Baru Lahir Bisa Berumur 2 Tahun, Ini Cara Perhitungan Umur Unik di Korea Selatan!

Mana metode umur favorit lo, Kawula Muda?

Ilustrasi ulang tahun (UNSPLASH/Stephanie McCabe)
Fri, 22 Apr 2022


Jika secara nalar masyarakat Indonesia seorang bayi yang baru lahir baru berusia 0 tahun, tampaknya hal itu berbeda di Korea Selatan. 

Terdapat beberapa tradisi unik terkait umur yang berlaku di Korea Selatan. Sebut saja seorang bayi yang baru lahir telah dianggap berusia satu tahun. Hal itu disebabkan sembilan bulan di masa kandungan telah dianggap sebagai satu tahun pertama bayi tersebut.

via GIPHY

Hal lain yang cukup unik dari Korea Selatan adalah sistem penambahan umur. Di Indonesia, seseorang akan bertambah satu umur di hari ulang tahunnya. Namun, hal tersebut berbeda di Korea Selatan, Kawula Muda! Semua orang tanpa terkecuali akan bertambah satu tahun bertepatan pada saat tahun baru dimulai! 

Dengan begitu, mungkin-mungkin saja apabila seorang bayi yang baru lahir sudah berusia dua tahun. Misalnya bayi tersebut lahir di tanggal 31 Desember sehingga telah berusia satu tahun. Kemudian esok harinya bayi tersebut telah dianggap berusia dua tahun karena sudah tahun baru. 

Selain ‘metode’ tersebut, sebenarnya ada dua metode cara perhitungan umur lainnya yang juga berlaku di Korea Selatan. Salah satunya adalah metode ‘normal’ yang menganggap bayi berusia 0 tahun dan menghitung penambahan umur di hari ulang tahun orang tersebut. 

Kemudian, metode terakhir yang sebenarnya mirip-mirip dengan metode pertama, Kawula Muda! Perbedaannya adalah seorang bayi yang baru lahir dianggap berusia 0 tahun. Namun, seluruh warga Korea Selatan tetap bertambah satu umur secara serempak saat tahun baru. 

Sementara itu, konsep penambahan umur yang membingungkan tersebut sebenarnya tengah dalam proses perbaikan. Presiden terpilih Korea Selatan, Yoon Suk-yeol tengah mencoba untuk menghapus ‘tradisi umur’ tersebut, terutama untuk metode pertama karena dianggap membingungkan. 

Misalnya saja umur salah satu personil band K-Pop BTS, Kim Tae-hyung alias V. Ia diketahui lahir pada 30 Desember 1995. Karena itu, menurut metode pertama ia telah berusia 28 tahun; metode kedua baru berusia 26 tahun; dan metode ketiga telah berusia 27 tahun. Bingung kan, Kawula Muda?

Berita Lainnya