Materi Ujian Praktik SIM C Angka 8 dan Zig-Zag Resmi Dihapus

Apa saja perubahan dari penghapusan rintangan angka 8 dan zig-zag? simak penjelasannya!

Ilustrasi ujian Surat Izin Mengemudi (DETIK/RIFKIANTO NUGROHO)
Thu, 03 Aug 2023

Kawula Muda, Materi ujian praktik SIM C sepeda motor, yaitu angka 8 dan zig-zag resmi dihapus oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Porli.

Sebelumnya, ujian praktik pada lintasan angka 8 dan zig-zag dinilai menyusahkan banyak calon pembuat SIM. Para pengaju SIM C mengeluhkan lintasan tersebut yang membuat gagal dan juga dinilai tidak sesuai dengan lintasan yang ada di jalan raya sebenarnya.

Dilansir dari CNN Indonesia, Kombes Latif Usman selaku Dirlantas Polda Metro Jaya mengungkapkan kebijakan baru mengenai penghapusan rintangan angka 8 dan zig-zag di ujian praktik SIM C yang akan diberlakukan mulai Jumat, 4 Agustus 2023.

Latif mengatakan, “Besok pagi pelaksanaannya sudah dimulai. Besok pagi khusus di Daan Mogot sudah kita mulai beberapa di Polres Tangerang Kota, Tangerang Kabupaten, Tangerang Selatan, Depok, Bekasi Kota sudah dilaksanakan juga.”

Selain itu, Latif mengungkapkan kebijakan baru ini merupakan tindak lanjut dari perintah Sigit Prabowo selaku Jenderal Kapolri, kemudian perintahnya itu disampaikan oleh Irjen Firman Shantyabudi selaku Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri ke dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta pada Rabu, (05/07/2023) lalu.

“Iya tindak lanjut perintah Kapolri. Dari Korlantas sudah mengeluarkan petunjuk ujian SIM terbaru,” ungkap Latif.

Perubahan Materi Ujian Praktik dalam Proses Pembuatan SIM, perubahan bentuk menjadi Sirkuit (INSTAGRAM/tmcpoldametro)

 

Latif juga menjelaskan materi praktik ujian SIM C itu diubah untuk memudahkan masyarakat, dari pada materi sebelumnya yang dianggap menyusahkan.

“Intinya ada beberapa dianggap sulit sehingga tetapi tidak kurangi keselamatan dan keahliannya. Yang tadi angka 8 diganti huruf S jadi manuver ke kanan, manuver ke kiri sudah terakomodir di situ,” ucap Latif.

Simak perubahan materi ujian praktik SIM C, sebagai berikut.

1. Perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir 4 (empat) materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi tes zig-zag atau tes slalom (adu kecepatan melewati lintasan yang diatur dengan menggunakan cone berwarna merah dan hijau dan berpatokan dengan waktu).

2. Uji membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk huruf S.

3. Untuk ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

Kawula Muda, materi ujian praktik SIM C, angka 8 dan zig-zag resmi dihapus dan diubah pada Jumat (04/08/2023) itu, lo sudah siap dengan ujian perubahan tersebut, Kawula Muda?

Berita Lainnya