Mengapa Tidak Ada Angka 13 di Lift dan Tempat Duduk Pesawat?

Gimana pengalaman lo sama angka '13', Kawula Muda?

Ilustrasi angka 13 (UNSPLASH/ANNE NYGARD)
Tue, 09 Aug 2022


Angka 13 mungkin cukup sulit ditemukan, baik di lift maupun tempat duduk pesawat. Hal tersebut pun disebabkan oleh berbagai hal. Sebut saja mulai dari adanya fobia akan nomor 13 hingga kepercayaan yang menganggap angka 13 identik dengan hal buruk.

Berikut beberapa sebab mengapa tidak ada angka 13 tersebut, ya Kawula Muda!

Ilustrasi angka 13 (UNSPLASH/ZHEN HU)

 

Picu Rasa Panik

Triskaidekaphobia adalah ketakutan terhadap angka 13. Adapun orang yang memiliki fobia ini, akan menunjukkan gejala kecemasan akut kala melihat angka 13. 

Gejalanya dapat meliputi mual, muntah, kesulitan bernapas, detak jantung cepat, berkeringat, dan perasaan panik. 

Mitos Angka 13

Memang terdapat berbagai insiden tidak menyenangkan yang melibatkan angka 13. Sebut saja peristiwa Apollo 13 karena meledaknya tangki oksigen pada 13 April 1970. 

Selain itu, analisis yang dilakukan oleh Lotere Nasional Inggris menyebut angka 13 adalah angka sial. Karena hal tersebut, bahkan Microsoft tidak merilis versi ke-13.

Dahulu Tidak Ada Lantai 13

Sebagai informasi, gedung pencakar langsung sebenarnya baru muncul pada tahun 1885. Pada saat itu, sebuah gedung asuransi rumah merupakan gedung tertinggi di dunia. Adapun gedung tersebut hanya memiliki 12 lantai. 

Karena itulah, para kritikus mempercayai bahwa gedung dengan 13 lantai berpotensi menimbulkan hal yang berbahaya.

Ditakuti Maskapai Penerbangan

Dahulu, terdapat beberapa cerita dari staf maskapai penerbangan swasta di Indonesia saat memiliki kursi nomor 13. Namun, saat check-in, banyak penumpang yang meminta pindah tempat duduk dengan alasan tidak nyaman. 

Karena itulah, dalam perkembangannya, maskapai memutuskan untuk menghilangkan angka tersebut. 

Berita Lainnya