Hari Pramuka Sedunia Diperingati Setiap 22 Februari, Simak Fakta Lengkapnya!

Kawula Muda, lo menikmati kegiatan Pramuka di sekolah, enggak?

Ilustrasi Pramuka. Hari Pramuka Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Februari (UNSPLASH)
Wed, 22 Feb 2023

Kawula Muda, selamat Hari Pramuka, ya. Pramuka atau singkatan dari Praja Muda Karana merupakan nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Pramuka sendiri berarti jiwa muda yang suka berkarya. Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 22 Februari di seluruh dunia.

Sebagai salah satu pendidikan nonformal yang wajib diikuti seluruh siswa di sekolah, Pramuka memiliki banyak manfaat untuk kehidupan lo, Kawula Muda.

Hari Pramuka dirayakan sebagai bentuk penghormatan kepada Bapak Pramuka Dunia, yakni Robert Baden Powell yang lahir pada tanggal 22 Februari 1857 dan mendirikan gerakan Pramuka pada awal tahun 1900-an.

Sejarah Pramuka

Bapak Pramuka Dunia, Robert Baden-Powell sebagai pendiri gerakan Pramuka pertama di dunia (THE FAMOUS PEOPLE)

Lord Baden Powell of Gilwell atau Robert Stephenson Smyth Baden Powell lebih dikenal dengan panggilan Baden Powell.

Baden Powell merupakan pendiri gerakan Pramuka pertama di dunia. Semasa perang Boer, Baden Powell bertugas sebagai staff dari pasukan Kerajaan Inggris dan mengalahkan bangsa Zulu di Afrika dengan mengambil kalung manik kayu milik raja Dinizulu.

Pengalamannya tersebut kemudian ia tulis menjadi sebuah buku dengan judul Aids for Scouting yang awalnya digunakan sebagai petunjuk kepada tentara Inggris agar dapat melakukan tugas penyelidik dengan baik. 

Buku tersebut memuat cara menjelajahi hutan, mengenali buah-buahan yang dapat dimakan, air yang boleh diminum, mengetahui arah mata angin tanpa melihat arah matahari karena rimbunnya hutan, dan sebagainya yang ia dapat dari alam atau tokoh masyarakat yang dilalui.

Kemudian, ajaran Baden Powell ini berkembang yang membuat organisasi kepanduan atau Pramuka untuk anak laki-laki berusia penggalang yang disebut Boys Scout berdiri. Hal ini juga disusul berdirinya organisasi kepanduan putri yang diberi nama Girl Guides yang dibantu oleh adik perempuan Baden Powell dan istrinya melalui buku panduan Handbook Girl Guides.

Melansir Pikiran Rakyat, pada tahun 1929, Baden Powell mendapat gelar kehormatan ‘Lord’ dan namanya menjadi Lord Baden Powell of Gilwell dengan julukan Baron, gelar tersebut diberikan oleh Raja George V.

Pada tahun 1920 para pandu sedunia berkumpul di Olympia Hall, London, Inggris dalam acara Jambore Pramuka Dunia yang pertama. Ketika hari terakhir kegiatan jambore tanggal 6 Agustus 1920,  Dewan Internasional Pramuka terbentuk dengan 9 orang anggota dan Biro Sekretariatnya berada di London Inggris.

Setelah berkeliling dunia termasuk berkunjung ke Batavia yang saat ini disebut Jakarta, pada tanggal 3 Desember 1934, Baden Powell membentuk Rover Scout (Pramuka usia Penegak) untuk menampung mereka yang sudah lewat usia 17 tahun.

Baden Powell kemudian diangkat sebagai Chief Scout of The World. 

Hari Pramuka Sedunia

Hari Pramuka dirayakan untuk menegaskan nilai-nilai Pramuka yang sudah berusia lebih dari satu abad (UNSPLASH)

Hari Pramuka Sedunia yang dirayakan pada tanggal 22 Februari setiap tahun oleh semua organisasi Pramuka di seluruh dunia dirayakan untuk menegaskan nilai-nilai Pramuka yang sudah berusia lebih dari satu abad ini, Kawula Muda.

Di era perkembangan yang cepat saat ini, Hari Pramuka diperingati untuk semangat kepanduan yang bertujuan untuk pengembangan fisik, mental, dan spiritual para pemuda.

Meski begitu, masih ada negara yang tidak mengadaptasi pembelajaran Pramuka, loh. Beberapa negara tanpa organisasi kepanduan yang satu ini di antaranya Korea Utara, Laos, Andorra, Burma, dan Kuba.

Tidak hanya itu, Organisasi Kepanduan Dunia juga masih menunggu status lainnya dari negara-negara, seperti Sahara Barat, Vatikan, Tiongkok dan Antartika.

Untuk memeriahkan Hari Pramuka sedunia, jangan lupa menggunakan twibbon Hari Pramuka yang jatuh tepat di hari ini, ya! Lo bisa mengunduh twibbon Hari Pramuka di sini.

Kawula Muda, tetap kobarkan semangat Hari Pramuka setiap harinya, ya!

Berita Lainnya