Kiat-kiat Mengatur Keuangan Selama Momen Lebaran

Jangan sampai momen Lebaran membuat lo boros, Kawula Muda!

Cara mengatur keuangan selama Lebaran (SHUTTERSTOCK)
Fri, 14 Apr 2023

Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang menggembirakan bagi semua orang. Setelah mendapatkan THR, banyak toko yang memberikan diskon atau potongan harga. Tidak dapat dipungkiri, momen Lebaran menjadi tantangan bagi lo untuk mengatur keuangan Lebaran.

Salah satu yang harus diingat ketika Lebaran adalah, lo harus tetap bijak berbelanja dan menentukan budget Lebaran.

Untuk itu, simak tips mengatur keuangan Lebaran dan tetap hemat saat Lebaran. Semoga, tips dan strategi mengelola uang Lebaran di bawah ini bisa membuat lo tetap hemat ya, Kawula Muda.

1. Rencanakan Keuangan Sejak Jauh-Jauh Hari

Cara mengatur keuangan selama Lebaran (DETIK)

Membuat rencana keuangan khusus di hari Lebaran menjadi salah satu hal utama yang harus lo lakukan, Kawula Muda. Merencanakan keuangan bukan hanya memisahkan keuangan lo selama Lebaran, namun juga membuat rencana pengeluaran ketika pulang ke kampung halaman, membayar hutang, dan kebutuhan di luar hari raya. Hal ini akan membuat THR yang lo dapatkan tidak akan terbuang sia-sia.

2. Pisahkan Dana Khusus

Cara mengatur keuangan selama Lebaran (LINEBANK)

Kawula Muda, ketika mendapatkan THR tidak ada salahnya lo membelanjakan uang THR dengan hal yang lo inginkan. Namun, jangan lupa untuk memisahkan dana khusus, seperti dana darurat dan lainnya. Pasalnya, tidak ada salahnya tetap berjaga-jaga di momen Lebaran.

3. Disiplin

Cara mengatur keuangan selama Lebaran (RADARBOGOR)

Ketika sudah membuat perencanaan, lo harus tetap disiplin dalam melaksanakan perencanaan uang tersebut, Kawula Muda. Momen Lebaran memang hanya satu kali satu tahun, namun jangan sampai momen Lebaran mengacaukan keuangan dan budget lo ya, Kawula Muda!    

4. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Cara mengatur keuangan selama Lebaran (BINCANGMUSLIMAH)

Meski era sekarang mengedepankan mode cashless, Kawula Muda harus tetap menyiapkan uang tunai secukupnya, loh. Tidak hanya untuk memberikan THR, menyiapkan uang tunai rupanya bisa menjadi bagian dari rencana keuangan lo. Tidak hanya menjadi pegangan, uang tunai bisa membantu perjalanan mudik lo juga.

5. Memanfaatkan Uang THR

Cara mengatur keuangan selama Lebaran (SHUTTERSTOCK)

Terakhir manfaatkan uang THR untuk kebutuhan Lebaran. Jangan sampai lo menggunakan uang tabungan atau simpanan lo untuk kebutuhan Lebaran. Jika memang sangat mendesak, jangan gunakan semua uang di luar THR untuk kebutuhan Lebaran, ya.

Kawula Muda, itulah tips mengatur keuangan Lebaran ala Prambors. Tetap bijak dan berhemat selama Lebaran, ya!

Berita Lainnya