Biaya Pacaran di Jakarta Bisa Habiskan Setengah Juta Sehari?

Kawula Muda kalo pacaran, dalam sehari bisa ngabisin berapa duit sih?

Ilustrasi pacaran (Freepik)
Sun, 03 Jul 2022

Bagi sebagian orang, hidup di Jakarta merupakan suatu kebanggaan. Hal ini bisa dianggap maklum sebab Jakarta dianggap sebagai pusat Indonesia. Selain itu, di Jakarta begitu banyak sarana hiburan yang bisa dikunjungi, cafe-cafe semakin banyak bermunculan seakan ingin memanjakan anak muda di Jakarta.

Anak muda di Jakarta tidak akan kehabisan sarana hiburan, atau bahkan tidak akan bingung saat menentukan tempat untuk jalan sama pacar, sebab di kota ini begitu banyak tempat hiburan atau sekedar tempat-tempat nongkrong, seperti misalnya mall, cafe hingga event-event menarik yang hampir setiap minggu tersedia di ibu kota.

Banyaknya pilihan tempat untuk sekedar jalan dengan sang pacar kemudian menimbulkan pertanyaan, berapa sih biaya pacaran di Jakarta?

Berapa Biaya Pacaran di Jakarta?

Olip, seorang karyawati yang bekerja di sebuah kantor di bilangan Jakarta Selatan mengaku bisa menghabiskan kurang lebih sekitar Rp 500 ribu untuk satu hari jalan dengan sang pacar.

“Kalo jalannya masih di dalam kota sih bisa ngabisin rata-rata 400-500 ribu buat berdua dalam sehari,” ujarnya saat diwawancarai tim Prambors.

Dalam satu hari itu, ia dan pacarnya biasa pergi ke mall, untuk sekedar nonton bioskop atau minum kopi. Olip juga menambahkan biaya pacaran yang telah ia sebutkan sudah termasuk ongkos bensin dan bayar tol.

“Iya itu budget buat nonton makan sama ngopi, sama ongkos bensin dan bayar tol juga,” imbuhnya.

Lain hal dengan Olip, Aldi (nama samaran) yang juga seorang karyawan swasta di Jakarta mengaku bahwa dirinya hanya menghabiskan biaya sebesar Rp 100 ribu hanya untuk sekali jalan dengan pasangannya.

“Ga nyampe cepe sih kalo cuma sekali jalan. Gue cuma nongkrong doang di coffee shop soalnya tiap jalan. Tapi tergantung sikon sih,” jawab Aldi.

Ilustrasi pacaran (Freepik)

Disela-sela kesibukannya bekerja, Ike masih menyempatkan diri untuk bertemu dengan pacarnya minimal seminggu sekali. Ike mengaku tidak banyak menghabiskan uang saat bertemu pacarnya, ia juga mengatakan bahwa pertemuan dengan pacarnya hanya sekedar makan-makan saja.

“Kalo aku sih paling makan aja mas, jarang banget nonton di bioskop gitu. Itu pun cuma makan di pinggir jalan, kaya makan sate taichan di Senayan gitu. Jadi paling ngabisin uang 100 ribu,” ungkapnya.

Sebagai seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Jakarta, Putra dan pacarnya sama seperti sebagian pasangan muda-mudi lainnya saat bertemu dengan pacar, makan dan ngopi. Putra bisa menghabiskan biaya 150-400 ribu rupiah buat berdua, tergantung kondisi.

“Sekiranya sih bisa ngabisin 150-200an kak kalo buat makan sama ngopi,” ucap Putra

“Tapi kalo sama nonton, bisa ngabisin sekitar 400 ribu buat jaga-jaga juga kalo kurang,” imbuhnya.

Cerita-cerita Olip, Aldi, Ike hingga Putra mungkin bisa menjadi gambaran mengenai berapa biaya pacaran di Jakarta. 

Nah Kawula Muda sendiri biasa habiskan berapa rupiah tiap jalan sama pacar?

Berita Lainnya