Apa Arti Crush, Friendzone, Gaslighting sampai Love Bombing dalam Hubungan Asmara?

Hayooo, Kawula Muda lagi di posisi yang mana, nih?

Apa arti istilah dalam hubungan percintaan seperti crush, friendzone, sampai love bombing (UNSPLASH)
Sun, 07 May 2023

Dalam pergaulan sehari-sehari, ada beberapa istilah dalam hubungan percintaan yang semakin viral, misalnya crush, friendzone, gaslighting sampai love bombing.

Namun, Kawula Muda tahu enggak sih arti dari istilah yang sering disebut dalam hubungan masa kini?

Istilah-istilah tersebut digunakan untuk menjelaskan sikap yang dilakukan seseorang ketika tengah menjalin hubungan asmara. Makanya, tidak heran jika banyak istilah kekinian yang hadir untuk mewakili kisah cinta yang cukup rumit.

Berikut adalah istilah dalam hubungan mulai dari arti crush, friendzone, gaslighting hingga love bombing, melansir dari beberapa sumber.

1. Crush

Apa arti istilah dalam hubungan percintaan seperti crush, friendzone, sampai love boombing (UNSPLASH)

Pertama adalah arti dari crush. Crush artinya dalam bahasa gaul memang berbeda dari bahasa Inggris yang sebenarnya. Kalau bahasa Inggris, crush artinya hancur, rusak, atau menghancurkan.

Namun, dalam bahasa gaul hubungan, crush merujuk pada orang yang disuka atau disebut sebagai gebetan.

Crush artinya perasaan sementara dan mungkin saja perasaan itu hilang dalam waktu yang cepat. Namanya juga perasaan untuk gebetan.

2. Friendzone

Apa arti istilah dalam hubungan percintaan seperti crush, friendzone, sampai love boombing (UNSPLASH)

Selanjutnya adalah friendzone, yang pasti sudah enggak asing lagi sama Kawula Muda, bukan? Friendzone menggambarkan kondisi pertemanan antara pria dan wanita yang mana salah satu di antaranya memiliki ketertarikan lebih dari sekedar teman. 

Kondisi ini memang tidak bisa dibilang enak, loh. Sebab beberapa orang mengurungkan niatnya untuk mengungkapkan perasaannya karena takut akan kehilangan teman atau sahabat terdekatnya.

3. Love Bombing

Apa arti istilah dalam hubungan percintaan seperti crush, friendzone, sampai love boombing (UNSPLASH)

Istilah gaul dalam hubungan lainnya adalah love bombing, yang disebut paling menakutkan saat berkencan. Tanda love bombing memberikan perhatian, kekaguman, dan kasih sayang yang berlebihan dengan tujuan memanipulasi hubungan. 

Kalau korbannya sudah masuk ke dalam perangkap manipulasi, perhatian-perhatian tadi hilang seketika, Kawula Muda. Semoga lo yang punya pasangan penuh perhatian dan kasih sayang, love bombing-nya enggak hilang-hilang ya.

4. Backburner

Apa arti istilah dalam hubungan percintaan seperti crush, friendzone, sampai love boombing (UNSPLASH)

Ada yang baru dengar istilah ini? Backburner dalam sebuah hubungan adalah jika pasangan lo tengah menjalin hubungan juga dengan orang kedua, ketiga, bahkan keempat hanya sekadar untuk mengobrol setiap hari.

Backburner juga disebut sebagai pacar cadangan dengan tujuan menemukan peluang pasangan yang benar-benar sesuai dan potensial seperti yang ia inginkan.

Hubungan backburner juga dapat membuat pasangan merasa bingung atau sedih dan bertanya-tanya mengapa pasangan mereka tidak mengutamakannya.

5. Orbiting

Apa arti istilah dalam hubungan percintaan seperti crush, friendzone, sampai love boombing (UNSPLASH)

Terakhir, ada istilah orbiting dalam hubungan. Orbiting di sini diartikan ketika seseorang tak lagi berhubungan dengan kita, tapi dia ternyata masih sering berkomunikasi dengan kita lewat media sosial.

Walau sudah memutus kontak, dia masih sering muncul dan tidak jauh dari sekeliling lo, Kawula Muda. Biasanya dengan alasan entah bosan atau ingin menghilang dalam beberapa waktu saja.

Hanya saja, sikap orbiting seperti ini bisa membuat sakit hati karena menghilang tanpa alasan, namun kerap muncul dan menghubungi lewat media sosial ketika mereka butuh.

6. Gaslighting

Gaslighting adalah perilaku memanipulasi emosi seseorang yang bentuknya berupa penyiksaan mental (psikologis) yang terjadi dalam hubungan. Pelaku akan merusak kepercayaan diri dari pasangannya, sampai pasangannya jadi bertanya-tanya apa yang salah dari dirinya? Apa yang kurang? Sampai apa yang ia lewatkan? 

Tak jarang korban yang terpapar gaslighting akan mulai menyalahkan dirinya karena kehilangan kepercayaan atas dirinya sendiri.

Padahal, hubungan asmara tersebut dilandasi oleh dua orang, bukan sendirian. Jadi, coba kelola emosi kalian berdua dan temukan jalan keluarnya bersama jika ada masalah, ya, Kawula Muda.

Itu dia beberapa istilah dari apa arti crush, friendzone, love bombing, dan lainnya. Kawula Muda lagi di posisi yang mana nih dalam hubungan?

Berita Lainnya