

Bulan Ramadan identik dengan buka bersama (bukber) orang-orang terkasih. Tidak hanya orang-orang terdekat, bukber juga menjadi ajang reuni untuk lo dengan teman-teman lama lo, Kawula Muda!

Namun, ada kalanya undangan bukber sangat banyak hingga membuat lo boros. Padahal, biaya yang dikeluarkan untuk bukber sering kali tidak sedikit dan dapat ditabung, loh. Jadi, Kawula Muda harus membuat prioritas sejak awal. Mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Kawula Muda harus bisa membedakannya, ya!

Eits, undangan bukber juga tidak harus diterima selalu, loh! Kawula Muda bisa memilih mana yang benar-benar Kawula Muda inginkan, misalnya bukber dengan teman lama atau bukber dengan teman kantor. Untuk hal ini, Kawula Muda bisa memilih teman lama karena intensitas bertemunya lebih sedikit dengan teman kantor.

4. Buat Target

Jangan pernah meremehkan target menabung ya, Kawula Muda. Ada baiknya membuat target dalam menabung, misalnya target jumlah uang atau barang yang menjadi wishlist lo.

Dengan membuat target, Kawula Muda menjadi punya alasan untuk tetap semangat menabung. Tidak hanya itu, target juga akan menumbuhkan komitmen yang bermanfaat bagi Kawula Muda.

Kawula Muda bisa membuat target spesial menabung di bulan Ramadan untuk menambah semangat dalam menabung.

5. Buat Meal Preparation

Sederhana namun ternyata sangat membantu, loh! Meal preparation atau penyiapan makanan bisa sangat membantu lo ketika menabung. Dengan menyiapkan makanan setiap minggunya, lo tidak hanya menghemat biaya, namun juga menghemat waktu! 

Pasalnya, di era pemesanan makanan secara daring yang semakin mahal, menyiapkan makanan dapat menjadi salah satu alternatif untuk lo agar tidak boros sekaligus tidak bosan.

Ditambah lagi, di bulan Ramadan ini, intensitas makan Kawula Muda akan sangat berkurang. Hal ini dapat digunakan untuk menabung dan membuat meal preparation.

Tidak hanya itu, dengan menyiapkan makanan dan merencanakan makanan selama satu minggu, Kawula Muda akan terhindar dari jajanan yang menguras uang dan menjadi lebih sehat!

6. Pilih Pecahan yang Ingin Ditabung

Cara unik yang satu ini pernah viral beberapa tahun ke belakang, loh. Salah seorang Warganet Twitter pernah membagikan bagaimana dirinya menyisihkan pecahan Rp 20.000 selama sehari dalam sebulan. Tidak disangka, di akhir bulan ia bisa mendapat kurang lebih Rp 600.000, loh!

Cara ini bisa menjadi cara sampingan selain menyimpan tabungan dalam bentuk rekening. Lo bisa menjadikan bulan puasa Ramadan sebagai momentum membentuk kebiasaan menabung.

Lo bisa memulainya dengan jumlah yang membuat lo merasa aman. Jangan terlalu besar, tapi jangan terlalu kecil juga. Misalnya, memulai dengan mengumpulkan tabungan dengan pecahan uang Rp 5.000, Rp 10.000, atau Rp 20.000.

Setiap kali lo menemukan uang ini di dompet lo, entah dari kembalian atau dari mana saja, simpan uang tersebut di celengan lo, ya!

Kawula Muda, itu dia cara mudah menabung dari Prambors. Selamat menabung di bulan Ramadan, ya!

Berita Lainnya