Pekerja Indonesia Paling Rendah Stres dari Karyawan Lain di Negara ASEAN

Terus di negara ASEAN lain stresnya kayak apa?!?!?!

Indonesia tempati peringkat pertama dengan pekerja paling rendah stres dibanding karyawan lain di ASEAN
Fri, 11 Aug 2023


Kembalinya aktivitas kerja pasca pandemi Covid-19 secara normal ternyata membuat tingkat stres para pekerja di seluruh dunia meningkat.

Menurut State of the Global Workplace Report melalui Gallup, pada tahun 2022 sebanyak 44 persen pekerja di seluruh dunia sering merasa stres.

Persentase tersebut sama seperti 2021 dan menjadi persentase stres tertinggi sejak lebih dari satu dekade lalu, Kawula Muda.

Pekerja di Indonesia Paling Rendah Stres daripada Karyawan Se-ASEAN (UNSPLASH)

Melalui survei yang dilakukan terhadap 122 ribu pekerja di 160 negara pada tahun 2022, Gallup merangkum sebuah fakta yang menarik.

Di kawasan Asia Tenggara (ASEAN), Filipina menjadi negara dengan stres tertinggi, yakni 45 persen responden merasa stres.

Faktanya, Indonesia menjadi negara dengan tingkat stres pekerja paling rendah di ASEAN. Gallup mencatat hanya 21 persen responden karyawan di Indonesia yang sering merasa stres.

Meski tidak merinci sumber stres yang dirasakan oleh para pekerja, Gallup menyebutkan masih ada faktor lain yang menyebabkan stres selain pekerjaan, Kawula Muda.

"Faktor eksternal seperti inflasi atau masalah kesehatan keluarga juga dapat menjadi sumber stres sehari-hari," tulis Gallup

Daftar Negara dengan Pekerja Paling Stres di ASEAN 

Pekerja di Indonesia Paling Rendah Stres daripada Karyawan Se-ASEAN (UNSPLASH)

Kawula Muda, berikut daftar lengkap negara-negara di ASEAN beserta persentase tingkat stres para pekerja atau karyawan mereka.

1. Filipina: 45 persen

2. Myanmar: 39 persen

3. Thailand: 39 persen

4. Kamboja: 39 persen

5. Singapura: 38 persen

6. Laos: 34 persen

7. Vietnam: 32 persen

8. Malaysia: 25 persen

10. Indonesia: 21 persen

Sebagai catatan, persentase yang disajikan oleh Gallup diakumulasikan dengan jawaban ‘ya’ dari pertanyaan, “Apakah Anda sering merasa stres di hari-hari kemarin?”.

Jawaban tersebut lalu diakumulasikan menjadi persentase berskala 0-100 persen. Semakin tinggi persentasenya, maka diasumsikan semakin tinggi tingkat stres pekerja di suatu negara.

Berita Lainnya