Outfit Wajib Saat Bersepeda, Apa Saja?

Kawula Muda, gak ada salahnya mempersiapkan diri daripada terlambat kan...

Aktivitas bersepeda. (INSTAGRAM/UNITED BIKE)
Wed, 13 Jan 2021

Semua aktivitas olahraga memang sebaiknya dilakukan dengan menggunakan pakaian khusus. Demikian pula bersepeda.

Sebagai kegiatan outdoor, bersepeda ke gunung, ke tempat kerja, maupun sekadar berkeliling komplek, aspek kenyamanan dalam berpakaian tetap harus selalu diperhatikan.

1. Pakaian

Bersepeda pada dasarnya adalah aktivitas gowes dan berhenti. Kecenderungannya adalah pengendara merasa hangat saat bergerak dan mendingin saat berhenti. Maka prioritasnya adalah menggunakan kaus khusus yang mudah menyerap keringat dan cepat kering, agar nyaman dan relatif bersih saat tiba di tujuan. Saran buat bawahan adalah legging atau celana pendek khusus untuk bersepeda.

Beberapa pesepeda suka menambahkan bantalan di sadel, tapi ada juga pakaian dalam yang empuk berbahan lycra, yang bisa digunakan sebagai opsi, daripada tidak menggunakan dudukan apa pun yang empuk sama sekali.

2. Helm

Berkendara dimana pun, helm sangatlah vital. Untuk mendukung visibilitas, terutama jika bersepeda di jalan raya, helm berwarna cerah dengan elemen hi-vis dan patch reflektif bisa menjadi pilihan. Dengan bujet lebih, helm dengan lampu terintegrasi juga sudah banyak dijual di pasaran.

Pastikan kalian mendapatkan helm yang pas. Sebagian besar helm akan memiliki tingkat penyesuaian dan beberapa model pricier termasuk MIPS (Sistem Perlindungan Dampak Multi-arah), yaitu lapisan tambahan yang dirancang untuk meredakan gaya miring jika terjadi tabrakan atau benturan.

Aktivitas bersepeda. (FREEPIK.COM)

 

3. Waterproof jacket

Sebagian besar jaket khusus untuk bersepeda cenderung memiliki punggung dan lengan yang lebih panjang yang membuat pengendara lebih terlindungi saat berada dalam posisi maju di atas sepeda. Anti air khusus komuter biasanya memiliki harga yang terjangkau dan penuh dengan fitur yang meningkatkan visibilitas pengendara, seperti warna fluoro cerah dan panel reflektif.

Beberapa juga termasuk lampu terintegrasi. Jika harus bepergian di musim hujan seperti saat ini, jaket bisa dilengkapi dengan celana tahan air yang bisa digunakan untuk melapisi pakaian.  Lebih bagus lagi jika celana tersebut memiliki detail reflektif dan kaki beritsleting, yang membuatnya mudah dipasang dan dilepas tanpa melepas sepatu.

4. Sepatu

Perangkat wajib terakhir yang digunakan ketika bersepeda adalah sepatu. Selain lebih ringan dan nyaman, sepatu khusus bersepeda sudah dirancang dan disesuaikan untuk fit dengan posisi pedal.

Alas kaki rata tapi dalam bentuk sepatu sandal ala flatform bisa mengganggu posisi kaki pada pedal sepeda. Sementara itu, sandal jepit sangat tidak dianjurkan karena kaki tidak cukup terlindungi.

Perlengkapan lain yang hukumnya tidak wajib tetapi sangat disarankan untuk digunakan saat bersepeda adalah sarung tangan dan backpack. Penggunaan keduanya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tujuan perjalanan ketika bersepeda.

Jangan lupa, prinsip utama aturan berpakaian ketika bersepeda yang utama adalah aman dan nyaman. Selamat bersepeda!


Cieee nemu passwordnya untuk 14 Januari 2021! Nah Kawula Muda ini passwordnya ya. Jadi nanti pas ditelepon Prambors jawabnya jangan halo, tapi "GUE YAKIN CUMA PRAMBORS YANG BISA KASIH SEPEDA! "

Kalo nanti jawab halo, kamu otomatis gagal. Tapi, kalo langsung jawab passwordnya, kamu semakin dekat buat dapetin sepeda dari United Bike!!!! Good luck ya!

Berita Lainnya