Kawula Muda Harus Lakukan Ini Sebelum Terjadi Resesi

Ada baiknya untuk memastikan kondisi keuangan tetap stabil!

Ilustrasi resesi ekonomi (UNSPLASH)
Fri, 15 Jul 2022


Sejak pandemi Covid-19, beberapa negara di dunia mengalami resesi di bidang ekonomi. Terkadang resesi suatu negara memang menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan dalam siklus ekonomi dan bisnis. 

Namun, hal ini bukan berarti Kawula Muda harus panik. Ada baiknya untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu, serta memikirkan cara untuk tetap memastikan finansial akan stabil. Pastikan tidak membuat keputusan keuangan secara terburu-buru. Seperti beberapa cara di bawah ini.

Siapkan Dana Darurat

Kawula Muda wajib menyimpan uang tunai untuk menjadi dana darurat. Selain bisa membantu pengeluaran sehari-hari. Dana ini juga bisa dipakai saat Kawula Muda mengalami kejadian yang tidak diinginkan secara mendadak, seperti saat sakit atau mengalami kecelakaan. Menabung dana darurat dapat dimulai dengan berhenti membeli barang yang tidak dibutuhkan atau justru lo bisa menjual barang yang sudah tidak dipakai. Kemudian uang tersebut dapat dialihkan menjadi dana darurat.

Berinvestasi

Beriringan dengan dana darurat, Kawula Muda bisa menyimpan tabungan jangka panjang dengan berinvestasi. Investasi sama pentingnya dengan dana darurat, hasil dari investasi bisa dinikmati di masa depan. Selain itu daripada menghabiskan uang, ada baiknya untuk lebih memikirkan masa depan untuk menghindari kesulitan ekonomi dimasa resesi dengan mengalokasikan dana untuk dana darurat atau investasi.

Lunasi Utang

Dengan melunasi utang, Kawula Muda bisa merasa lebih tenang bila resesi datang. Utang yang berkurang bisa meringankan beban dari tanggungan-tanggungan yang bisa saja makin memburuk saat kehilangan pekerjaan atau kondisi ekonomi menurun. Lo bisa terlebih dahulu melunasi utang kartu kredit, lalu beralih ke pinjaman lainnya. Jangan bergantung dengan penggunaan kartu kredit, apalagi sampai melebihi dana pemasukan. 

Tambah Pendapatan Lain

Kawula Muda bisa mendapat pemasukan dana lain dengan membuat bisnis sampingan, loh. Penghasilan tambahan memperkuat pemasukan keuangan bila terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan pekerjaan tetap. Tentunya penghasilan tambahan ini juga bisa menjadi tabungan tambahan untuk Kawula Muda nantinya. 

Nah, daripada pusing-pusing mikirin bagaimana menghadapi resesi. Kawula Muda bisa mempersiapkan diri dari sekarang. Walaupun resesi belum tentu terjadi, apa salahnya untuk memastikan dan mencari pemasukan tambahan sehingga kondisi keuangan bisa menjadi lebih stabil.

Berita Lainnya