Apa Itu Split Bill dan Cara Penerapannya Supaya Terhindar dari Perdebatan saat Kencan

Selalu aja ramai jadi bahan diskusi!

Ilustrasi split bill. Pengertian split bill yang kerap jadi perdebatan (UNSPLASH)
Fri, 04 Aug 2023

Split bill masih menjadi bahan perdebatan yang cukup hangat hingga saat ini. Sebut saja di media sosial Twitter, perbincangan mengenai split bill atau membagi pembayaran tagihan bersama seolah tidak menemukan ujung diskusi.

Terutama saat pergi bersama dengan teman atau kencan pertama, split bill kerap menjadi perdebatan. Sebab, istilah split bill biasa digunakan saat suatu rombongan atau dua orang dalam kencan makan bersama namun meminta tagihannya untuk dipisah, patungan, atau bayar sendiri-sendiri.

Split bill adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti membagi tagihan.

Ilustrasi membayar tagihan. Apa itu split bill yang disebut bisa merusak pertemanan? (UNSPLASH)

Tidak hanya split bill, saat ini juga ada istilah split payment. Split payment sendiri adalah menggunakan sejumlah metode pembayaran untuk menyelesaikan seluruh biaya dari satu transaksi.

Misalnya, seseorang yang menggunakan dua kartu kredit berbeda untuk membayar satu tagihan menjadi contoh dari split payment.

Agar tidak menjadi perdebatan dan merusak hubungan pertemanan serta percintaan, bagaimana etika split bill yang seharusnya?

Etika Cara Penerapan Split Bill yang Benar Agar Tidak Jadi Perdebatan

Apa itu split bill atau membayar tagihan bersama? (UNSPLASH)

Melansir The Economics Times dan berbagai sumber, berikut beberapa tips dan etika agar split bill tidak menjadi permasalahan.

1. Capai Kesepakatan

Hal pertama yang paling penting dalam split bill adalah mencapai kesepakatan bersama. Buatlah kesepakatan di awal mengenai pembayaran tagihan. Hal ini akan lebih baik jika sebelum memesan lo sudah berdiskusi dengan rekan atau pasangan lo, Kawula Muda.

Tidak hanya itu, untuk menghindari keributan dan juga perasaan tidak enak satu sama lain, buatlah kesepakatan apakah makanan yang lo pesan dimakan sendiri-sendiri dengan tagihan masing-masing individu atau dimakan bersama dengan total tagihan dibagi rata.

2. Komunikasi Adalah Kunci

Kunci dari split bill tanpa perdebatan adalah komunikasi. Jika ada rekan yang baru bergabung dalam grup, jelaskan aturan yang sudah disepakati kepadanya.

Tidak hanya itu, berterus terang sejak awal juga menjadi kunci loh, Kawula Muda.

3. Tanyakan Tagihan

Saat ini, terdapat beberapa metode yang akan memudahkan pembayaran split bill. Tidak jarang, banyak restoran yang juga menyediakan fitur split bill atau split payment meski pesanan berasal dari satu meja yang sama.

Jika seseorang yang harus membayar tagihan, pastikan untuk membayar tagihan masing-masing ya, Kawula Muda.

Jangan sampai menunda atau bahkan ditagih!

4. Jika dibayarkan, Tetap Tanya dan Bergantian

Jika Kawula Muda pergi dengan atasan atau seseorang yang melunasi seluruh tagihan. Tidak menjadi masalah jika Kawula Muda tetap bertanya mengenai tagihan yang harus dibayarkan, apa lagi jika sejak awal tidak ada bahasan tentang traktir.

Jika memang sudah dilunasi, Kawula Muda bisa memilih untuk berganti membayar tagihan di lain kesempatan. Meski tidak wajib dan tak harus menjadi beban, hal ini termasuk etika, loh!

Split bill kerap menjadi perdebatan terutama dalam kencan sebab budaya yang kuat di masa lalu seolah menyudutkan pria yang harus membayar semua tagihan.

Saat ini, seiring perkembangan zaman, banyaknya pandangan membuat split bill kerap menjadi permasalahan. Pasalnya, ada beberapa orang yang mengira akan ‘dibayarkan’ saat kencan, ada juga yang ingin membayar sendiri.

Meski begitu, komunikasi menjadi kunci utama dalam masalah keuangan, bahkan untuk masalah tagihan sekecil apa pun.

Untuk itu, bicarakan dengan jujur kebutuhan dan juga pandangan masing-masing sehingga perdebatan yang tidak perlu pun tak terjadi.

Berita Lainnya