Apa Arti Istilah Pick Me Girl yang Viral serta Ciri-cirinya

jangan jadi pick me girl ya, Kawula Muda

Ilustrasi perempuan yang kuat dan ceria (UNSPLASH/ANTONINO VISALLI)
Tue, 30 May 2023

Bahasa terus berkembang setiap harinya. Tak hanya bahasa yang resmi masuk ke dalam kamus, bahasa gaul juga semakin banyak ditemui di tongkrongan apalagi media sosial. Salah satunya yang belakangan ini viral adalah istilah Pick Me Girl.

Pick me girl adalah istilah bagi seorang wanita yang memiliki keinginan atau memaksakan diri untuk diterima di suatu kelompok sosial.

Keinginan dari pick me girl ini yang membuatnya secara sadar maupun tidak, akan melakukan apapun agar bisa diterima dalam kelompok sosial yang diinginkannya.

Tak jarang, apa yang dilakukannya malah jadi kelewat batas dan terkesan 'memaksakan diri'.

Walau julukan pick me girl ini memang untuk wanita, tapi tak menutup kemungkinan terdapat pria yang melakukan hal-hal di atas dengan sebutan pick me boy.

Ilustrasi Pick Me Girl (Avi Richard/Unsplash)

 

Apa Itu Pick Me Girl?

Pick me girl biasanya mengidentifikasikan diri mereka sebagai orang yang 'berbeda' dengan cara merendahkan diri dari orang lain yang ia anggap perilaku tersebut terlalu 'umum' dilakukan. 

Selain merendah, mereka juga bisa meninggi dan menyombongkan dirinya, lagi-lagi hanya untuk terlihat 'berbeda' dari orang lain. Tak jarang juga pick me girl mengubah gaya hidupnya hanya demi terlihat lain dari yang lain.

Dalam Bahasa Inggris Slang, pick me girl dikatakan sebagai wanita yang menegaskan dirinya tak seperti kebanyakan wanita lain untuk mendapatkan perhatian dan validasi dari laki-laki.

Alasan Seseorang jadi Pick Me Girl?

Dilansir dari Modern Intimacy, pick me girl hadir dari internalized misogyny atau yang bisa diartikan sebagai konser misoginis dalam masyarakat di mana seorang wanita menistakan gender mereka sendiri, ada kalanya wanita ini tak sadar apa yang diperbuat karena sulit untuk mengidentifikasikan dirinya jika tumbuh di lingkungan kuat akan patriarki dengan sudut pandang pemikiran laki-laki. Maka dari itu, pick me girl merasa harus tampil beda demi diterima di masyarakat terutama laki-laki.

Ciri-ciri Pick Me Girl?

Pick me girl memiliki ciri-ciri yang bisa terlihat dengan cukup jelas karena sikap 'beda' mereka cukup menonjol di kelompok sosial.

Ciri-ciri pick me girl antara lain sebagai berikut:

1. Tak suka memakai make up

Mungkin menggunakan make up bagi sebagian orang memang hal yang rumit sampai akhirnya memutuskan untuk tidak menggunakannya. Tak apa jika seseorang tidak menggunakan make up, namun, seorang pick me girl akan memamerkan dirinya tanpa riasan wajah dan membandingkannya dengan wanita lainnya yang menggunakan riasan wajah. Padahal, merias wajah atau tidak adalah pilihan dari masing-masing orang, ya, Kawula Muda.

2. Tampil Beda

Berani tampil beda memang baik adanya, Kawula Muda. Namun, 'memaksa' untuk tampil beda dan tak menjadi diri sendiri itu yang salah. Pick me girl sering kali mengubah cara jalan mereka, cara berbicara, cara makan, cara berpakaian hingga semudah cara duduk hanya untuk tampil beda.

3. Merendahkan Wanita Lain

Salah satu yang membuat pick me girl bukan sifat yang patut ditiru adalah, mereka bisa merendahkan wanita lain di depan umum. Caranya lagi-lagi dengan membandingkan wanita tersebut dengan dirinya yang ia rasa lebih 'tinggi' dari wanita lain, atau merendahkan dirinya dari wanita lain agar orang menilai si pick me girl adalah orang yang 'rendah diri'.

4. Sering Main dengan Laki-laki

Nongkrong dengan laki-laki bukan hal yang salah. Sudah banyak pula pertemanan yang dijalin laki-laki dan perempuan. Tetapi pick me girl sering kali tak mau bergaul dengan wanita hanya karena takut tak dianggap oleh laki-laki dan tak jarang ia bicara hal buruk tentang wanita lain kepada laki-laki teman mainnya tersebut.

Itulah penjelasan tentang pick me girl, Kawula Muda. Yuk, kita sama-sama hormati martabat orang lain dan tidak saling merendahkan. 

Berita Lainnya