Bagaimana Fenomena Kesurupan Menurut Medis?

Kawula Muda ada yang pernah Kesurupan?

Ilustrasi kesurupan (iStockphoto/francescoch)
Wed, 18 May 2022

Kesurupan kerap kali dikaitkan dengan fenomena gaib atau hal yang mistis. Sebagian masyarakat percaya bahwa kesurupan diakibatkan karena makhluk gaib yang mencoba masuk ke dalam tubuh manusia. Lantas bagaimana kesurupan menurut kacamata medis?

Menanggapi fenomena kesurupan, dalam dunia medis ini bukan barang baru. Kesurupan sudah dipelajari oleh medis sejak lama.

Dalam dunia medis kesurupan dikenal sebagai dissociative trance disorder (DTD). Kesurupan menurut medis dianggap sebagai salah satu gangguan mental.

Badan kesehatan dunia atau WHO menyebutkan bahwa possession trance disorder merupakan sebuah gangguan yang terjadi saat seseorang kehilangan kesadaran akan lingkungannya secara sementara.

Ilustrasi kesehatan mental. (PIXABAY)

Meski telah dianggap sebagai gangguan mental, hingga saat ini possession trance disorder belum diketahui penyebab pastinya.

Selain itu, kesurupan juga bisa dikaitkan dengan sisi neurosains. Dalam hal ini kesurupan sepenuhnya merupakan sebuah akibat dari aktivitas otak yang menyangkut emosi, memori, dan motorik.

Kesurupan dengan kondisi menjadi hewan atau berbahasa asing biasanya berasal dari ingatan orang tersebut tentang hewan atau bahasa asing yang pernah dipelajari.

Meski begitu, fenomena kesurupan yang dikaitkan dengan gangguan mental masih dikaji dan diteliti hingga saat ini.

Berita Lainnya