HokBen X Rebricks, Luncurkan Produk Daur Ulang Sampah Plastik Mika

Dinding roster yang terbuat dari plastik mika makanan HokBen, nih Kawula Muda!

HokBen X Rebricks akan berkolaborasi untuk mengolah sampah kemasan HokBen menjadi roster (SUMBER ISTIMEWA)
Tue, 31 Jan 2023

Sampah plastik saat ini masih menjadi pembicaraan penting, Kawula Muda. Semua jenis sampah plastik, terdapat jenis yang sulit untuk didaur ulang, salah satunya adalah plastik mika atau PVC (Polyvinylchloride).

Itu mengapa, jenis sampah plastik mika dapat mengeluarkan zat berbahaya jika salah dalam mengolahnya jika tidak menemukan metode yang tepat.

HokBen yang merupakan pelopor makanan khas bergaya Jepang sangat peduli dengan lingkungan. Sejak tahun 2011 HokBen telah mengganti kemasan makanan kotak berbahan Polystrene diperbaharui dengan ditambahkan bahan oxium agar membuatnya lebih cepat terurai. Kemasan makanan yang digunakan HokBen memerlukan kurang lebih 4 tahun untuk dapat terurai.

Menyadari hal tersebut HokBen bekerja sama dengan Rebricks untuk mengolah sampah kemasan makanannya yang terbuat dari mika untuk dijadikan sesuatu yang berguna dan bernilai yaitu roster.

Roster sendiri komponen dinding yang berfungsi sebagai lubang angin yang membantu sirkulasi udara, mempercantik dinding rumah dan memperbaiki tata cahaya ruangan untuk menghemat penggunaan lampu serta listrik. Pada umumnya roster terbuat dari tanah liat, batako, dan beton.

HokBen X Rebricks akan berkolaborasi untuk mengolah sampah kemasan HokBen menjadi roster (SUMBER ISTIMEWA)

“Hokben berkolaborasi dengan Rebricks berguna untuk mengolah kembali sampah plastik mika bekas HokBen menjadi barang yang berguna dan bernilai yaitu roster. Hal ini sesuai dengan purpose perusahaan ‘bring goodness to nourish people’ HokBen selalu membawa kebaikan untuk kehidupan masyarakat," kata Sugiri Willim, Operational Director PT. Eka Bogainti, dalam press release.

HokBen dan Rebricks membuat roster dengan salah satu komposisinya adalah sampah kemasan makanan HokBen yang terbuat dari mika. Satu roster yang dibuat mengandung 10 buah sampah plastik mika bekas HokBen. Dengan mengolah sampah plastik menjadi barang yang dapat digunakan, berarti sudah mengurangi penimbunan sampah.

Roster yang dihasilkan oleh Rebricks memiliki motif khusus sesuai dengan community pattern HokBen, yaitu nilai yang menjiwai setiap pelayanan di HokBen.

Rebricks ini telah digunakan di 11 gerai HokBen sebagai bagian dari desain ruangan HokBen, yaitu:

1. HokBen Bukittinggi, Sumatera Barat

2. HokBen The Park, Sawangan

3. HokBen Sultan Agung, Kranji, Bekasi

4. HokBen Lampung

5. HokBen Pontianak

6. HokBen Harapan Indah, Bekasi

7. HokBen Lubuk Lingau, Sumatera Selatan

8. HokBen Duri Mandau, Riau, Pekanbaru

9. HokBen Pondok Indah Mall 1

10. HokBen Slipi Jaya

11. HokBen Magelang

Total keseluruhan roster yang dipakai tersebut terdiri dari 16.380 buah plastik mika bekas (128 kilogram) yang sudah terolah.

Berita Lainnya