Fakta-fakta Unik dan Menarik Tentang Kucing, Bisa Tidur sampai 20 Jam

Pencinta anabul harus tau tentang ini!

Fakta Unik dari Kucing (Prambors/Devani Amanda)
Thu, 27 Jul 2023

Kucing adalah makhluk dengan rupa lucu dan menggemaskan. Binatang ini identik memiliki bulu yang lebat. Selain lucu dan menggemaskan kucing juga dapat di jadikan teman loh Kawula Muda! 

Tak jarang masyarakat memilih untuk memelihara hewan menggemaskan ini di rumah.

Jadi salah satu binatang terbanyak yang dipelihara manusia, ternyata kucing memiliki banyak sekali fakta unik yang belum diketahui oleh khalayak banyak.

Di Indonesia sendiri penggemar kucing menyebut kucing sebagai anak bulu (anabul). Bagi lo penyuka anabul, berikut ini adalah fakta unik dan menarik tentang kucing yang sudah Prambors kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Kucing menghabiskan sekitar 70 persen waktunya dalam 1 hari dengan tidur

Kawula Muda, kalian sudah tahu belum, kucing menghabiskan banyak waktunya untuk tertidur. Kucing dapat tidur dalam sehari kurang lebih 13-16 jam loh. 

Bukan hanya itu saja, sebagian kucing bisa tertidur sampai 20 jam dalam sehari. Kucing memilih lebih banyak tidur karna ini adalah cara kucing untuk menyimpan energinya.

2. Telinga pada kucing dapat berputar sampai 180 derajat

Siapa yang baru tahu fakta tentang bahwa telinga kucing dapat berputar 180 derajat? Hal ini benar adanya karna kucing memiliki 32 jaringan otot yang membuat mereka bisa memutarkan telinganya sampai 180 derajat.

3. Kucing memiliki kemampuan emosional yang tinggi 

Hewan menggemaskan ini sangat sensitif dan peka terhadap perasaan emosional yang ada dalam diri manusia terutama para pemiliknya. 

Kucing dapat merasakan kebahagiaan, kesedihan, ketakutan, dan perasaan lainnya yang dirasakan oleh pemiliknya. 

Bisanya di saat pemiliknya sedih, anabul akan memberikan perilaku yang tidak biasanya seperti ingin menghibur, bahkan mengeluarkan sikap ingin melindungi pemiliknya.

4. Memiliki kemampuan night vision

Selain memiliki kemampuan emosional, kemampuan selanjutnya adalah night vision. Kemampuan ini berfungsi untuk memudahkan mata kucing melihat sekitar dengan jelas walaupun dalam keadaan gelap gulita. 

5. Kucing dapat menggunakan kumisnya sebagai radar navigasi

Kemampuan yang satu ini menarik bukan? Walaupun terlihat biasa saja, ternyata kumis kucing memiliki fungsi penting. Kumis kucing dapat menjadi radar navigasi saat kucing berada di tempat yang kurang pencahayaan. 

6. Kucing dapat berkeringat 

Hal ini jarang di ketahui oleh masyarakat atau bahkan pencinta anabul. Kucing memiliki kelenjar keringat pada bagian bawah kakinya atau biasa disebut paw. Ketika kucing di tempat bersuhu panas maka kukunya akan basah karna kucing mengeluarkan keringat. 

7. Kucing dapat melompat jauh

Kucing memiliki kemampuan luar biasa yaitu dapat melompat sangat jauh sekitar lima kali panjang badannya. Walaupun tidak semua kucing dapat melakukan hal itu karna tubuh yang gemuk atau kaki yang lebih pendek tetapi rata-rata kucing mampu melakukan hal ini. 

8. Kucing mimpi saat tertidur

Siapa sangka ternyata kucing dapat bermimpi saat tidur? Jika kalian perhatikan, sering kali kucing kerap menggerakkan mulutnya saat ia tertidur atau bahkan badannya bergerak tidak normal, itu tanda mereka sedang bermimpi. 

9. Kucing memiliki kemampuan berlari dengan cepat

Jika kamu perhatikan pada saat kucing bermain atau bertengkar dengan kucing lainnya, dia akan berlari dengan kecepatan super cepat. Rata-rata kucing memiliki kecepatan mencapai 48 km/jam. 

10. Lidah kucing tidak dapat merasakan rasa manis

Kucing tidak dapat merasakan minuman dan makanan manis. Kucing diciptakan dapat merasakan rasa manis tetapi sel tersebut tidak bekerja dengan baik, maka dari itu kucing tidak dapat merasakan rasa manis. 

Itulah fakta-fakta unik dan menarik tentang kucing. Dari semua fakta unik di atas, yang mana saja nih yang Kawula Muda baru tahu? 

Pesan untuk Kawula Muda yang memiliki kucing jangan lupa merawat mereka dengan baik dengan penuh kasih sayang dan cinta ya! 

Berita Lainnya