Merah, Biru, dan Hijau, Apa Beda Tiga Warna di SPBU Pertamina Tersebut?

Hai Kawula Muda, beda warna ternyata beda arti lho.

Warna-warna SPBU Pertamina. (ANTARA)
Sat, 16 Jul 2022

Meskipun mengisi BBM ke SPBU adalah kegiatan rutin untuk seluruh pemilik kendaraan bermotor, tapi tidak semua pelanggan menyadari kalau SPBU Pertamina punya 3 tipe berbeda.

Ketiga tipe itu ditandai dengan 3 kode warna yang berbeda juga yaitu merah, biru, dan hijau pada papan tiang pilar yang ada di depan pom bensin alias SPBU.

Nah, daripada penasaran sama perbedaan dari ketiga warna SPBU tersebut, tenyata ini dia penjelasannya.

1. SPBU warna merah

SPBU warna merah merupakan SPBU Pertamina yang sudah dikenalkan sejak 2006 dengan semboyannya 'Pasti Pas'.

Di SPBU dengan tiang pilar bangunannya berwarna merah, petugas yang melayani juga berseragam merah. Bahan bakar minyak yang dijual mulai dari Premium, Pertalite, Pertamax, Solar dan Pertamina Dex.

Bagian bawah dispenser di SPBU ini biasanya nozel berwarna hitam. Fasilitas standar yang disediakan di sini adalah toilet, mushala, pengisian angin, dan minimarket.

2. SPBU warna biru

Pada 2015 PT Pertamina juga meluncurkan SPBU warna biru dengan tulisan 'Pasti Prima'. Ciri yang mencolok secara fisik adalah bangunan tiang pilar didominasi warna biru.

Petugas pengisian mengenakan seragam kombinasi warna merah dan abu-abu. Bagian bawah dispenser berwarna hijau.

SPBU ini diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup konsumen saat dalam perjalanan dengan fasilitas lebih lengkap. Mulai dari kafe, ATM, bengkel, tenant makanan, jasa cuci kendaraan, penjualan pelumas, elpiji, nitrogen hingga restoran cepat saji.

Layanan tersebut sebagian dikelola pihak PT Pertamina, sebagian lagi dikelola pihak swasta. Namun, jumlah SPBU biru belum sebanyak SPBU warna merah.

3. SPBU warna hijau

Terbaru, tepatnya pada September 2021, PT Pertamina (Persero) melalui Sub Holding Commercial & Trading atau Pertamina Patra Niaga memperkenalkan SPBU berwarna hijau.

SPBU warna hijau mengusung konsep ramah lingkungan yang disebut dengan Green Energy Station (GES). GES menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk mengurangi polusi, efek rumah kaca, dan efisiensi biaya operasional SPBU.

Jadi tentu saja di SPBU warna hijau tidak ada premium dan solar, melainkan stasiun pengisian kendaraan listrik imum (SPKLU) atau charging station dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU). Saat ini baru ada 76 SPBU warna hijau ramah lingkungan di Indonesia.

Berita Lainnya