6 Tas Hermes Birkin Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai Rp 7 Miliar

Untuk koleksi terbatas sih, harganya standar kok, Kawula Muda :D

Tas Hermes Birkin adalah koleksi tas paling eksklusif di dunia (REUTERS)
Thu, 27 Jul 2023

Tas Hermes Birkin adalah salah satu tas mewah paling terkenal dan eksklusif di dunia. Bahkan, banyak orang mengatakan jika tas Hermes Birkin adalah salah satu investasi yang lebih baik dari emas, loh.

Tas ini disebut sebagai simbol tertinggi dari kemewahan dan status, yaitu aksesori paling eksklusif di dunia.

Tas Hermes jenis ini dibuat pada tahun 1984 oleh Kepala Eksekutif Hermes Jean-Louis Dumas terinspirasi oleh Jane Birkin.

Menariknya, tas Birkin tidak menjadi populer hingga akhir tahun 90an, namun saat ini menjadi sebuah aksesoris legendaris di dunia mode.

Ilustrasi toko Hermes, merek yang menjual tas Birkin yang sangat mahal (UNSPLASH)

Tas ini menjadi sangat istimewa dan mahal karena diproduksi menggunakan bahan, seperti kulit buaya, sapi, kadal, dan burung unta. Hermes tidak hanya menggunakan kulit hewan premium, tetapi juga menggunakan beberapa kulit anak sapi terbaik di dunia.

Tidak hanya itu, setiap tas adalah buatan tangan dan membutuhkan banyak kerja keras, keahlian, dan ketelitian tingkat tinggi, Kawula Muda.

Tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 25 cm hingga 55 cm, saat ini tas Hermes Birkin tidak bisa langsung tersedia dan tidak dapat dibeli oleh siapa pun yang baru saja masuk ke gerai Hermes.

Sejak pertama dirilis hingga saat ini, ada beberapa Hermes Birkin yang sukses dijual dengan harga yang sangat mahal.

Apa saja tas Hermes Birkin yang terjual dengan harga fantastis? Simak di bawah ini!

Himalaya Birkin

Tas Hermes Birkin Himalaya yang sangat langka dan dijual dengan harga tinggi (REUTERS)

Hermes Himalaya Birkin menjadi salah satu tas terlangka di dunia. Tas yang dibuat dari kulit buaya Niloticus yang diwarnai dengan gradien putih dan abu-abu ini diwarnai dengan unik oleh Hermes untuk membangkitkan ‘puncak putih’ pegunungan Himalaya.

Diketahui pewarnaan tersebut masuk ke dalam kategori pewarnaan yang sangat sulit loh, Kawula Muda. Hal ini yang menyebabkan tas Himalaya Birkin menjadi sangat langka dan mahal.

Melansir Love Luxury, satu tas Himalaya Birkin terjual seharga 500.000 Dolar AS atau sekitar Rp 7,5 miliar pada 2018, Kawula Muda! Tidak hanya warna abu-abu yang berangsur memudar menjadi putih, tas ini juga bertatahkan berlian 10,23 karat.

Sac Bijou Birkin

Tas Sac Bijou Birkin Hermes yang bertabur berlian (SOTHEBYS)

Sac Bijou Birkin dapat dikatakan sebagai interpretasi ikon yang mewah.

Pada tahun 2012, Hermes meluncurkan koleksi yang terinspirasi dari tas tangan Haute Bijouterie Collection yang didesain langsung oleh Pierre Hardy, Direktur Kreatif Perhiasan di Hermes.

Salah satu karya yang paling menakjubkan dari koleksi tersebut adalah Sac Bijou Birkin yang dibuat dari emas bertatahkan 2.712 berlian. 

Hal yang sangat brilian dari desain ini adalah flap atas tas Hermes bertekstur meniru kulit buaya sementara berlian menutupi bagian tubuh, pegangan atas, kunci, dan clochette tas.

Tas yang hanya diproduksi tiga buah ini dijual dengan harga 2 juta Dolar AS atau sekitar Rp 30 miliar, Kawula Muda!

