Kenali Kondisi Kesehatan Lo Lewat Bentuk Kuku, Cek Sekarang Juga!

Yuk, cek kondisi kuku lo sekarang!

Kenali kondisi kesehatan lo lewat kuku (UNSPLASH)
Wed, 17 May 2023

Tidak hanya dapat lo rasakan, kondisi kesehatan tubuh lo juga bisa terlihat melalui beberapa cara, Kawula Muda.

Salah satunya adalah perubahan tampilan kuku. Faktanya, kuku bisa menjadi indikator atau cerminan kondisi kesehatan lo, Kawula Muda.

Pada dasarnya, kuku yang sehat akan terlihat halus, tanpa lubang, dan sedikit kemerahan. Jika kuku lo mengalami beberapa perubahan tampilan, warna, hingga bentuk kuku mungkin tidak berbahaya. Namun, bisa menjadi tanda penyakit kronis.

Simak ciri kuku yang bisa menjadi tanda penyakit di bawah ini!

Ternyata kuku bisa menggambarkan kondisi kesehatan lo, Kawula Muda! (ISTOCK)

Kuku Kuning

Setiap perubahan warna yang terjadi di kuku lo, termasuk warnanya yang berubah menjadi kuning, bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius, Kawula Muda. Melansir Halodoc, penyakit yang ditujukan oleh kuku yang menguning adalah tiroid, diabetes, psoriasis, atau masalah pernapasan.

Kuku Hitam

Umumnya, kuku hitam terjadi jika terdapat luka yang mengindikasikan ada darah di bawahnya. Namun, jika warna hitam terdapat langsung di atas permukaan kuku dan diikuti oleh pertumbuhan kuku yang menyakitkan kemungkinan pertanda dari melanoma, kanker kulit yang paling mematikan.

Tidak berbentuk bulan sabit

Jika lo sehat, lo akan selalu menemukan bentuk setengah bulan di bagian bawah kuku. Jika bentuk bulan sabit hilang dari kuku lo, hal ini bisa disebabkan oleh kekurangan gizi, depresi, atau anemia

Kuku rapuh dan mudah patah

Kuku yang kering atau rapuh akan sering dan mudah parah. Ciri kuku ini dapat menunjukkan penyakit tiroid yang mendasar dan tidak diobati.

Kuku pecah atau terbelah juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur. Tidak hanya itu, jika kuku terlalu banyak terpapar kelembapan atau bahan kimia seperti detergen, cat kuku, dan penghapus cat kuku juga akan mengalami kondisi seperti ini.

Bintik putih pada kuku

Bintik yang muncul pada satu atau dua kuku bisa menjadi tanda kekurangan seng dan kalsium. Meski tidak berbahaya, kondisi kuku ini menjadi pengingat agar lo meningkatkan asupan nutrisi, Kawula Muda. Jika kuku lo terdapat bintik-bintik yang tersebar, bisa saja hal ini diakibatkan oleh reaksi alergi, infeksi jamur, atau cedera pada kuku.

Kuku melengkung

Kuku yang membengkak dan melengkung ke bawah mengindikasikan oksigen di dalam darah rendah hingga penyakit paru-paru, Kawula Muda.

Kuku bergaris

Kuku bergaris horizontal bisa jadi adalah akibat dari demam tinggi, tanda psoriasis, diabetes, atau penyakit pada peredaran darah. Sedangkan untuk kuku bergaris vertikal bisa jadi tanda penuaan, kekurangan vitamin B12 atau magnesium

Kuku Putih dan Kecokelatan

Jika kuku seseorang berwarna putih dan kecokelatan, hal tersebut bisa saja memungkinkan orang tersebut menderita gangguan ginjal, Kawula Muda. Kondisi kuku ini juga bisa saja dialami oleh penderita AIDS dan penderita kanker yang menjalankan kemoterapi.

Kuku Putih

Jika seseorang mengalami kondisi kuku putih atau Terry’s Nail, seseorang tersebut bisa saja mengidap sirosis hati, gagal jantung, gagal ginjal, diabetes, anemia tipe defisiensi zat besi, reaksi kemoterapi, hipotiroidisme, atau malnutrisi.

Kawula Muda, jika lo menyadari adanya perubahan yang cukup berarti pada kuku lo, segera konsultasikan ke dokter ahli sesegera mungkin. Meski gejala di artikel ini bisa hilang atau tidak berbahaya, bisa saja kondisi kuku lo menunjukkan suatu kondisi kesehatan tertentu.

Berita Lainnya