Perbedaan Komik Manga, Manhwa, dan Manhua yang Ternyata Tak Sama

Pecinta komik, kumpul...

Pecinta komik harus tahu perbedaan manga, manhwa, dan manhua. Serupa tapi tak sama (UNSPLASH)
Mon, 31 Jul 2023

Komik adalah cerita yang tersusun dari gambar dan tulisan berbentuk percakapan. Komik juga dapat diartikan sebagai seni menggunakan gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita.

Pencinta komik mungkin sudah tahu jika terdapat berbagai jenis komik yang tersedia di pasaran. Salah satu yang paling membedakannya adalah negara yang memproduksi komik.

Saat ini, Kawula Muda mungkin familiar dengan komik dari Jepang (manga), komik Korea (manhwa), dan komik China (manhua).

Ilustrasi komik yang ternyata banyak perbedaannya (PIXABAY)

Ketiganya diketahui berasal dari Asia dan sebenarnya tidak ada perbedaan mencolok. Meski begitu, ketiganya memiliki ciri khas yang membedakan satu sama lain sehingga manga, manhwa, dan manhua punya keunikan yang berbeda.

Simak perbedaan manga, manhwa, dan manhua secara lengkap di bawah ini!

1. Manga

Ilustrasi manga atau komik Jepang (TRIBUN)

Manga adalah istilah komik yang berasal dari Jepang. Orang atau kreator yang membuat manga disebut mangaka. Cara membaca manga pun berbeda jika lo membaca komik buatan Amerika atau Eropa.

Manga dibaca dari kanan ke kiri dan biasanya diterbitkan dalam warna hitam putih.

Selain itu, genre manga juga memiliki sebutan tersendiri loh, Kawula Muda! Sebut saja seinen, shounen, isekai, josei, shoujo, dan masih banyak lagi.

Gaya gambar manga pun banyak dipengaruhi oleh Tezuka Osamu yang mengaku banyak terinspirasi oleh gaya menggambar Walt Disney, yakni karakter yang tidak terlalu realistis, mata besar, mulut kecil, dan ekspresi agak berlebihan.

Meski sudah mengalami perkembangan, ciri khas tersebut bisa lo lihat dari beberapa manga, Kawula Muda.

Waktu terbit manga pun biasanya dibagi ke dalam beberapa volume atau akan dibukukan.

Tidak hanya itu, hampir kebanyakan manga kerap diangkat menjadi anime, Kawula Muda!

Jika Kawula Muda familiar dengan anime populer, seperti Attack on Titan, Demon Slayer, Jujutsu Kaisen, dan lainnya, anime-anime tersebut rupanya diangkat dari manga.

Tidak terkecuali anime One Piece yang diangkat dari manga yang masih ditulis oleh mangaka Eiichiro Oda hingga saat ini.

2. Manhwa

Ilustrasi manhwa atau komik Korea (WEBTOON)

Manhwa adalah istilah komik yang berasal dari Korea, sedangkan orang yang membuatnya disebut manhwaga. Sejarah kemunculan manhwa sendiri berawal dari masa kependudukan Jepang yang membawa berbagai budaya, salah satunya manga.

Setelah itu, popularitas manhwa semakin naik daun hingga munculnya platform komik digital, seperti Webtoon.

Tidak hanya itu, saat ini banyak manhwa yang diangkat menjadi drama Korea atau anime, loh! Sebut saja manhwa populer True Beauty.

Saat ini, yang paling membedakan manhwa dengan manga dan manhua adalah tampilan berwarna yang memanjakan mata. Manhwa juga memiliki karakter gambar yang lebih realistis dari penampilan manusia sungguhan, berbeda dengan manga yang karakternya masih tampak seperti kartun.

Selain itu, manhwa juga dibaca dengan cara kiri ke kanan, mirip dengan komik Amerika dan Eropa.

Waktu terbit manhwa sendiri bisa satu atau dua minggu sekali untuk setiap episode.

Adapun, genre manhwa sendiri kerap diangkat dari hal-hal sekitar, seperti drama, romantis, aksi, slice of life, komedi, horor, kerajaan, dan masih banyak lagi.

3. Manhua

Ilustrasi manhua atau komik China (THE HUSKY AND WHITECAT)

Ternyata, istilah kata komik di Asia berasal dari kata ‘manhua’ dari bahasa China loh, Kawula Muda! Meski berbeda pengucapan, kata ‘mahwa’ dan ‘manga’ sendiri berasal dari China yang secara harfiah berarti ‘sketsa dadakan’.

Manhua sendiri adalah bahasa sebutan untuk komik yang berasal dari China. Kreatornya sendiri disebut manhuajia.

Cara membaca manhua pun sama seperti manga, yakni dari kiri ke kanan. Selain itu, versi digital manhua pun diterbitkan secara berwarna, Kawula Muda!

Sebelumnya, manhua memiliki genre seputar peras dan pendudukan suatu kekuasaan. Namun saat ini, genre manhua menjadi lebih beragam, yakni Wuxia yang bercerita tentang bela diri, Xianxia yang bercerita mengenai sihir dan fantasi, serta Xuanhuan yang merupakan genre fantasi petualangan dan sihir dengan sejumlah pengaruh Barat.

Gambar manhua pun hampir sama seperti manhwa, yakni realistis. Meski terkadang terlihat seperti manusia yang sangat sempurna, gambar manhua juga dibuat semirip mungkin dengan manusia, Kawula Muda.

Manhua sendiri punya adaptasi live-action dan animasi, loh!

Waktu terbit manhua sendiri hampir sama seperti mahwa.

Kawula Muda, ternyata istilah manga, manhwa, dan manhua berasal dari China, ya! Meski awalnya ketiga penyebutan tersebut digunakan di masing-masing negara untuk menyebut komik, dari mana pun asal komik tersebut.

Namun saat ini, pembaca internasional menggunakan ketiga istilah di atas untuk menyebut komik dari negara tertentu.

Berita Lainnya