Cara Membaca Karakter Orang dari Akun Media Sosial, Lo yang Mana?

Ternyata, kita bisa tahu kepribadian seseorang dari sosial media, loh

Membaca karakter orang lewat sosial media (UNSPLASH)
Mon, 03 Apr 2023

Faktanya, untuk mengetahui kepribadian yang dimiliki seseorang, Kawula Muda bisa melihatnya melalui sosial media.

Membaca karakter seseorang dari sosial media psikolog dan peneliti sosial media dari Universitas Indonesia, Dr. Yunita Nisa, mengungkapkan jika sosial media dapat digunakan sebagai sarana penelitian kepribadian.

Menurut Yunita, hasil penelitian dengan menggunakan sarana media daring terhadap diri seseorang tidak berbeda jauh ketika orang tersebut mengisi self report. 

Misalnya orang yang suka mengekspresikan emosi dan ekspresi yang berlebihan atau dianggap sebagai neuroticism, cenderung sering curhat di sosmed,” ujar Yunita melansir laman resmi Universitas Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (03/04/2023), berikut adalah cara mengetahui kepribadian seseorang dari sosial media, yang mana kepribadian lo, Kawula Muda?

1. Menghubungi dengan pesan

Cara membaca kepribadian orang dapat dilihat dari cara seorang tersebut menghubungi orang lain, Kawula Muda.

Apakah lo suka melihat status ‘kirim pesan terlebih dahulu sebelum telepon’? Faktanya, seorang yang gemar menghubungi dengan pesan dibanding telepon cenderung punya sifat introvert atau tertutup.

2. Menghubungi dengan telepon

Membaca karakter orang lewat sosial media (UNSPLASH)

Sebaliknya, seorang yang menghubungi dengan telepon cenderung punya kepribadian ekstrover dan pandai bergaul, Kawula Muda.

3. Mengirim pesan panjang

Orang yang suka mengirim pesan panjang merupakan orang yang mampu bersikap sabar dan teliti, loh. Soalnya, orang yang mengirim pesan panjang merupakan orang yang detail.

4. Mengirim pesan pendek

Orang yang suka mengirim pesan dengan pendek atau terputus-putus memiliki sifat agresif dan suka hal-hal yang spontan. 

Kepribadian seorang yang mengirim pesan secara singkat biasanya kerap terburu-buru dan tidak terlalu peduli dengan hal kecil.

5. Menggunakan foto profil gambar lucu atau berhubungan dengan alam

Membaca karakter orang lewat sosial media (UNSPLASH)

Orang yang tidak menggunakan foto asli di media sosial seperti lebih suka memakai karakter film, foto pemandangan atau meme biasanya memiliki kepribadian introvert dan pemalu. 

Namun, berbeda dengan orang yang suka mengunggah foto selfie, Kawula Muda. Faktanya, beberapa dari mereka sebenarnya insecure terhadap diri sendiri sehingga butuh pengakuan dari orang lain bahwa mereka menarik.

6. Sering upload bersama pasangan

Kawula Muda, lo tim pamer unggahan foto bersama pasangan atau keep it private, nih? Ternyata, seorang yang sering upload foto atau kegiatannya bersama pasangan cenderung memiliki insecurity terhadap hubungan yang dijalaninya, loh. Foto yang diunggah merupakan validasi kalau mereka pasangan yang cocok dan bahagia.

7. Jarang mengunggah foto

Orang yang jarang mengunggah foto pribadi di media sosial memiliki sifat yang cenderung tertutup dan sederhana. 

Tidak hanya itu, biasanya kepribadian orang yang jarang mengunggah foto tidak neko-neko dan biasanya tidak punya keinginan untuk diakui oleh publik.

8. Sering membagikan masalah pribadi

Tidak hanya gemar mencari perhatian, seorang yang kerap membagikan masalah pribadinya di sosial media cenderung ingin diakui dengan menggunakan cara-cara tertentu dalam mencari perhatian orang lain.

9. Menggunakan caption simpel

Orang yang menggunakan caption sederhana atau singkat pada unggahannya adalah tipe orang yang memiliki kepribadian tertutup dan sulit ditebak. Biasanya, karakternya sangat pendiam dan misterius, Kawula Muda.

10. Gemar menggunakan emoji atau emoticon

Membaca karakter orang lewat sosial media (UNSPLASH)

Orang yang suka pakai emoji di akhir pesan atau di dalam pesan adalah jenis orang yang memiliki kepribadian suka mengekspresikan dirinya. Tidak hanya itu, sifatnya fleksibel serta tidak kaku.

11. Punya lebih dari satu akun sosial media

Orang yang memiliki lebih dari satu akun di media sosial yang sama biasanya suka memikirkan apa yang dikatakan orang lain, Kawula Muda. Tidak hanya itu, biasanya orang tersebut juga memiliki sifat ingin tahu yang cenderung besar.

Kira-kira dari karakter sosial media di atas, lo tipe orang yang seperti apa, Kawula Muda?

Berita Lainnya