Mengapa Angka 4 dan 13 Dihindari dan Kerap Disebut Pembawa Sial?

Lo tim percaya atau bodo amat tentang mitos angka-angka tersebut, Kawula Muda?

Ilustrasi berbagai angka (UNSPLASH/MICK HAUPT)
Thu, 02 Mar 2023

Terdapat beberapa angka yang dianggap dapat memberikan nasib sial dan dianggap buruk. Biasanya, angka-angka berkonotasi negatif tersebut adalah 4 dan 13. Selain itu, terdapat pula angka 666, 23, dan 8.

Namun, mengapa angka-angka tersebut mendapat pamor sebagai angka sial yang harus dihindari? Berikut penjelasannya, Kawula Muda!

Angka 13

Ilustrasi angka 13 yang lekat dengan predikat sial (UNSPLASH/BEKKY BEKKS)

 

Angka 13 dianggap sial dalam beberapa budaya Barat, terutama di Amerika Serikat dan Eropa. Beberapa kepercayaan kuno, seperti Mitologi Nordik, Kristiani, dan Yahudi, mengaitkan angka 13 dengan kejadian buruk atau bencana. 

Misalnya saja, menurut Mitologi Nordik, terdapat 12 dewa yang dipilih untuk makan di meja yang panjang. Namun, Loki, dewa kejahatan, datang sebagai tamu ke-13 dan menyebabkan kerusuhan. 

Selain itu, dalam agama Kristiani, Yesus dan 12 muridnya hadir di Perjamuan Terakhir, sehingga kehadiran Yudas sebagai tamu ke-13 dikaitkan dengan pengkhianatan.

Pengaruh media juga tidak luput dari predikat angka ini. Angka 13 sering digunakan dalam cerita horor dan film-film misteri, yang menguatkan kepercayaan bahwa angka ini membawa nasib buruk. 

Akan tetapi, memang terdapat berbagai insiden tidak menyenangkan yang melibatkan angka 13. Sebut saja peristiwa Apollo 13 karena meledaknya tangki oksigen pada 13 April 1970. Karena itulah, angka 13 lekat dianggap sebagai angka sial. 

Angka 4

Ilustrasi angka 4 sebagai angka ketidakberuntungan (UNSPLASH/ADESH SRIVASTAVA)

 

Angka 4 dianggap sial di beberapa budaya Asia, terutama di Tiongkok, Jepang, dan Korea. Hal ini terutama dalam bahasa Tiongkok karena angka 4 disebut sangat mirip dengan kata "kematian". Oleh sebab itulah, angka ini sering dikaitkan dengan kematian dan dihindari dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, di beberapa budaya Asia, angka 4 dikaitkan dengan kejadian buruk dalam sejarah dan mitologi. Misalnya, dalam sejarah Tiongkok, ada empat dinasti yang dianggap buruk dan berdarah

Di samping itu, beberapa agama yang berkembang di Asia, seperti Buddhisme dan Taoisme, memandang angka 4 sebagai simbol kesengsaraan. Dalam Buddhisme, ada Empat Kebenaran Mulia dan Empat Kebenaran Suci, yang dikaitkan dengan penderitaan dan kesulitan dalam kehidupan.

Angka 23

Ilustrasi angka 23 (UNSPLASH/KANAN KHASMAMMADOV)

 

Tidak ada bukti sejarah atau kepercayaan yang menyatakan bahwa angka 23 dianggap sial secara umum di seluruh dunia. Beberapa mitos dan legenda, seperti "23 enigma" atau "Fenomena 23," mengaitkan angka 23 dengan keberuntungan yang buruk atau nasib sial. 

Contohnya, dalam "23 enigma," angka ini dikaitkan dengan kegilaan dan kematian, dan beberapa orang percaya bahwa angka ini memiliki makna tersembunyi yang berhubungan dengan kejadian buruk.

Selain itu, Beberapa peristiwa buruk dalam sejarah, seperti bencana alam, kecelakaan pesawat, dan serangan teroris, dilaporkan terjadi pada tanggal 23. Hal ini membuat sebagian orang merasa bahwa angka 23 membawa nasib buruk atau sial.

Beberapa film dan buku pun menggunakan angka 23 sebagai simbol keberuntungan yang buruk atau nasib sial. Sebagai contoh, film horor "The Number 23" menggambarkan seorang pria yang terobsesi dengan angka 23 dan merasa bahwa angka ini membawanya ke kegilaan.

Angka 666

Ilustrasi angka 666 (UNSPLASH/MASTER WEN)

Angka 666 sering dikaitkan dengan nasib sial dan kejahatan dalam beberapa budaya, terutama dalam agama Kristen. Hal ini pun terkait dengan Kitab Wahyu dalam Alkitab sebagai "angka binatang."

Angka ini dikaitkan dengan binatang yang muncul dalam nubuat dan dianggap sebagai lambang dari kekuasaan jahat di dunia. Oleh karena itu, angka 666 sering dikaitkan dengan kejahatan dan hadirnya setan. 

Selain kaitannya dengan Kitab Wahyu, kepercayaan populer juga telah memperkuat angka 666 sebagai lambang kejahatan. Misalnya, dalam beberapa budaya Barat, nomor ruangan 666 sering dihindari dalam bangunan karena dianggap membawa nasib buruk.

Angka 8

Ilustrasi angka 8 yang kerap disebut sebagai 'kematian' (ISTOCK)

 

Walau angka 8 umumnya dianggap sebagai angka keberuntungan, beberapa kepercayaan juga mengaitkannya dengan angka keburukan. 

Dalam beberapa budaya, terutama di Cina, angka 8 dapat dikaitkan dengan kematian. Hal itu karena pengucapan bunyi "delapan" dalam bahasa Mandarin, diucapkan 'bā', yang berima dengan '' mirip dengan pelafalan kata "mati". Oleh karena itu, angka 8 dapat dihindari atau dianggap sial dalam beberapa kepercayaan atau tradisi.

Itu dia beberapa angka yang dianggap memiliki kesialan. Kalau dari pengalaman pribadi lo, apakah angka-angka tersebut juga merupakan angka buruk, Kawula Muda?

Berita Lainnya