Berapa Gaji yang Diterima Prajurit Wajib Militer di Korea Selatan?

Para idol K-Pop yang wamil gajinya lebih besar atau lebih sedikit ya?

Wajib Militer (GETTY IMAGE)
Mon, 07 Aug 2023

Kawula Muda, lo pasti tidak asing lagi dengan kegiatan wajib militer (wamil) yang dilakukan oleh warga Korea Selatan, terlebih para idol kesayangan K-Popers juga turut melaksanakan kegiatan tersebut, Kawula Muda.

Dilansir dari CNN Indonesia, salah satu personel BTS yaitu Suga (Min Yoon-Gi) dilaporkan segera mengikuti wajib militernya dan telah dikonfirmasi langsung oleh Big Hit Music, yang dirilis dalam Weverse pada Senin, (07/08/2023). 

Selain itu, Big Hit juga akan memastikan informasi terkait pendaftaran wajib militer yang akan diumumkan lebih lanjut dalam beberapa waktu ke depan.

Agensi BIG HIT LABELS umumkan SUGA BTS telah mendaftar untuk wajib milliter (SOOMPI)

 

Namun, apakah lo pernah memikirkan berapa banyak gaji yang diterima oleh warga Korea Selatan ketika menjalankan wajib militer?

Dilansir dari KBS WORLD INDONESIA, warga Korea Selatan yang sedang menjalankan wajib militernya, mampu menerima gaji bulanannya sebesar satu juta won atau setara Rp 11,6 juta.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan pada Kamis (05/01/2023) juga telah mengatakan beberapa hal utama yang direvisi mulai tahun ini bahwa gaji bulanan prajurit akan dinaikkan sebesar 48 persen dibandingkan tahun lalu, 676 ribu won atau setara Rp 7,8 juta.

Namun, diketahui Kementerian akan merencanakan kenaikan gaji prajurit hingga tahun 2025, sebesar 1,5 juta won atau setara Rp 17,4 juta.

Nam Dareum (INSTAGRAM/namdareum_mom)

 

Diketahui, para pekerja wamil akan ditempatkan di kamar yang hanya ditempati oleh dua hingga empat orang prajurit dan dilengkapi dengan toilet.

Ada pula rencana Kementerian terkait yang akan menaikkan upah pasukan cadangan yang sudah berpartisipasi dalam pelatihan mobilisasi dari 62 ribu won atau sekitar Rp 720 ribu, akan naik sebesar 30 persen menjadi 82 ribu won atau setara Rp 953 ribu.

Itulah Kawula Muda, gaji prajurit wajib militer di Korea Selatan. Gajinya tentu berbanding terbalik dengan gaji sebagai idol K-pop ya.

Berita Lainnya