Penelitian Ungkap Tanaman Bisa Stres dan Mengeluarkan Suara

Masa sih?

Ilmuwan ungkap tanaman bisa berbicara (UNSPLASH)
Wed, 05 Apr 2023


Ternyata, tanaman bisa mengeluarkan suara loh, Kawula Muda. Jika selama ini banyak orang beranggapan bahwa tanaman merupakan makhluk hidup yang diam, berbeda dengan manusia dan hewan, penelitian berkata lain.

Ilmuwan yang berasal dari Universitas Tel Aviv mengatakan jika tanaman memancarkan jeritan ultrasonik frekuensi tinggi ketika dalam kesulitan, Kawula Muda.

Sayangnya, suara jeritan tersebut hanya dapat didengar lewat microphone yang didekatkan pada tanaman tertentu.

Ilustrasi tanaman yang menurut ilmuwan dapat berbicara (UNSPLASH)

Seperti yang dikutip Detik dari New York Post, para peneliti mengembangkan model studi mesin untuk mengidentifikasi kondisi tanaman, termasuk jika tanaman mengalami dehidrasi atau sakit, berdasar dari suara.

Adapun, peneliti menggunakan beberapa jenis tanaman, seperti tomat, tembakau, gandum, jagung, kaktus. Pada penelitian tersebut, tanaman kemudian diletakan dalam kotak di ruang bawah tanah. Kemudian para peneliti menempatkan mikrofon ultrasonik sekitar 10 cm di tiap spesimen.

Peneliti kemudian melakukan eksperimen, seperti mengenai tanaman dengan kondisi kekeringan dan mengalami kerusakan fisik, seperti pemotongan batang.

Hasilnya, rekaman menunjukkan bahwa tanaman mengeluarkan suara pada frekuensi 40-80 kilohertz. Meskipun frekuensi ini tidak dapat didengar oleh manusia tanpa bantuan, volume suara mungkin dapat dideteksi oleh beberapa organisme dari jarak hingga beberapa meter.

Perlu diketahui, manusia hanya bisa mendengar suara pada frekuensi maksimum 16 kilohertz. Faktanya, beberapa hewan bisa mendengar suara tanaman, loh!

Seperti yang dikutip Liputan 6 dari Live Science, tingkat stres yang dialami oleh tanaman berbeda-beda tergantung pada kondisi yang mereka alami. Misalnya, terdengar suara 25 jeritan dari tanaman tomat yang batangnya dipotong dan 15 jeritan dari tanaman tembakau.

Kesimpulannya, penelitian menunjukkan bahwa tanaman yang tidak stres cenderung mengeluarkan kurang dari satu suara per jam. Sedangkan, tanaman yang dehidrasi dan mengalami cedera memancarkan suara puluhan kali tiap jam.

Kawula Muda, penasaran enggak seperti apa suara tanaman?

Berita Lainnya