Bahaya Jajanan 'Ice Smoke', Bisa Menyebabkan Luka Bakar ketika Dimakan

Kawula Muda, harus lebih hati-hati lagi ya pilih jajanan

Jajanan Ice Smoke (iStockphoto/energyy)
Thu, 14 Jul 2022


Seorang bocah berusia lima tahun di Ponorogo, Jawa Timur mengalami insiden mengerikan. Bocah tersebut terbakar api setelah membeli jajanan Ice Smoke, Selasa (12/07/222). Ia mengalami luka bakar yang serius akibat insiden itu, sehingga harus dirujuk ke RSU Muslimat Ponorogo.

Ice Smoke sendiri adalah salah satu jajanan yang sering dijumpai di pinggir jalan, Ice Smoke kerap menarik pembeli karena bisa mengeluarkan banyak asap, jajanan tersebut merupakan hasil dari olahan dengan nitrogen cair. Ternyata jajanan ini terbilang bahaya loh, Kawula Muda.

Jajanan Ice Smoke (Devi S. Lestari/detikfood)

Dilansir dari DetikJatim, Kepala Departemen Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof Fredy Kurniawan menjelaskan, bahwa mengonsumsi makanan yang diolah dengan nitrogen cair sangat berbahaya.

Menurut Fredy, Nitrogen cair (N2) di dalam Ice Smoke bisa berbahaya jika tidak diolah dengan cara yang kurang tepat, apalagi jajanan tersebut nantinya akan menyentuh bagian tubuh manusia, termasuk mulut, tenggorokan, bahkan perut.

"Luka bakar serius (menjadi risiko paling bahaya). Ini benar-benar tidak boleh sampai tersentuh. Efek lain ketika nitrogen menguap yakni akan mengusir oksigen," ujarnya kepada detikJatim, Rabu (13/7/2022).

Kendati demikian, Fredy juga mengakui rujukan penggunaan nitrogen cair untuk kuliner dalam buku yang dikarang Agnes Bertha Marshall yang terbit pada tahun 1900-an.

Berdasarkan buku itu, kata Fredy, N2 cair dipakai untuk mendinginkan adonan dengan sangat tiba-tiba sehingga muncul air kristal yang bertekstur lembut. Sehingga membuat olahan itu aman dimakan jika seluruh nitrogen sudah menguap.

Tetapi Fredy meragukan jika jajanan Ice Smoke tersebut menggunakan jumlah N2 yang sesuai.

"Anda bayangkan kalau penjual itu tidak tahu, ditambahkan dalam jumlah agak banyak. Ada yang menguap, ada yang masih liquid. Yang liquid bisa masuk mulut dan menyebabkan terbakar mulutnya," tambahnya.

Fredy juga membantah terkait kemunculan api dalam jajanan Ice Smoke tersebut.

"Rasanya ndak mungkin ada api. Liquid nitrogen cenderung mendekati pure. Ditanya lagi bener keluar api? Saya pastikan tidak akan sempat lihat api. Kalau mau nyoba kami ada nitrogen cair," ungkapnya.

Kendati kecil kemungkinan N2 menghasilkan api, tentu sangat berbahaya jika kadar N2 yang berlebihan tersentuh langsung dengan tubuh Manusia. Akan ada sensasi terbakar karena terlalu dinginnya zat tersebut atau istilahnya cold burns.

Berita Lainnya