Metallic Birkin

Ilustrasi tas Hermes Birkin Metallic yang mahal (REUTERS/Roselle Chen)

Tersedia dalam warna perunggu dan perak, tas ini masuk ke dalam ukuran Birkin kecil, yakni 25 cm. Tas ini didesain berdasarkan visual desain etalase Leïla Menchari di etalase Hermès Rue de Faubourg Saint-Honoré yang legendaris.

Tas ini hadir dengan warna perunggu dan perak. Birkin Metallic perak beraksen dengan perangkat keras paladium, sedangkan Birkin Metallic perunggu beraksen dengan perangkat keras emas.

Untuk menghasilkan tas ini, pengrajin Hermes harus menambahkan begitu banyak pewarna pada kulit sehingga tekstur kulit berubah.

Melansir Kompas, salah satu Hermes Metallic Birkin laku terjual di pelelangan New York dengan harga 136.490 Dolar AS, setara Rp 2,05 miliar.

Diamond Birkin

Tas Hermes Birkin dengan Diamon (SOTHEBYS)

Tas Diamond Birkin adalah tas glamor favorit para fanatik Hermes loh, Kawula Muda.

Tas ini dapat dikatakan sebagai barang kolektor sejati.

Tas ini menampilkan kulit buaya Porosus yang hidup di air asin dan dipasangkan dengan perangkat keras emas putih bertatahkan berlian.

Dibuat dalam berbagai ukuran Birkin klasik, tas Hermes Diamond Birkin hadir dalam berbagai warna, seperti merah muda, merah, cokelat, hitam, dan masih banyak lagi.

Birkin langka ini berkisar dari 190.000-260.000 Dolar AS, tergantung warna dan ukurannya.

Sac Birkin Faubourg

Sac Birkin Faubourg, salah satu tas Hermes Birkin yang sangat mahal (SOTHEBYS)

Hermes Sac Birkin Faubourg adalah salah satu edisi tas Birkin edisi terbatas yang paling dicari oleh kolektor hingga saat ini.

Tas yang dirilis sebagai perayaan sejarah Hermes pada tahun 2019 ini dibuat sebagai penghormatan etalase Hermes di Rue du Faubourg Saint-Honore di Paris. 

Diketahui, CEO Hermes Charles-Emile Hermes memindahkan toko andalan merek tersebut ke jalan ikonis pada tahun 1880, dan tetap bertahan hingga saat ini. 

Tas tangan Hermes ini memiliki tiga jendela dengan awning oranye, kloset tas belanja, penutup atas kulit buaya matte, dan pegangan kulit buaya. Tidak hanya itu, tas ini bahkan dilengkapi gantungan berupa tas belanja mini Hermes.

Birkin mungil berukuran 20 cm ini hadir dalam berbagai warna dan harganya sekitar 200.000-300.000 Dolar AS dengan harga yang terus meroket.

Pada tahun 2022 di pelelangan, harga Sac Birkin Faubourg mencapai 322.340 Dolar AS atau sekitar Rp 4,8 miliar.

Ombre Birkin

Tas Ombre Birkin (CHRISTIE)

Ombre Birkin jadi salah satu tas langka Hermes, nih, Kawula Muda. Tas langka ini dibuat dari kulit kadal Varanus Salvator yang dipilih dengan cermat dan harus dibuat oleh pengrajin Hermes yang terampil.

Tas ini menjadi mencolok karena bagian eksteriornya mempertahankan warna alami dengan pola simetris yang khas dengan kemilau bertekstur. Tidak hanya itu, tas ini memiliki aksen perangkat keras emas atau paladium, Kawula Muda.

Pada tahun 2020, tas Hermes Ombre Birkin laku dengan harga 137.500 Dolar AS atau setara Rp 2,06 miliar, melansir Sotheby's.

Kawula Muda, 6 tas di atas adalah beberapa contoh dari tas mahal Hermes Birkin. Sebenarnya Hermes masih memiliki koleksi tas mewah dengan harga yang enggak kalah fantastis! 

Melihat harga di atas, lo tertarik beli yang mana?

Berita Lainnya