Viral Pengemis Pura-Pura Bisu dan Lumpuh, Dapat Rp 300 Ribu Sehari

Lucunya pengemis pura-pura lumpuh, dan berlari ketika hujan turun, simak penjelasan aksinya!

Pengemis Viral Akting Bisu dan Lumpuh (INSTAGRAM/merapi_uncover)
Thu, 13 Jul 2023

Kawula Muda, seorang pengemis yang berakting bisu dan lumpuh viral di media sosial namun pengemis tersebut diketahui tidak cacat sama sekali, bahkan terlihat lewat CCTV saat dirinya sedang berlari ketika hujan untuk berteduh.

Dilansir dari Detik.com, Pengemis viral itu diketahui bernama Agus Prasetyo berumur 53 tahun. Aksinya itu menjadi viral lantaran kegiatan tipu-tipunya yang dijalankan di Kawasan pasar kembang, Yogyakarta tertangkap CCTV dan disaksikan masyarakat.

Dalam video, Agus sedang berjalan sebelum 'bekerja' seperti orang normal. Dirinya menyeberangi jalan untuk sampai ke jalan Pasar Kembang Yogyakarta dekat dengan Loco Café daerah barat.

Ketika Agus tiba di tempat, mendadak dirinya terduduk dan berakting sebagai orang yang tidak bisa berjalan atau lumpuh dengan menggunakan kaus yang lusuh.

Di pinggir jalan, Agus menyodorkan sebuah wadah kosong ke setiap orang yang lewat, dengan harap orang kasihan dan memberikan sedikit uang kepadanya.

Kini, Agus sudah diamankan oleh pihak Polsek Gedongtengen setelah aksi berpura-puranya sebagai pengemis lumpuh dan bisu di Kawasan Pasar Kembang, Yogyakarta pada hari Minggu (09/07/2023).

Sebelumnya penangkapan agus sempat gagal. Kala itu, ketika pihak berwajib mencari Agus, ia tak ada di lokasi biasa dirinya melancarkan aksinya. 

Di hari berikutnya Agus ditemukan dan ditangkap saat sedang mengendarai sepeda motor. Ketika dimintai keterangan, Agus tampak terlihat baik-baik saja dengan kondisi yang sehat dan dapat berbicara.

Pengemis Viral Akting Bisu dan Lumpuh ditangkap Polsek Gedongtengen(INSTAGRAM/merapi_uncover)

 

Aiptu Aris Purwanto selaku Kasi Humas Polsek Gedongtengen mengatakan, “Diajak ngobrol bisa. Kakinya sehat, bicara juga jelas, enggak gagu, enggak apa, jelas itu,” Senin (10/07/2023).

Motif dibalik aksi penipuan Agus itu berdasarkan alasan ekonomi, “Seperti yang sudah-sudah, alasannya ekonomi,” ungkap Aris.

Selain itu, Aiptu Saptono Agung selaku Kanit Opsnal Reskrim Polsek Gedongtengen menjelaskan alasan lainnya dari aksi Agus tersebut. 

“Dia mengakui memang tidak punya pekerjaan tetap. Terus dia itu ngemis di situ itu seminggu dua kali, di-weekend itu, Sabtu dan Minggu.”

@merapiuncover_ Teman ada yg penasaran gimana cara berangkat dan pulang pengemis di stasiun tugu yg terkesan susah untuk jalan kaki, ternyata begini #viral #fyp #Merapi #Merapinews #merapiuncover #yogyakarta #jogja ♬ suara asli - Merapi Uncover

Diketahui, Agus juga belum ada sebulan melakukan aksinya di tempat pejalan kaki Jalan Pasar Kembang, Yogyakarta.

Meski begitu, Agus dikabarkan mampu menghasilkan sekitar Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu per harinya.

Berita Lainnya