9 Alasan Seragam Pramuka Berwarna Cokelat, Ternyata Lambang Kesederhanaan

Kira-kira apa saja ya alasannya ? Mari kita simak

Ilustrasi Pramuka. Sejarah peringatan hari Pramuka 14 Agustus (KWARNAS PRAMUKA)
Mon, 14 Aug 2023

Seragam Pramuka identik dengan warna cokelat. Identitas warna coklat sudah ada sejak dari dulu. 

Dari banyaknya pilihan warna, seragam pramuka dipilih menggunakan warna cokelat. Maka dari itu, muncul pertanyaan mengapa seragam pramuka berwarna cokelat?

Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang pemilihan warna cokelat untuk seragam pramuka yang ternyata terdapat beberapa aspek filosofis yang menjadikan warna cokelat memiliki makna yang penting dalam seragam pramuka. 

Dilansir dari berbagai sumber, ini 9 alasan seragam Pramuka berwarna cokelat: 

1. Warisan Pejuang Kemerdekaan

Alasan yang adalah seragam pramuka berwarna cokelat adalah sebagai tanda penghormatan terhadap para pejuang kemerdekaan Indonesia. Warna coklat menandakan agar kita selalu ingat pada para pejuang. Karena di jaman dulu, baju pejuang berwarna coklat saat melawan penjajah.

2. Tunas Kelapa sebagai Lambang

Warna cokelat pada seragam pramuka dipilih dengan hasil dari mempertimbangkan filosofi bahwa buah kelapa dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, mengajarkan pramuka untuk beradaptasi dalam berbagai situasi dan kondisi. 

Warna tunas kelapa yang cokelat menggambarkan adaptasi ini dan menjadi dasar warna seragam pramuka.

3. Makna dari Warna Tanah dan Air

Banyak juga yang mengartikan warna cokelat pada seragam pramuka bisa dianggap sebagai simbol tanah dan air di Indonesia. Cokelat muda mencerminkan air, dan cokelat tua mewakili tanah, menggambarkan keseimbangan alam.

4. Inisiatif Bapak Pramuka

Baden Powell yang terkenal sebagai bapak pramuka pun memilih cokelat setelah pengalamannya berpetualang. Pilihan ini berfungsi untuk mengurangi terlihatnya noda saat sedang beraktivitas di lapangan.

5. Tradisi dan Identitas

Warna cokelat memang sudah menjadi identitas pramuka yang ada dari sejak awal berdirinya pramuka. Maka hal ini terus dilanjutkan untuk meneruskan tradisi tanpa mengubah identitas serta hal ini memiliki kaitan dengan pakaian para pejuang, warna ini memperkuat semangat dan juga kebanggaan pramuka.

6. Keharmonisan dengan Alam

Warna cokelat mencerminkan keseimbangan dengan alam. Hal Ini sejalan dengan semangat pramuka yang berkontribusi pada lingkungan dan menyatu dengan alam.

7. Kesederhanaan

Warna cokelat mencerminkan kesederhanaan. Pramuka diajarkan untuk hidup dengan sederhana serta menghargai hal-hal kecil dalam kehidupan. Senada dengan warna cokelat, kesederhanaan ini juga dimaksudkan sebagai lambang tidak terlalu terpaku pada kepemilikan materi.

8. Ketahanan dan Adaptasi

Pakaian berwarna cokelat juga dapat membantu untuk menyamarkan noda atau kotoran selain itu dapat juga mengelabui hewan buas, serta dengan mudah beradaptasi untuk menghadapi berbagai kondisi cuaca di lingkungan terbuka.

9. Pengakuan dan Penghargaan

Seragam cokelat juga menjadi tanda pengakuan dan penghargaan. Seorang pramuka dapat dikenali sebagai anggota gerakan pramuka serta memiliki prinsip-prinsip yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam masyarakat.

Warna coklat dalam seragam pramuka dapat menggambarkan kemerdekaan dan kesederhanaan, seragam pramuka yang berwarna cokelat mengandung sejuta makna dan nilai selain dari beberapa nilai yang sudah kita bahas. Warna coklat juga dapat menggambarkan bahwa kita menghormati jasa para pejuang kemerdekaan, memperkuat semangat pramuka, menyatu dengan alam, serta meneguhkan prinsip-prinsip kesederhanaan dan adaptasi.

Berita Lainnya