Buat yang Masih Bingung, Ini Bedanya Hotel, Motel, Hostel, dan Losmen!

Kawula Muda, ada penginapan yang cocok buat backpakers!

Naumi Hotel Singapore (Planerofhotel)
Fri, 09 Sep 2022


Siapa yang masih bingung kalau liburan mau menginap di mana? Karena selain masalah harga, lokasi dan selera orang dalam memilih tempat menginap bisa berbeda-beda. Ada beberapa jenis penginapan yang ditawarkan oleh penyedia jasa, mulai dari hotel, hostel, motel, sampai losmen.

Sebenarnya, apa sih bedanya hotel, hostel, motel, dan losmen itu? Biar enggak bingung dan salah pilih, simak penjelasannya di bawah ini ya, Kawula Muda!

Hotel

Mengutip dari cnnindonesia.com, hotel adalah salah satu jenis penginapan yang paling umum. Hotel juga memiliki beragam tipe yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan budgetnya.

Mulai dari bintang satu yang harganya masih ramah di kantong dengan fasilitas standar, sampai dengan tipe bintang lima yang mewah. Bangunan hotel biasanya besar dan bertingkat dengan banyak kamar. Hotel juga memiliki staf yang terlatih secara professional. Para staf selalu siap jika para penyewa membutuhkan sesuatu.

Motel

Motel merupakan singkatan dari motor hotel. Sebutan ini dipakai karena lokasi motel biasanya lebih banyak di pinggir jalan. Bangunan motel biasanya hanya terdiri dari satu lantai. Motel lebih banyak menjadi tempat singgah untuk orang-orang yang sedang menempuh perjalanan jauh.

Biaya penginapan di motel lebih murah dari pada hotel. Biasanya, kamar motel memiliki kamar mandi pribadi, namun denan kualitas yang lebih rendah dari hotel. Motel biasanya tidak menyediakan layanan apapun.

Hostel

Hostel adalah penginapan sederhana di mana dalam satu ruangan terdapat dua atau lebih ranjang susun seperti di asrama. Tamu hostel tidak menyewa kamar melainkan tempat tidur.

Jadi, dalam satu kamar bisa saja tidur berbarengan dengan tamu lain. Menyewa penginapan di hostel lebih hemat dan murah, apalagi jika bepergian dengan teman-teman dan hanya membutuhkan tempat untuk tidur saja.

Fasilitas yang ditawarkan oleh hostel juga berbeda dengan hotel. Hostel lebih minim fasilitas bahkan terkadang tidak ada kamar mandi pribadi. Kamar mandi biasanya digunakan bersama-sama. Pihak hostel biasanya juga tidak menyediakan staf khusus untuk melayani keperluan penyewa.

Namun, hostel juga terdapat beberapa tipe mulai hostel murah, hostel sederhana, hostel butik, party hostel, hostel tradisional, lifestyle hostel, hingga hostel bintang 5. Hostel cocok buat yang ingin bertemu dan berkenalan dengan orang baru.

Losmen

Losmen menjadi pilihan penginapan low budget. Biasanya, losmen hanya terdiri dari ruangan kecil dan satu tempat tidur. Tidak ada AC ataupun TV di losmen, karena harga sewanya yang murah. Biasanya losmen banyak dipilih oleh backpacker yang hanya mengutamakan tempat untuk istirahat atau tidur.

Jadi, sudah enggak bingung lagi mau menginap di hotel, motel, hostel, ataupun losmen kan, Kawula Muda? 

Berita Lainnya