Fakta-Fakta Unik yang Menarik Tentang Kucing, Ada Kesamaan Gen Harimau

Cek faktanya biar lo lebih kenal sama hewan kucing!

Kucing (UNSPLASH/bogdan farca)
Thu, 13 Jul 2023

Kawula Muda, kucing adalah salah satu hewan lucu yang dapat dipelihara dan setia dengan pemiliknya. 

Kucing itu memang menjadi salah satu hewan yang sangat disukai dan cukup mudah untuk dipelihara karena penampilannya yang lucu dan menggemaskan. Selain itu, kucing ini bisa mampu membuat hari-hari lo penuh warna hanya dengan kelakuan lucunya.

Kucing menjadi hewan mamalia yang menjadi salah satu hewan peliharaan keluarga terbanyak di dunia selain anjing.

Berikut ini terapat berbagai fakta unik tentang kucing yang perlu diketahui oleh Kawula Muda penyuka kucing. 

1. Memiliki 95,6% Gen yang Sama dengan Harimau

Kucing memiliki kesamaan dengan harimau seperti senang mengendus, mengintai, dan menerkam mangsa-mangsanya. hal itu membuat terdapat kesamaan atau kecocokan gen hampir sempurna sebesar 95,6%.

2. Dapat Berlari dengan Sangat Cepat

Mirip dengan Harimau, Kucing juga dapat berlari dengan sangat cepat dalam keadaannya yang sedang terancam ketika bahaya menimpa, bahkan tidak hanya saat terancam, Kucing mampu berlari cepat untuk menangkap mangsanya.

3. Menghabiskan 70% Hidupnya untuk Tidur

Kucing juga dianggap menjadi hewan yang sering bermalas-malasan, dalam sehari kucing mampu menghabiskan waktu untuk tidurnya selama 15-20 jam per hari.

Tidak heran jika sebesar 70% kucing menghabiskan waktunya untuk tidur, yang berguna untuk penyimpanan energi yang cukup.

4. Kucing Tertua di Dunia Hidup Selama 38 Tahun

Kucing merupakan hewan mamalia crepuscular dengan memiliki rata-rata umur antara 12 hingga 15 tahun.

Tetapi, ada seekor kucing di Austin, Texas, Amerika Serikat yang dinobatkan sebagai kucing tertua di dunia yang hidup hingga umur 38 tahun lebih 3 hari.

5. Tidak Bisa Merasakan Manis

Hewan mamalia ini ternyata tidak bisa mengenali rasa manis, Kawula Muda. 

Mamalia memiliki reseptor di ujung sel perasa dengan nama T1R2 dan T1R3 untuk merasakan manis. Sayangnya, sel perasa tersebut tidaklah berfungsi dengan baik pada kucing. Itulah alasan kucing tidak bisa merasakan manis.

6. Telinga Kucing Mampu Berputar 180 Derajat

Kucing memiliki sebanyak 32 jaringan otot yang mampu mengendalikan telinganya. Otot-otot itulah yang membuat kucing bisa menggerakkan telinganya untuk menoleh ke sumber suara berada.

7. Dapat Merasakan Emosi Manusia

Kawula Muda yang sudah paham dengan kucing pasti sangat familiar dengan fakta yang satu ini bahwa kucing ini mampu merasakan emosi baik marah, sedih, dan senang pada manusia.

Biasanya, kucing akan menghampiri dan berusaha menghibur pemiliknya jika sedang bersedih. Tidak hanya itu, kucing juga bisa menjadi bodyguard untuk melindungi pemiliknya.

8. Memiliki Kemampuan Night Vision

Meski dijuluki hewan yang malas, ternyata kucing mampu melihat dengan sangat baik dalam keadaan gelap, loh.

Kucing memiliki organ bernama Tapetum Lucidum yang mampu memantulkan cahaya untuk membantunya melihat dalam kondisi kurang cahaya.

9. Kumis Kucing Menjadi Alat Navigasi

Kumis kucing ternyata juga memiliki manfaatnya. Kumis tersebut mampu menjadi sensor untuk melakukan manuver.

kucing memiliki penglihatan yang buruk ketika di siang hari, sehingga kucing mampu menggunakan kumis sebagai alat ukur jarak atau gerakan di siang hari.

10. Kucing Bisa Berkeringat

Kucing memiliki kelenjar keringat di bagian bawah bantalan kakinya. Hewan berkumis itu mampu mengeluarkan keringatnya melalu cakar.

11. Mampu Melompat Sejauh 6 Kali Panjang Badan

Kawula Muda fakta ini memang benar sekali, kucing memang dapat melompat sejauh 6 kali panjang badannya.

Lompatannya ini digunakan untuk berburu, bahkan membantunya beraksi dalam keadaan bahayanya.

12. Menjilat Tubuh Untuk Menghilangkan Kotoran dan Parasite

Bukan tanpa alasan ketika kucing menjilat tubuhnya, karena itu untuk membersihkan kotoran dan parasit. Selain itu, menjilat bulu untuk menghilangkan sel kulit mati.

kecerdasan kucing untuk menjilat tubuhnya sudah turun temurun dari evolusinya sejak jutaan tahun lalu. Lidah kucing memiliki duri kecil yang halus untuk membersihkan diri.

13. Memiliki Suara Dengkuran Untuk Menghilangkan Stres dan Memperkuat Tulang

Sebuah penelitian mengungkapkan dengkuran kucing berada dalam frekuensi konstan, antara 25 hingga 150 Hz.

Suara dengkurannya dipercaya mampu membantu menghilangkan stres atau meringankan penyakit dyspnoea dan sesak napas yang diderita anak serta memperkuat tulang manusia.

14. Budi Daya Kucing Terjadi Sekitar 9.000 Tahun Lalu

Budi daya kucing ternyata sudah ada sejak 9.000 tahun yang lalu. Gen kucing terus menerus mengalami perubahan fisik yang lebih kecil selama ribuan tahun.

Berdasarkan laporan National Geographic, terdapat penelitian bahwa 4.400 tahun SM, nenek moyang kucing modern telah menyebar dari Asia Barat Daya ke Daratan Eropa.

15. Hewan Soliter Atau Mandiri

Kucing sering kali terlihat berkumpul secara berkawanan, namun kucing juga mampu hidup sendiri secara mandiri. 

Meski begitu, kucing tetap perlu diasah kecerdasannya yang dibutuhkan di alam liar untuk hidup secara mandiri.

16. Memiliki Keseimbangan Tubuh Sangat Baik

Kucing disebut sebagai hewan dengan 9 nyawa bukan tanpa alasan, Kawula Muda. Ini dia salah satu alasannya, kucing memiliki kemampuan keseimbangan tubuh yang sangat baik dibandingkan mamalia lainnya.

Kucing memiliki tulang punggung fleksibel yang didukung dengan kecerdasannya yang sangat tinggi, yang didukung dengan otak yang mampu bekerja sama secara cepat dan tanggap untuk menyeimbangkan tubuhnya.

Itulah Kawula Muda, fakta-fakta unik yang menarik dari kucing yang bisa lo ketahui agar bisa lebih mengenal kepribadian hewan berbulu tersebut.

Berita Lainnya