Pengertian dan Arti Gender Netral yang Sedang Ramai Dibicarakan

Sampai jadi trending topic!

Apa itu gender netral atau non binary yang ramai dibicarakan dan jadi trending topic (UNSPLASH)
Tue, 08 Aug 2023

Gender netral kembali menjadi pembahasan di media sosial. Podcast Daniel Mananta yang membicarakan soal toilet gender netral di salah satu sekolah internasional ramai menjadi perbincangan hingga jadi trending topic.

Terutama di Twitter, perbincangan soal gender netral menjadi bahasan utama.

Gender netral atau juga bisa disebut gender non-binary memiliki sebutan kata ganti yang berbeda, yakni they/them atau ‘mereka’.

Lantas, apa pengertian dari gender netral?

Apa Itu Gender Netral?

Pengertian gender netral (UNSPLASH)

Secara harfiah, melansir kamus Merriam Webster, gender netral berarti tidak mengacu pada salah satu jenis kelamin.

Gender netral atau non biner adalah istilah identitas gender yang tidak merujuk secara spesifik pada salah satu gender seperti perempuan maupun laki-laki, melansir dari Hello Sehat, Selasa (08/08/2023).

Perlu diketahui, identitas ini tergantung dari bagaimana seseorang memandang dirinya, bukan berdasarkan kondisi biologis sejak lahir yang ditentukan dari jenis kelamin.

Orang-orang non biner menganggap dirinya punya lebih dari satu atau tidak sama sekali dari salah satu identitas gender, walaupun mereka memiliki satu jenis kelamin.

Mudahnya, gender yang dimaksud adalah seseorang yang tidak mengidentifikasi dirinya sebagai laki-laki dan perempuan.

Gender sendiri berbeda dengan jenis kelamin. Gender dapat diartikan sebagai sesuatu yang dibentuk berdasarkan konstruksi sosial dan budaya.

Sedangkan seks atau jenis kelamin adalah sesuatu yang terbentuk secara alami atau biologis, merujuk pada organ intim atau organ reproduksi yang dimiliki seseorang.

Panggilan atau Kata Pengganti untuk Gender Netral Ternyata Berbeda

Ilustrasi gender netral. Pengertian dan penjelasan gender netral atau non binary (UNSPLASH)

Gender dianggap penting untuk menentukan kata pengganti orang. Kata pengganti sendiri dinilai dapat menegaskan identitas gender seseorang, melansir NPR.

Seperti yang disebut di atas, gender non biner memiliki sebutan kata ganti yang berbeda, yakni they/them atau ‘mereka’ bukan ‘dia’.

Hal ini karena ‘dia' adalah kata ganti yang merujuk pada satu identitas gender saja, khusus untuk pria atau wanita.

Sebut saja negara-negara bagian Barat yang menggunakan kata pengganti 'them' untuk mereka dengan gender netral atau non-biner, bukan 'she' untuk Perempuan atau 'he' untuk Laki-laki.

Kawula Muda, itulah penjelasan sederhana mengenai gender netral. Semoga bisa dipahami, ya!

Berita Lainnya